Semua pasien penderita gagal ginjal kronis (GGK) harus diberikan statin untuk menurunkan risiko gangguan kardiovaskular, kata  National Institute of Health and Care Excellence (NICE).

Statin sudah banyak diresepkan sebagai terapi pencegahan setelah terjadinya gangguan seperti infark miokard, disebabkan kemampuannya yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Menyarankan penggunaan statin untuk semua pasien jangka panjang

Penurunan kecepatan filtrasi glomerulus disebabkan terganggunya fungsi ginjal dan meningkatnya ekstresi protein di urin terbukti bisa meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular.

"Kami memahami bahwa sejumlah besar orang dengan masalah ginjal jangka panjang akan mengalami penyakit kardiovaskular. Ini berarti mereka memiliki peningkatan risiko menderita serangan jantung fatal atau stroke," komentar Professar Gillian Leng, deputi pimpinan eksekutif NICE.

Untuk menghindari kemungkinan kejadian yang mengancam jiwa ini dan dengan demikian juga menurunkan angka mortalitas disebabkan gangguan kardiovaskular pada pasien GGK, tindakan pencegahan harus diimplementasikan.

Sesuai dengan standar kualitas baru yang dipublikasikan oleh NICE, semua pasien GGK harus diberikan statin, dan biasanya, Atorvastatin. Atorvastatin bukan satu-satunya statin dengan efikasi paling baik – tetapi juga dijual dengan harga terjangkau, yang merupakan hal penting dalam sistem dimana sumber tenaga kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Statin: Melawan mortalitas kardiovaskular pada pasien GGK

Panduan terbaru terus memperingatkan bahwa dokter harus memastikan bahwa pasien GGK harus dimonitor tekanan darahnya dan dijaga dalam rentang yang cukup. Hal ini bisa jadi berguna karena hupertensi kronis merupakan faktor risiko penting untuk GGK.

Menurut standar kualitas NICE, statin bisa ditawarkan ke semua pasien yang berusia 18 tahun atau lebih. Sekitar 2,6 juta orang dewasa di Inggris menderita gagal ginjal kronis – dengan sekitar 60.000 kematian prematur setiap tahun, karena penyakit ini.

Standar kualitas juga memiliki syarat tambahan yang meliputi monitoring teratur eGFRkreatinin dan rasio albumin/kreatinin (ACR) – yang keduanya dianggap sebagai penanda berarti fungsi ginjal. Memonitor dua hal ini pada waktu yang tepat bukan hany memastikan diagnosis tidak terlewati – tetapi, juga berarti terapi bisa diberikan lebih awal; dengan demikian, menurunkan kemungkinan perkembangan penyakit.

Sekarang ini, regimen terapi yang ada untuk pasien GGK berisi perubahan gaya hidup penting seperti penurunan konsumsi garam dan regulasi asupan air dan terapi penurun tekanan darah. Dalam kasus yang lebih parah, transplantasi organ atau hemodialisis mungkin diperlukan untuk menggantikan fungsi ginjal. Dosis statin yang direkomendasikan adalah dalam bentuk 20 mg tablet, dan bisa ditingkatkan sesuai dengan kondisi pasien.

Efektivitas statin dalam menurunkan kekambuhan infark miokardial atau stroke sudah banyak dicatat selama bertahun-tahun. Jika resep statin bisa diberikan untuk menurunkan kekambuhan kejadian gangguan kardiovaskular pada pasien GGK, hal ini bisa membantu menurunkan angka mortalitas pada pasien ini dari akibat yang berhubungan dengan penyebab kardiovaskular. MIMS

Bacaan lain:
IMT tinggi berhubungan dengan masalah kardiovaskular – termasuk pada remaja!
Gangguan jantung merupakan penyebab satu per tiga kematian di dunia
Operasi robot pertama untuk membuang penyebaran kanker ginjal di jantung

Sumber:
https://www.uptodate.com/contents/chronic-kidney-disease-and-coronary-heart-disease 
https://www.nice.org.uk/news/article/statins-should-be-offered-to-everyone-who-has-chronic-kidney-disease-says-nice
https://www.nursingtimes.net/news/policies-and-guidance/offer-statins-to-chronic-kidney-disease-patients-says-nice/7020627.article 
https://www.thepharmaletter.com/article/people-with-chronic-kidney-disease-should-be-offered-statins-says-nice 
http://www.pulsetoday.co.uk/clinical/more-clinical-areas/renal-medicine/offer-statins-to-patients-with-ckd-nice-advises/20034905.article 
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/07/26/millions-patients-should-given-statins-orders-nice/