Tiga kasus baru infeksi Zika baru saja dilaporkan di Singapura minggu lalu, menurut Agen Lingkungan Nasional (NEA) pada 20 April silam.

Dua kasus dilaporkan di daerah Glasgow Road, sedangkan satu kasus lain dilaporkan di Nouvelle Park di Poh Huat Road West, yang berada di dekat Poh Huat Terrace/Terrase Lane (Terrasse) dimana kasus Zika pertama dilaporkan pada 11 April.

Glasgow Road berada di seberang jalan Flower Road, dimana kasus Zika sebelumnya dilaporkan di awal bulan ini. Serangan Zika di dekat daerah tersebut, di Simon Place, sudah berhasil diatasi.

Program pengontrolan dan penjangkauan sudah diimplementasikan

Operasi kontrol vektor dan penjangkauan lingkungan sudah dilakukan di daerah serangan baru ini. NEA juga menyatakan bahwa mereka sudah melakukan inspeksi pencegahan di daerah tersebut.

Hanya ada dua kasus di Flower Road dan perumahan Hendry Close, menurut NEA.

Penduduk dan pemegang saham diminta untuk tetap waspada dan terus berusaha untuk mengeliminasi habitat perkembangbiakan nyamuk, karena masih ada kemungkinan ada kasus infeksi tanpa gejala atau infeksi ringan, yang tidak terdiagnosis yang kemudian bisa ikut menyebarkan virus," ungkap pembicara NEA.

Dokter harus memeriksa pasien Zika

Masyarakat juga diminta untuk memeriksakan diri jika mereka merasa tidak enak badan, khususnya jika mengalami gejala demam dan ruam. Dokter harus menanyakan pasien mengenai lokasi tempat tinggal dan tempat bekerja mereka sehingga dokter bisa memperkirakan kemungkinan terinfeksi Zika.

Hingga sekarang, ada sejumlah total 16 kasus Zika di tahun 2017. Kasus infeksi Zika pertama dilaporkan pada 27 Agustus 2016, dan sejumlah total 17 ibu hamil dikonfirmasi terinfeksi Zika pada 17 Desember 2016.

Masih belum ada terapi preventif untuk melawan Zika meskipun sudah ada banyak usaha yang dilakukan untuk mengembangkan vaksin Zika. MIMS

Bacaan lain:
Vaksin zika, untuk pertama kalinya berhasil memasuki penelitian klinis fase 2
438 anak-anak usia sekolah di Perak menunjukkan gejala penyakit yang menyerupai Influenza
3 mitos Zika yang masih sering terdengar
Zika ditetapkan sebagai Penyakit Menular Seksual


Sumber:
http://www.straitstimes.com/singapore/two-new-locally-transmitted-zika-cases-at-glasgow-road-nea?login=true
http://www.todayonline.com/singapore/3-new-zika-cases-reported-2-glasgow-road
http://www.nea.gov.sg/corporate-functions/newsroom/advisories/community-urged-to-take-immediate-action-as-zika-cluster-at-glasgow-road-is-reported