Ada yang bilang memasuki dunia kematian itu seperti masuk ke lorong bercahaya terang, yang kemudian membawa mereka mengulang kembali perjalanan hidupnya.

Menurut penelitian yang dipublikasi oleh Universitas Ontario Barat, otak manusia masih tetap bekerja hingga lebih dari 10 menit setelah seseorang dinyatakan mati klinis.

Aktivitas otak masih bekerja lebih dari 10 menit setelah kematian

Penelitian di Kanada menemukan bahwa aktivitas otak pasien unit perawatan intensif masih tetap bekerja meskipun mereka sudah dinyatakan mati secara klinis.

Dokter mendeklarasikan kematian pasien berdasarkan beberapa pemeriksaan normal, seperti tidak adanya denyut nadi dan reaksi pada pupil mata. Namun, penelitian menemukan bahwa otak pasien masih tetap bekerja - dengan gelombang otak yang sama dengan yang terjadi saat seseorang tidur lelap.

Dalam penelitian, dokter mencatat "ada rentetan gelombang delta tunggal setelah berhentinya ritme jantung dan tekanan darah arteri."

Satu dari empat orang yang diteliti menunjukkan aktivitas misterius otak yang berlangsung lama, sedangkan tiga pasien lain menunjukkan aktivitasnya sudah hampir berhenti sebelum detak jantung terakhir mereka. Meskipun demikian, peneliti mencatat bahwa semua otak mereka memiliki aktivitas yang sedikit berbeda dalam hitungan menit setelah kematian.

Dua penelitian yang dipublikasi sebelumnya di tahun 2016, ditemukan bahwa 1.000 gen masih berfungsi bahkan beberapa hari setelah dinyatakan sudah mati. Yang menariknya, aktivitas gen ini semakin cepat setelah meninggal, bukannya melambat.

Masih sadar hingga tiga menit setelah mati klinis

Pengalaman hampir-meninggal sudah banyak dipertanyakan di antara para peneliti. Sebuah penelitian yang diadakan di tahun 2008 yang meliputi lebih dari 2.000 pasien dari Austria, Amerika dan Inggris menemukan bahwa pasien masih sadar hingga tiga menit setelah dinyatakan mati klinis.

Di antara pasien yang selamat dari situasi henti jantung, sekitar 40% dari pasien ini menyatakan mereka masih sadar meskipun sudah dinyatakan mati klinis.

Seorang pria berusia 57 tahun bisa menceritakan dengan akurat apa yang terjadi setelah ia 'mati'. Di samping menghubungkannya dengan hal spiritual, dari sisi ilmu pengetahuan, setiap detail yang ia ceritakan membuktikan ada kesadaran penuh yang terjadi meskipun ia sudah dinyatakan mati klinis.

Pemimpin penelitian Dr Sam Parnia mengatakan, "Situasi ini sangat signifikan, karena banyak yang mengasumsikan bahwa pengalaman menuju ke kematian merupakan suatu halusinasi atau ilusi belaka yang muncul saat jantung mulai berhenti berdetak atau setelah kerja jantung berhasil dikembalikan, tetapi tidak berhubungan dengan kejadian 'sesungguhnya' ketika jantung tidak berdetak."

"Dalam kasus ini, kesadaran tampaknya masih ada selama periode tiga menit ketika tidak ada detak jantung."

Ia menambahkan, "Berlawanan dengan persepsi yang ada, kematian bukan merupakan momen spesifik tetapi berpotensi menjadi proses yang bisa dikembalikan yang muncul setelah penyakit parah tertentu atau kejadian yang menyebabkan jantung, paru-paru, dan otak berhenti berfungsi.

"Jika ada usaha untuk membalikkan proses ini, kondisi ini disebut sebagai 'henti jantung'; namun, jika usahanya tidak berhasil, kondisi ini disebut sebagai 'mati'."

Hasil penelitian secara perlahan menunjukkan bahwa nadi mungkin bukan satu-satunya sinyal yang menandakan hilangnya kehidupan, yang menimbulkan masalah baru dalam hal pengambilan organ dari donor yang sudah dinyatakan mati. Penulit penelitian di Kanada menggarisbawahi implikasi etik dalam hal waktu melakukan pengambilan organ, dan menyarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. MIMS

Bacaan lain:
Apa yang akan terjadi pada tubuh manusia setelah meninggal?
Legalisasi eutanasia: Perdebatan antara para dokter
Dokter: Menghadapi kematian pasien
Dokter: Bagaimana Anda dapat membicarakan mengenai kematian ke pasien


Sumber:
http://www.independent.co.uk/news/science/what-happens-die-brain-activity-life-heart-beating-death-after-eeg-study-research-a7620131.html
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/03/09/brain-activity-can-continue-10-minutes-death-new-study/
http://www.express.co.uk/news/science/670781/There-IS-life-after-DEATH-Scientists-reveal-shock-findings-from-groundbreaking-study
http://www.popsci.com/sam-barrett/article/2008-10/first-few-minutes-after-death
http://www.businessinsider.my/brain-activity-continues-after-death-2017-3/?r=UK&IR=T#VsPzROHVWtoRCx67.97