Pada 20 Oktober, US Food and Drug Adminsitration (FDA) memberikan lampu hijau untuk vaksin shingles (atau herpes zoster), Shingrix, dan menjadi vaksin shingles kedua yang berhasil disetujui oleh FDA – yang pertama adalah Zostavax dari Merck. Meskipun belum mendapat izin penjualan di Amerika, namun Shingrix sudah mendapat izin penjualan di Kanada. Petugas pendaftaran obat sekarang juga sedang mencari cara untuk mendapat persetujuan penjualan di Eropa, Australia, dan Jepang.

Apa itu Shingrix?

Dikembangkan oleh industri farmasi besar di dunia, GSK, Shingrix merupakan salah satu kompetitor dari vaksin shingles lain yang sudah terlebih dahulu masuk ke pasar, Zostavax dari Merck. Bukan hanya masuk ke dalam kompetisi, tetapi Shingrix menjanjikan perlindungan lebih baik melawan shingles dengan 98% perlindungan di tahun pertama dan kemudian memberikan perlindungan 85% atau lebih dalam tiga tahun setelah vaksinasi. Sebaliknya, Zostavax hanya menawarkan 51% perlindungan di tahun pertama dengan perlindungan yang relatif cepat hilang dalam waktu tujuh hingga sembilan tahun setelah vaksinasi.

"Kami sangat bangga mendapatkan keberhasilan ini karena ilmu pengetahuan di balik vaksin ini memberikan potensi besar untuk membantu pasien, melindungi mereka melawan shingles dan komplikasinya," ungkap Dr Leonard Friedland, seorang wakil presiden penelitian saintifik dan kesehatan publik untuk unit vaksin Amerika Utara GSK.

Shingrix kemungkinan akan masuk ke dalam pasar konsumen sebelum akhir tahun. Target kelompok pasiennya adalah meliputi individu di atas usia 50 tahun atau mereka yang memiliki gangguan sistem imun. Shingrix akan diberikan dalam dua kali injeksi untuk dewasa.

Menyembuhkan shingles

Shingles merupakan komplikasi tertunda dari cacar air yang berasal dari virus varicella zoster, yang tetap dorman dalam tubuh setelah infeksi utama. Pada hampir semua individu sehat, virus dorman tidak memicu sistem imun. Pada orang lanjut usia (lansia) atau pasien dengan penurunan sistem imun, shingles mungkin akan menjadi ruam yang menyakitkan dan gatal di satu sisi bagian tubuh dan wajah.

Shingles manifests as an extremely painful rash on one side of the torso or face.
Shingles manifests as an extremely painful rash on one side of the torso or face.

Kasus shingles yang lebih serius bisa memunculkan komplikasi seperti stroke, kehilangan penglihatan dan pendengaran, dan neuralgia paska-herpes. Neuralgia paska-herpes merupakan komplikasi predominan paling dominan dari shingles karena bisa menyebabkan rasa nyeri seumur hidup dan akhirnya menurunkan kualitas hidup penderitanya. Diestimasikan bahwa, satu dari lima pasien shingles akan mengembangkan neuralgia paska-herpetik.

Dengan demikian, kebutuhan akan vaksin shingles yang efektif pun muncul, terutama dalam populasi lansia.

Analisis pasar

Diestimasikan mereka akan mendapatkan satu miliar dollar di tahun 2022, sehingga tidak mengejutkan lagi mengapa GSK sangat bersemangat membawa vaksin baru ini ke pasar. Meskipun dijual dengan harga lebih tinggi, namun Shingrix masih dianggap bisa mengalahkan monopoli Merck di pasar. Jika dilakukan dengan benar, Shingrix kemungkinan bisa menyebabkan penjualan domestik Zostavax turun menjadi hampir 31% di lima tahun ke depan.

Meskipun sudah disetujui oleh FDA, namun keberhasilan vaksin berada pada pertemuan mendatang dengan Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP). ACIP – badan ahli yang memberikan saran kepada Centres for Disease Control and Prevention (CDC) mengenai masalah vaksin – dan dianggap akan memberikan dukungan pada rekomendasi penggunaan Shingrix pada orang dewasa. Dukungan in kemungkinan akan diputuskan hari Rabu dan akan memberitahukan rekomenfasi usia vaksinasi rutin.

Vaksin shingles terbaru dari GSK, Shingrix, menerima persetujuan FDA minggu lalu – dan menjadi vaksin shingles kedua yang berhasil disetujui untuk penjualan pasar. Selain karena kompetisinya yang rendah, Shingrix juga memberikan perlindungan lebih baik dengan harga lebih tinggi. Persetujuan internasional masih sedang diusahakan tetapi, GSK masih memiliki rencana untuk menyediakan vaksin mereka ke pasar sebelum akhir tahun. MIMS

Bacaan lain:

Sumber vaksin cacar yang membingungkan
Peran apoteker dalam mempromosikan program imunisasi
Minggu Imunisasi Dunia 2017: "Kerja Vaksin"

Sumber:
https://www.statnews.com/2017/10/20/shingles-vaccine-approval/
https://www.statnews.com/2017/06/22/shingles-vaccine-preferred/
https://www.gsk.com/en-gb/media/press-releases/gsk-announces-first-approval-of-shingrix-in-canada/
https://www.reuters.com/article/us-usa-fda-gsk/gsk-wins-u-s-shingles-vaccine-approval-uk-nod-for-gene-therapy-idUSKBN1CS0TU