Kecoa, penghuni dapur dan selokan, sering dianggap sebagai serangga paling menjijikan dan kotor. Membayangkannya saja sudah membuat manusia mual, apalagi jika mereka mulai mengepakkan sayapnya dan terbang. Namun, ternyata penelitian terbaru menemukan adanya potensi makanan sehat dari kecoa ini.

Sejumlah peneliti internasional dari Institut Stem Cell Biology and Regenerative Medicine (inStem) di Bengaluru, India, berhasil menemukan makanan sehat yang dikatakan memiliki nutrisi tinggi, yaitu susu kecoa.

Susu kecoa diproduksi oleh spesies kecoa berana Diploptera punctata, satu-satunya kecoa vivipar (melahirkan anak). Susu kecoa ini mengandung kristal menyerupai protein, yang diketahui merupakan sumber tinggi nutrisi dan kalori.

Diploptera, atau biasa dikenal sebagai kecoa pasifik, memang memproduksi susu untuk menyusui anaknya. Menurut penelitian, satu kristal susu mengandung lebih dari tiga kali energi dari ekuivalen massa susu (kerbau).

Satu kristal sebagai satu porsi makanan lengkap

"Kristalnya seperti satu porsi makanan lengkap - mengandung protein, lemak dan gula. Ketika diperiksa sekuens proteinnya, kami menemukan kandungan semua asam amino esensial di dalamnya," kata Sanchari Banerjee, satu dari penulis laporan penelitian yang dipublikasi di bulan Juli dalam jurnal dari International Union of Crystallography.

Tim peneliti baru-baru ini mendapat sekuens gen protein susu kecoa dan berniat menggunakan sistem ragi untuk memproduksi kristal susu secara masal. Mereka mengklaim bahwa kristal ini sangat stabil dan dapat digunakan sebagai suplemen protein yang luar biasa baik bagi tubuh.

Kristal alami susu kecoa juga memiliki sifat unik - protein dicerna pada kecepatan konstan.

"Ini merupakan makanan lepas lambat," jelas Subramanian Ramaswamy, ketua penelitian. "Jika Anda membutuhkan makanan tinggi kalori, dengan formulasi lepas lambat dan makanan dengan nutrisi lengkap, ini dia solusinya," tambahnya.

Selain sebagai suplemen, kristal protein memiliki karakteristik tertentu yang bisa digunakan untuk desain obat nanopartikel.

Kecoa juga sangat bagus untuk kesehatan

Selain itu, kecoa sendiri merupakan makanan yang bagus untuk kesehatan. Dalam laporan CNN tahun 2014, mereka menyatakan bahwa kecoa Amerika sudah banyak diternak dan dijual untuk industri farmasi. Kecoa ini ditumbuk dan dimasukkan ke dalam pil, untuk menyembuhkan penyakit jantung, hati, dan lambung.

Penelitian pada susu kecoa dipublikasi dalam jurnal International Union of Crystallography dengan judul "Structure of heterogeneous, glycosylated, lipid-bound, in vivo-grown protein crystal at atomic resolution from the viviparous cockroach Diploptera punctata."

Peneliti lain yang terlibat bergabung dari National Centre for Advancing Translational Sciences, National Institutes of Health di Amerika Serikat, Structural Biology Research Centre, High Energy Accelerator Research Organisation di Jepang, Centre for Cellular and Molecular Platforms (C-CAMP) di India, Department of Cell and Systems Biology, University of Toronto di Canada, University of Iowa di Amerika Serikat dan Experimental Division, Synchrotron SOLEIL di Perancis. MIMS

Bacaan lain:
4 obat yang tidak boleh digunakan bersama alkohol
Resep hijau: Dokter meresepkan perubahan gaya hidup

Sumber:
http://edition.cnn.com/2014/08/31/travel/china-cockroach-farming-food/
http://www.natureworldnews.com/articles/25761/20160726/latest-healthy-superfood-cockroach-milk-try.htm
http://timesofindia.indiatimes.com/city/kolkata/Roach-milk-proteins-fantastic-food-supplement/articleshow/53268325.cms
https://www.instem.res.in/content/structure-heterogeneous-glycosylated-lipid-bound-%C4%B1t-vivo-grown-protein-crystal-atomic