Tahun lalu, pola makan sehat merupakan tren utama di dunia. Makan sudah tidak lagi berfokus pada isi masakan, tetapi dianggap sebagai bentuk ekspresi manusia dalam menunjukkan jati dirinya.

Konsumen, khususnya kaum millenial, sangat peduli pada kesehatan dan hidup praktis – menciptakan tren resep tradisional. Pola makan sehat, secara tidak diduga, berhasil menghapuskan garis pembatas antara seni dan ilmu pengetahuan, dan menciptakan kombinasi indah antara waktu dan alam.

Dalam paragraf berikut, MIMS akan menunjukkan tren makanan sehat tahun 2017 yang sebelumnya sudah terlupakan, namun berhasil muncul kembali dalam kehidupan modern.

1. Rumput laut – makanan sehat pembangkit tenaga

Seaweed that was only previously known to play a part in sushi rolls, has gained tremendous popularity on the health scale.
Seaweed that was only previously known to play a part in sushi rolls, has gained tremendous popularity on the health scale.

Dengan tren yang mengarah pada pola makan berkelanjutan, alami dan fleksibel, konsumen didorong untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berbahan dasar tumbuhan. Sepanjang tahun, supermarket dipenuhi dengan berbagai produk rumput laut, yang diklaim sebagai makanan ringan sehat. Bahkan bumbu rumput laut – disebut memiliki kandungan natrium lebih sedikit daripada garam – menjadi populer di berbagai toko kesehatan.

Media dan selebriti menjadi sebab populernya tanaman laut ini, yang telah dimakan sejak zaman kuno dan digunakan sebagai bumbu atau bahan pengental. Keunggulan nutrisi yang dimiliki – antioksidan, kalsium dan vitamin – menyebabkan banyak produk dan resep yang memanfaatkan tanaman ini. Dari salad gurih yang menggiurkan hingga pasta dan makanan pencuci mulut, rumput laut sangat cocok dengan gaya hidup sehat konsumen.

Baum + Whiteman, konsultan restoran dan hotel internasional terkemuka, berpendapat bahwa rumput laut berhasil masuk dalam laporan tren tahunan makanan baru-baru ini. Laporan tersebut menyatakan, "Salah satu alasan munculnya berbagai produk rumput laut adalah meledaknya popularitas ramen di seluruh negeri, di mana rumput laut banyak digunakan sebagai bahan dasar kaldu. Alasan lain adalah rumput laut memiliki cita rasa umami sehingga koki menambahkannya sebagai sentuhan akhir ke dalam garam dan minyak, saus ikan, serta pasta."

2. Matcha si bubuk super

Matcha is also known for its weight-reducing and anti-cancer properties.
Matcha is also known for its weight-reducing and anti-cancer properties.

Tuntutan hidup modern membuat banyak orang sekarang menyukai minuman fungsional. Akhir-akhir ini, sulit tidur merupakan masalah bagi sebagian orang – sehingga mereka menginginkan ramuan mujarab untuk mengatasinya. Selama bertahun-tahun, produk seperti chamomile, lavender dan tanaman herbal lain sudah banyak digunakan untuk membuat seseorang tertidur pulas. Meskipun demikian, tampaknya efek produk tersebut tidak cukup kuat.

Seiring dengan semakin meningkatnya tren produk alami, banyak orang mulai mencari metode pengobatan ke daerah Timur, dan begitulah matcha, serbuk teh hijau, mulai menjamuri pasar online, karena efeknya yang menenangkan. Sebelumnya, matcha banyak digunakan oleh para biksu Buddha agar tetap tenang dan sadar selama meditasi. Selain itu, teh dari matcha juga diketahui memiliki 10 kali kandungan antioksidan teh hijau biasa.

Selain menenangkan, matcha juga dapat mengadakan detoksifikasi secara lebih efektif dan alami, memperbaiki suasana hati dan membantu seseorang berkonsentrasi, serta mengandung vitamin dan mineral esensial – seperti vitamin C, selenium, chromium, zinc dan magnesium.

Di tahun 2017, matcha dianggap sebagai superfood. Brownies dan patisserie matcha, serta roti panggang Perancis yang diberi es krim matcha di atasnya merupakan pilihan favorit.

3. Makan seimbang dengan "mangkuk Buddha"

Most buddha bowls are vegetarian, maybe even vegan, but meat is also allowed.
Most buddha bowls are vegetarian, maybe even vegan, but meat is also allowed.

Mangkuk Buddha sebagai pengganti piring keramik merupakan tren unik yang banyak ditampilkan di media sosial. Dikenal juga sebagai mangkuk besar, variasi sayur mentah atau dipanggang – di atas buncis atau beras coklat dengan hiasan saus, diikuti dengan potongan sayur, kacang dan biji – banyak menghiasi layar media sosial di tahun 2017.

Dikatakan kaya akan protein, serat, vitamin, dan antioksidan, setiap mangkuk Buddha bisa disesuaikan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu menyeimbangkan berbagai jenis makanan berbeda, dan tidak melebihkan hanya satu jenis. Keseimbangan merupakan hal penting dalam kepercayaan Buddha.

"Setiap gigitan sangat tinggi nutrisi" ungkap Lein, seorang vegan selama dua tahun, “Semakin beragam warna makanan, semakin banyak nutrisi yang Anda dapatkan."

4. Makanan berwarna ungu

Anthocyanins are found in high concentrations in many purple-coloured foods including aubergine (in the skin) and red cabbage.
Anthocyanins are found in high concentrations in many purple-coloured foods including aubergine (in the skin) and red cabbage.

Hijau bukan satu-satunya warna yang mengindikasikan gaya hidup sehat. Makanan berwarna ungu mempunyai daya tarik tersendiri dan bisa ditemukan pada kembang kol, kentang, jagung, asparagus dan sayuran lain di supermarket.

Di akhir tahun, sayuran berwarna ungu tampak menghiasi segara penjuru pasar. Tampaknya, dengan tingginya kandungan nutrisi sayuran ungu, bisa menciptakan tren sayur pelangi di sepanjang tahun.

Warna buah dan sayuran bisa digunakan sebagai indikator nutrisi yang terkandung di dalamnya. Makanan berwarna ungu biasanya mengandung antioksidan tertentu seperti anthocyanin – dan penelitian menunjukkan bahwa anthocyanin baik untuk umur panjang, kesehatan jantung, pencegahan kanker dan demensia.

Menurut ahli makanan, kale ungu, wortel ungu, kol ungu, brokoli ungu dan kentang ungu juga memiliki kandungan luar biasa untuk melawan berbagai jenis penyakit dan meredakan inflamasi.

5. Minyak kelapa – cairan ajaib 

Coconut oil is deemed as a superfood with a powerhouse of uses.
Coconut oil is deemed as a superfood with a powerhouse of uses.

Survei yang dilakukan oleh supermarket bulan lalu menunjukkan bahwa popularitas kelapa berhasil meningkat di tahun 2017. Peminatnya kebanyakan berasal dari kalangan milenial yang cepat meniru gaya hidup orang kaya dan terkenal.

Selebriti seperti Angelina Jolie dan Jennifer Aniston berpendapat bahwa produk dari kelapa bisa menjadi suatu bahan untuk terapi. Banyak pecinta makanan juga memuji khasiat air kelapa dan minyak kelapa untuk penyembuhan – meskipun efeknya masih diragukan badan kesehatan masyarakat.

Kelapa dinobatkan sebagai makanan super yang bisa digunakan saat memasak, dalam produk kecantikan, obat alami dan mudah ditemukan di sekitar rumah. Selain itu, minyak kelapa baik untuk mental, hormon dan kekebalan tubuh, serta sebagai sumber lemak sehat.

Moises Mehl, koki makanan mentah dari Nood food, mengatakan, "Manfaat besar air kelapa sekarang hampir menjadi pengetahuan umum. Baik untuk hidrasi tubuh, bersifat alami dan sangat lezat. Namun, hampir tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat produk sampingan kelapa."

Sekarang, berkat es krim kelapa, smoothies, gula dan tepung, makanan super ini pun menjadi primadona superfood di tahun 2017.Variasi warna makanan merupakan tren makanan sehat di sepanjang tahun 2017. Akankah makanan tersebut bertahan di masa depan, atau kita akan meninggalkan air kelapa dan matcha untuk bunga, jamur, bubuk dan bubbles? MIMS

Bacaan lain:
8 tips menyelipkan sayur-sayuran ke makanan Anda
7 makanan probiotik untuk usus sehat
Limbah makanan: Efeknya terhadap kehidupan di dunia

Sumber:
https://www.bbcgoodfood.com/article/behind-trend-seaweed
https://www.bbcgoodfood.com/article/behind-trends-matcha
http://www.scmp.com/lifestyle/health-beauty/article/2058158/eight-hottest-health-foods-trends-2017-seaweed-pasta-and
https://www.superfoodly.com/top-10-superfoods-raw-and-vegan/
https://www.forbes.com/sites/payout/2017/09/29/five-food-trends-that-are-actually-good-for-you/#4e536c666b57
https://www.bonappetit.com/story/what-is-buddha-bowl
http://matchasource.com/health-benefits-of-matcha-tea/
https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/what-are-anthocyanins-and-why-are-purple-foods-so-healthy
https://wellnessmama.com/5734/coconut-oil/