Tingkat ekonomi seseorang – kaya atau miskin – ikut pengaruh efektivitas diet Mediterrania dalam pencegahan penyakit jantung, menurut penelitian terbaru.

Orang yang teredukasi dan kaya, atau memiliki pendapatan £35.000, bisa cenderung mampu membeli makanan yang terdaftar untuk mengikuti diet ini, dengan kualitas tinggi.

Kualitas tinggi, dalam hal ini, berarti makanan mengandung lebih banyak antioksidan dan polifenol serta penggunaan pestisida yang lebih rendah.

Penelitian mengklaim adanya efek serupa di kelompok sosioekonomi rendah dan tinggi yang patuh pada diet ini.

"Manfaat kardiovaskular dari diet Mediterania ini sudah banyak diketahui orang, namun untuk pertama kalinya penelitian kami berhasil membuktikan bahwa kondisi sosioekonomi bisa memodulasi manfaat kesehatan dari diet Mediterania," Dr Marialaura Bonaccio dari Departemen Epidemiologi dan Pencegahan, Institut Neurologi Mediterania.

Diet Mediterania meliputi buah dan sayur segar, hewan laut, kacang-kacang dan minyak zaitun, dan dikenal bisa melindungi dari penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes tipe 2, dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Peneliti mempelajari hampir sekitar 19.000 partisipan selama empat tahun, yang mereka monitor untuk risiko penyakit tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa mereka yang mengatur diet dengan pendapatan cukup bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 15%.

Tidak ada manfaat signifikan diet yang ditemukan pada orang-orang berpendapatan rendah, menyebabkan peneliti bisa mengklaim bahwa kualitas makanan mungkin juga berpengaruh pada efek manfaat diet.

"Perbedaan tambahan pada produk yang dikonsumsi dalam diet Mediterania ini membuat kita berpikir bahwa kualitas makanan mungkin sama pentingnya untuk kesehatan dengan kuantitas dan frekuensi asupan," kata Dr Bonaccio. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Epidemiology.

Dengan hasil ini, direktur institut, Dr Giovanni de Gaetano menyarankan agar diet Mediterrania harus diubah sehingga orang-orang bisa mendapatkan manfaat yang sama. MIMS

Bacaan lain:
Orthorexia nervosa: Apakah Anda terobsesi dengan makanan sehat?
5 alasan lain mengapa diet Anda tidak memberi efek sesuai dengan yang diharapkan
7 makanan probiotik untuk usus sehat

Sumber:
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/08/01/mediterranean-diet-works-earn-35000-year-can-afford-quality/
https://www.helpguide.org/articles/diets/the-mediterranean-diet.htm