Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis paling banyak diderita di dunia. Meskipun demikian lain halnya dengan maturity-onset diabetes of the young (MODY) – jenis diabetes yang sering disalah artikan – yang masih sangat langka.

MODY: Bentuk monogenik diabetes yang menyerang anak remaja dan dewasa muda

MODY merupakan salah satu jenis diabetes yang seringkali didiagnosis pada anak-anak berusia kurang dari 25 tahun. Ini merupakan penyakit monogenik autosom dominan yang muncul akibat mutasi genetik spesifik. Mutasi ini menyebabkan peningkatan resistensi insulin atau gangguan pada produksi insulin dengan memengaruhi fungsi sel beta pankreas.

Lebih dari 20 gen ditemukan merupakan penyebab MODY – meliputi HNF1A, glukokinase, HNF1B, HNF4A, IPF1 dan NEUROD1 yang ditemukan memengaruhi 87% dari semua kasus MODY di Inggris. Penemuan mutasi gen RFX6 menambah daftar panjang gen penyebab MODY. Menariknya, peneliti mencatat adanya penurunan sekresi polipeptida penghambat lambung (gastric inhibitory polypeptide/GIP), hormon yang terlibat dalam regulasi insulin.

Maturity onset diabetes of the young has strong genetic associations. Photo credit: KTPH
Maturity onset diabetes of the young has strong genetic associations. Photo credit: KTPH


Penemuan ini menggaris bawahi kompleksitas MODY dan pentingnya dilakukan penelitian lebih lanjut. Meskipun demikian, MODY merupakan kondisi yang sangat langka. Penelitian mengestimasikan hanya ada 2% kasus MODY di antara semua jenis diabetes. Mengingat kelangkaannya, tidak mengejutkan lagi bahwa hampir semua pasien MODY mendapat kesalahan diagnosis menjadi diabetes tipe 1 atau 2. Selain itu, MODY hanya bisa diidentifikasi dengan tes genetik khusus yang mahal dan tidak banyak tersedia.

Tentu saja, dengan membedakan MODY dari bentuk diabetes lain merupakan suatu kemenangan. Pasien dengan jenis MODY berbeda ditemukan cukup responsif terhadap jenis spesifik terapi anti-diabetes. Misalnya, tidak semua pasien membutuhkan insulin – sebagaimana yang dicatat dalam laporan kasus pada seorang wanita berusia 50 tahun yang juga menderita MODY di Singapura dan mendapat salah diagnosis menjadi diabetes tipe 1. Meskipun sudah menggunakan insulin selama lebih dari 20 tahun, namun ia berhasil berhenti dari penggunaan insulin setelah diagnosisnya disesuaikan.

Sebuah penelitian di Inggris melaporkan kesalahan diagnosis menjadi diabetes hingga akhirnya 12 tahun kemudian diketahui bahwa ia sebenarnya menderia MODY.

Model of a pancreatic beta cell and the proteins implicated in maturity onset diabetes of the young (MODY). Photo credit: Fajans SS, Bell GI, Polonsky KS/The University of Chicago Medicine
Model of a pancreatic beta cell and the proteins implicated in maturity onset diabetes of the young (MODY). Photo credit: Fajans SS, Bell GI, Polonsky KS/The University of Chicago Medicine


Registrasi MODY berharap bisa meningkatkan pemahaman dan kesadaran atas penyakit

Kesadaran akan MODY membuat manajemen optimal pada pasien serta pencegahan terapi yang tidak perlu bisa dilakukan. Untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyakit ini, dokter dan peneliti dari Khoo Teck Puat Hospital (KTPH) di Singapura menginisiasikan pengadaan registrasi MODY. Singapura memiliki sekitar 2.500-5.000 penderita MODY, dengan satu dari sembilan warganya hidup dengan diabetes.

Pertama kali diluncurkan pada April 2017, pelayanan ini sudah mendaftarkan 35 orang. Diharapkan kegiatan ini bisa membantu pasien mengoptimalkan manajemennya. Tes genetik dan konsultasi juga ditawarkan kepada anggota keluarga pasien.

"Kami memiliki sangat sedikit jumlah populasi yang membutuhkan perawatan khusus, membutuhkan terapi sangat spesifik, yang berarti pasien yang tepat mendapat terapi yang tepat di waktu yang tepat," ungkap Profesor Asosiasi Lim Su Chi, seorang konsultan senior di pusat diabetes KTPH.

Registrasi KTPH mendaftarkan skenario berikut yang menjadi kemungkinan MODY:
  • Diagnosis diabetes saat berusia di bawah 25 tahun
  • Diagnosis diabetes tipe 2 meskipun tidak ada tanda obesitas
  • Diabetes tipe 2 yang bisa dikontrol hanya dengan mengubah pola makan
  • Riwayat diabetes pada keluarga yang bisa ditemukan pada lebih dari 2 generasi
Singapore General Hospital (SGH) dan National University Hospital (NUH) di Singapura merupakan dua rumah sakit lain yang menguji MODY. Mereka sudah terlebih dahulu memiliki database MODY sendiri sejak tahun 2013, dengan sekitar 30 pasien masuk di dalamnya. Dengan harapan mengembangkan database ini ke seluruh dunia, SGH membuka kolaborasi masa depan dengan KTPH. MIMS

Bacaan lain:
Hidup dengan penyakit langka
5 peneliti Singapura mencari cara eradikasi penyakit di tingkat genetik
BPAN, gangguan genetik yang muncul pada 'satu dari satu juta' orang di dunia

Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2570381/
http://www.diabetesgenes.org/content/maturity-onset-diabetes-young
http://www.cardiovascularbusiness.com/topics/lipid-metabolic/scientists-discover-new-form-diabetes-caused-gene-mutation
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4696982/
https://www.omicsonline.org/open-access/cessation-of-multiple-daily-insulin-injections-in-a-person-with-twentynineyears-of-type-1-diabetes.php?aid=87143&view=mobile
http://www.straitstimes.com/singapore/health/patients-with-rare-diabetes-tracked-with-new-registry?login=true
https://www.ktph.com.sg/cru/section_page/516