Tren kesehatan terbaru mungkin mengubah cara pandang Anda mengenai parasit. Hymenolepis diminuta, nama saintifik untuk jenis cacing pita, sekarang banyak dikonsumsi demi menjaga 'kesehatan'.

Biome Restoration perusahaan yang menjual vial cacing pita dalam fase larva, mengklaim sekitar 2.000 konsumennya tertarik untuk mencoba tren ini.

Banyaknya penyebaran informasi dan permintaan secara online untuk produk parasit hidup ini sangat membantu penjualan Biome Restoration. Produk mereka lebih murah dan lebih bisa dijangkau dibandingkan produsen lain dan tidak mempertanyakan konsumen mereka mengapa mereka mengonsumsi cacing, disebabkan oleh peraturan MHRA.

Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) Inggris sudah menyetujui penjualan produk untuk kondisi tertentu: Tidak ada klaim kesehatan spesifik. Perusahaan ini mulai menjual produknya sejak saat itu.

Judy Chinitz, penemu Biome Restoration, menjelaskan bagaimana produk ini harus dimakan, "Anda menelan kantung seperti telur ini dan empedu usus kecil memicu larva untuk keluar. Mereka memakan sedikit makanan berukuran mikroskopik, tetapi mati dalam 10 hari."

Tren yang sedang naik daun

Laporan mengklaim bahwa lebih dari 7.000 orang di dunia sudah mencoba terapi cacing ini – mengonsumsi cacing parasit untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Meliputi penyakit autoimun dan kondisi kesehatan mental, seperti penyakit inflamasi usus dan depresi.

Ilmu pengetahuan di balik ide ini adalah bahwa parasit merupakan penduduk asli dalam tubuh manusia, yang mensekresikan substansi untuk mematikan sistem imun, sehingga mereka bisa hidup dalam usus manusia.

Di Jerman, perusahaan Thailand Tanawisa, menjual cacing cambuk babi, dan sekarang sedang mencari izin untuk disetujui sebagai suatu makanan. Menurut peneliti, "cacing cambuk babi bisa bertahan di lambung, dengan larva yang ada di pertemuan usus kecil dan besar."

Jika disetujui, perusahaan ini akan menjadi produk cacing yang pertama kali disetujui di Eropa.

Tim Biome Restoration senang karena produk saingan mereka dianggap sebagai makanan dan berharap mereka mendapat persetujuan di Jerman.

"Ini berarti akhirnya pemerintah sudah mulai menyadari bahwa suplemen bioma dengan cacing jinak bisa dianggap sebagai jenis probiotik," kata Chinitz.

Jika Jerman menyetujui cacing cambuk babi, maka suplemen ini bisa dijual di toko-toko dan kemudian, bisa disetujui di negara Eropa lain.

Produsen mengatakan bahwa logika di balik mengonsumsi cacing bisa digunakan untuk membantu negara ini melawan masalah kesehatan tertentu, seperti masalah inflamasi usus, diabetes tipe 1, dan multiple sclerosis.

Tidak semua orang percaya dengan efikasi terapi

Sejauh ini, para ahli memiliki pendapatnya sendiri mengenai konsumsi parasit. Dalam sejumlah penelitian di Perancis, peneliti berhasil menyimpulkan bahwa cacing hidup jika dikonsumsi bisa membantu meringankan banyak gejala dari penyakit inflamasi.

Beberapa ahli lain tetap tidak percaya bahwa mengonsumsi cacing hidup merupakan hal yang higienis untuk tubuh seseorang atau bisa membantu mengatasi masalah kesehatan. Beberapa peneliti menolak tren ini dengan menyebutnya terapi pseudoscience cult.

Helena Helmby, dari Fakultas Higienitas dan Obat Tropis di London, mengatakan "Pengobatan diri dengan jenis cacing tertentu tidak direkomendasikan dan penting untuk mengingat bahwa cacing tidak mungkin sama sekali tidak berbahaya, dan bisa menyebabkan efek samping parah jika tidak dimonitor secara berhati-hati oleh dokter."

Aaron Blackwell dari Universitas California berpikir bahwa lebih banyak penelitian harus dilakukan dalam hal konsumsi cacing hidup dan efeknya. Di samping itu, ia masih berpikir apakah tidak ada efek sampingnya mengonsumsi cacing hidup menurutnya, "mengonsumsi telur ini mungkin tidak lebih buruk dibandingkan mengonsumsi suplemen lain yang banyak digunakan orang setiap hari." MIMS

Bacaan lain:
Apa manfaat bakteri baik?
Apakah bakteri usus memengaruhi kesehatan manusia?
Peneliti Rusia menginjeksi dirinya sendiri dengan bakteri berusia 3,5 juta tahun demi "hidup panjang"

Sumber:
https://tanawisa.com/
https://www.newscientist.com/article/2142925-i-tried-ingesting-rat-tapeworm-parasites-and-my-poo-turned-green/
https://www.newscientist.com/article/2142897-parasitic-worm-eggs-may-soon-be-legally-sold-as-food-in-germany/