Jaga malam sering kali membuat perawat mengalami rasa kantuk dan ini merupakan mekanisme biologis normal dalam ritme sirkadia (Jam 2 hingga 6 pagi). Faktor lain, seperti gangguan tidur atau kurang tidur akibat bekerja 12 jam atau terlalu sering bekerja lembur, juga bisa menciptakan rasa kantuk ini.

Perawat dipaksa untuk tetap siap siaga, meskipun tubuh diprogram untuk tidur. Banyak penelitian mengenai efisiensi manusia dan ketangkasan mental menunjukkan ada perbedaan signifikan antara bekerja mulai dari jam 10 malam dan jam 6 pagi, dan risiko cedera ditemukan 30% lebih tinggi saat jaga malam dibandingkan jaga pagi.

Di sisi lain, jaga malam merupakan kesempatan penting bagi tenaga kesehatan untuk belajar keahlian baru, meningkatkan rasa tanggung jawab klinis dan belajar cara menghadapi pasien akut untuk pertama kalinya. Namun, jaga malam juga bisa menyebabkan terganggunya pola tidur, insomnia, disorientasi, iritabilitas, masalah pencernaan, dan penurunan ketangkasan mental.

Tubuh manusia tidak bisa langsung beradaptasi antara kerja di pagi hari dan malam hari, jadi jangan terburu-buru. Seiring berjalannya waktu Anda pasti bisa beradaptasi.

Sebelum jaga malam

Hidup teratur dan sehat merupakan kunci utama. Health and Safety Executive (HSE) menemukan bahwa pekerja yang bekerja dalam sistem shift – tujuh hari bekerja malam, kemudian tujuh hari bekerja pagi – memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, dibandingkan pekerja yang bekerja 12 hari di malam hari atau di siang hari. Maka dari itu, secara umum, gaya hidup sehat dan aktif bisa menurunkan risiko efek samping bekerja malam.

Gunakan waktu tidur sebanyak-banyaknya. Perawat yang tidak tidur di siang hari harus tetap terjaga selama 20-25 jam. Kondisi ini bisa menurunkan performa psikomotorik menjadi sama dengan performa seseorang yang memiliki konsentrasi alkohol 0,10% dalam tubuhnya.

Buatlah lingkungan tempat tidur Anda nyaman sehingga Anda bisa tidur lebih lama dan lebih nyenyak. Anda bisa mencegah paparan matahari dengan gorden berwarna gelap atau menggunakan masker penutup mata. Tutuplah rapat pintu kamar Anda atau mengenakan penutup telinga untuk menghambat gangguan suara.

Simpanlah tenaga Anda untuk menghadapi segala masalah klinis yang bisa muncul selama jaga malam, misalnya saja sesak napas, nyeri dada, hipertensi dan hipotensi, kegelisahan, demam, hiperglikemia dan hipoglikemia, nyeri dan kondisi lainnya.

Selama jaga malam

Makan dan minum dengan teratur. Ikuti pola makan serupa dengan yang Anda lakukan di siang hari. Usahakan untuk makan terlebih dahulu sebelum waktu jaga malam, makan “siang” di tengah waktu jaga malam dan makan makanan yang mudah dicerna saat Anda pulang.

Meminta bantuan staff lain. Lakukan pemeriksaan kembali akan obat atau intervensi yang akan Anda berikan ke pasien tertentu. Ingatlah respon otak Anda berbeda dibandingkan di siang hari. Lebih baik untuk memastikan terlebih dahulu sebelum memberikan intervensi yang salah, bukan?

Maksimalkan paparan lampu. Paparan lampu bisa menciptakan efek sadar ke otak dan bisa dimanfaatkan sebagai peningkat performa.

Tidur “siang”. Sejak tahun 1970an, sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat tidur siang selama jaga malam untuk menurunkan sedikit rasa kantuk.

Tidur siang telah terbukti memberi efek positif ke pekerja shift, tetapi pastikan jangan sampai lebih dari 45 menit. Siapkan alarm untuk mencegah Anda terlalu lama tidur.

Peneliti merekomendasikan agar perawat menghindari strategi “tidak tidur”.

Kopi. Sulit memang menghindari godaan asupan kafein. Namun ingatlah agar tidak meminum kopi saat mendekati jam pulang, karena waktu paruh kopi dalam tubuh manusia ada di angka 4 hingga 6 jam. Dengan demikian, jangan sampai kopi yang Anda minum selama jaga membuat Anda tidak bisa beristirahat setelahnya. MIMS

Bacaan lain:

Perawat merupakan salah satu profesi paling terpercaya di dunia
Perawat: Apakah karir Anda sedang tersendat?
Seorang perawat meninggalkan pasien demensia di tempat penyimpanan rumah sakit sepanjang malam
Perawat yang menemani lansia berwisata

Sumber:
http://www.dailydosemd.com/night-shift-at-the-hospital/
https://www.medicalprotection.org/uk/casebook-and-resources/new-doctor/vol-7-no-1-2014/surviving-a-night-shift
https://news.vanderbilt.edu/2011/04/14/nurse-sleep-circadian-clocks/http://www.caffeineinformer.com/caffeine-metabolism
http://journals.lww.com/ajnonline/Citation/2016/05000/CE___Original_Research___Napping_on_the_Night.27.aspx