Pelayanan laboratorium klinis merupakan bagian penting demi kualitas kesehatan yang lebih baik. Faktanya, hampir semua keputusan medis dibuat berdasarkan hasil tes laboratorium – dimulai dari tes yang sederhana, seperti tes urin dan darah, hingga tes analisis yang lebih kompleks seperti fluorescence in situ hybridisation (FISH) dan tes ekspresi molekular. 

Di dunia, pasar industri diestimasikan berada di angka USD186,1 miliar di tahun 2016, dan sebelumnya USD168,9 miliar di tahun 2015. Industri ini juga diperhitungkan akan terus tumbuh sebesar 7,3% per tahunnya selama tahun 2016 hingga 2024.

Di daerah Asia, meskipun adanya kekurangan laporan pasar, namun industri ini dianggap memiliki prospek besar dalam prevalensi penyakit non-infeksi dan populasi geriatrik, dibandingkan daerah lain.

Meskipun ada banyak pandangan positif pada pasar industri di dunia, namun dalam laboratorium klinis itu sendiri juga menghadapi banyak tantangan.

Semuanya berhubungan dengan uang: Pembiayaan

Industri ini harus memproses sekitar ratusan hingga ribuan sampel dalam satu waktu; dan harus memastikan setiap sampel dianalisis secara akurat. Proses ini dilakukan oleh anggota sangat profesional dan didukung oleh teknologi dan mesin terbaru. Konsekuensinya, membangun laboratorium klinis akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, laboratorium klinis harus mendapat izin tertentu, memenuhi semua standar keamanan dan mematuhi panduan bio-hazard dan tentu saja, mendapat akreditasi. Hal ini sangat penting karena bukan hanya memastikan akurasi dan reliabilitas hasil – tetapi juga memberikan kepercayaan diri kepada calon investor.

Biayanya bisa jadi berbeda-beda tergantung skala bisnis, karena organisasi yang lebih kompleks akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Misalnya, biaya total survey rumah sakit yang dilakukan oleh Joint Commission International (JCI) di tahun 2010 adalah USD 46.000.

Tentu saja, organisasi skala kecil seperti laboratorium klinis swasta mungkin tidak membutuhkan biaya sebesar itu. Namun, biayanya tetap berat bagi pebisnis baru. Ingatlah, proses seperti akreditasi bukan hal yang bisa dilakukan hanya dalam satu waktu untuk selamanya – namun, merupakan komitmen kontinyu tergantung pada waktu dan kondisi biaya.

Budaya dan kebutuhan

Budaya dan kebutuhan suatu negara juga harus menjadi suatu pertimbangan. Tingkat kesadaran publik mengenai teknologi baru akan memainkan pengaruh besar dalam industri. Misalnya, industri patologi di Malaysia berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar RM1 miliar, setiap tahunnya. Namun, Australia berhasil mengumpulkan RM12 miliar setiap tahunnya meskipun jumlah populasinya lebih kecil dibandingkan Malaysia.

Skenario ini benar-benar merefleksikan potensi pertumbuhan industri ini di Malaysia. Namun, rencana strategi, kombinasi yang benar mengenai jumlah dana masuk dan keluar juga akan memberikan pengaruh – demi membangun budaya dalam komunitas dan meningkatkan kesadaran publik.

Laboratorium di rumah sakit paling banyak mendominasi industri laboratorium klinis. Dengan demikian, laboratorium di klinik dan laboratorium yang berdiri sendiri harus menciptakan suatu strategi untuk menarik perhatian publik.

Pelayanan personal, selain pelayanan berkualitas tinggi dan hasil yang cepat bisa jadi merupakan salah satu faktor yang menarik perhatian publik. Selain itu, diikuti dengan teknologi atau prosedur modern, di atas standar bisa menjadi hal baru yang mendukung perkembangan kesehatan suatu negara.

Di Malaysia, sebuah perusahaan baru, Oncode Scientific Sdn Bhd menyediakan pengobatan presisi bagi pasien kanker, seperti profil genetik. Meskipun teorinya sudah lama ada, namun aplikasinya dalam sistem kesehatan masih cukup lambat.

Industri laboratorium klinis merupakan pasar yang cukup menjanjikan bagi banyak orang yang terus menerus khawatir akan kesehatannya. Meskipun demikian, pebisnis dan tenaga kesehatan yang ingin menginvestasikan uangnya atau ikut terlibat dalam pasar ini harus memiliki pandangan jelas mengenai industri ini. Bagaimana mereka memposisikan diri mereka dalam sistem kesehatan dan berapa banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat dari mereka akan menunjukkan gambaran naik-turunnya industri ini. MIMS

Bacaan lain:
FDA mengeluarkan standar medis untuk pengujian laboratorium di industri
Inspeksi mendadak di rumah sakit bisa menurunkan angka kematian pasien
Update terbaru panduan NICE: Statin untuk semua pasien gagal ginjal kronis

Sumber:
https://www.coherentmarketinsights.com/market-insight/clinical-laboratory-services-market-87
http://www.transparencymarketresearch.com/clinical-laboratory-services-market.html
http://www.grandviewresearch.com/industry-analysis/clinical-laboratory-services-market
http://www.thestar.com.my/business/business-news/2017/05/13/mgrcs-corporate-dna/
http://www.theedgemarkets.com/article/startup-scientist-entrepreneur
https://www.health-tourism.com/jci-accreditation/