Mencegah degenerasi otak dan penurunan kapasitas kognisi selalu menjadi prioritas kesehatan utama. Selain itu, gray matter dalam kontrol kepala setiap fungsi vital dalam keseluruhan tubuh Anda.

Maka berikut beberapa panduan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Alzheimer dalam laporan Star 2 untuk membantu kapasitas mental Anda dan menjaga kesehatan otak.

Olahraga

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara olahraga dan penurunan risiko menderita penyakit Alzheimer. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dipilih, misalnya yoga, menari, berkebun, mengangkat beban dan berlari untuk terus bergerak.

Jangan berhenti belajar

Tidak masalah berapa pun usia Anda. Edukasi dan pembelajaran, yang berpotensi menurunkan risiko penurunan kognisi dan demensia, bisa dilakukan di segala usia. Faktanya, satu penelitian di Australia menunjukkan bahwa pembelajaran kuliah pada orang lanjut usia bisa meningkatkan kemampuan kognisi dan menurunkan risiko menderita Alzheimer.

Tidak merokok

Penelitian menunjukkan bahwa merokok sangat berhubungan dengan demensia penurunan kemampuan kognitif. Satu penelitian di Welsh pada tahun 2013 menemukan bahwa salah satu faktor utama yang menyebabkan degenerasi mental adalah merokok, sehingga akan penting untuk menghindari kebiasaan buruk ini.

Pelindung kepala

Cedera ke kepala (atau, lebih buruknya lagi, otak) bisa secara signifikan meningkatkan risiko penurunan kognisi dan demensia. Dengan demikian, penting untuk melindungi diri Anda sendiri dengan mengenakan sabuk pengaman, berhati-hati agar tidak jatuh dan menggunakan pelindung kepala atau helm saat berolahraga atau mengendarai sepeda.

Pola makan sehat

Pola makan kaya buah dan sayur bisa membantu menurunkan risiko kemampuan kognitif, menurut penelitian. Selain itu, diet Mediterania kaya lemak baik juga bisa ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan, dan juga makanan kaya omega-3, bisa membantu menjaga kesehatan otak.

Cukup tidur

Tidak cukupnya waktu tidur serta kualitas tidur yang buruk bisa menimbulkan masalah ingatan dan pola pikir, yang menjadi alasan mengapa beberapa penderita insomnia atau apnoea tidur perlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk membantu mereka menutup mata dan mencegah penurunan kemampuan kognitif.

Menjaga pertemanan

Analisis meta tahun 2014 oleh peneliti di Universitas Chicago menemukan bahwa tetap aktif bisa memperpanjang kehidupan. Mencoba hobi baru dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga bukan hanya membuat Anda lebih bahagia tetapi juga lebih sehat secara mental. MIMS

Bacaan lain:
Aktivitas otak – Bagaimana otak bekerja
Ternyata otak masih bekerja meskipun tubuh sudah tak bernyawa
Orang overweight memiliki otak "10 tahun lebih tua" daripada orang normal

Sumber:
http://www.star2.com/health/mind/2016/07/01/9-ways-to-improve-your-brain-health-and-one-thatll-make-you-really-happy/