"Saya tidak punya satu telinga dan ini selalu membuat saya merasa tidak sempurna."

Seorang pria Cina yang kehilangan telinga kanan saat kecelakaan mobil, akan segera mendapat telinga baru yang sedang ditumbuhkan di tangan kanannya. Guo Shuzhong, dokter pemimpin tim operasi dan timnya menggunakan kartilage tulang iga pria ini untuk membuat telinga kanan baru yang akan ditransplantasi dalam prosedur operasi baru tahun depan.

Menderita cedera serius saat kecelakaan

Pasien, yang bermarga Ji, menderita cedera serius di sisi kanan kepalanya setahun lalu. Menurut laporan, dokter berusaha menyelamatkan nyawanya tetapi jaringan dekat telinga kanan sangat rusak sehingga tidak ada harapan bagi rekonstruksi konvensional untuk dapat memperbaikinya.

Bapak Ji sudah melewati beberapa operasi untuk mengembalikan kulit wajah dan pipinya. Namun, ia merasa frustasi karena harus kehilangan telinga kanan.

Bapak Ji kemudian datang ke Dr Guo, seorang dokter bedah plastik ternama dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, dan meminta bantuannya setelah putus asa berusaha kesana-kemari. Dr Guo mendapat perhatian internasional setelah ia melakukan operasi transplantasi wajah pertama di Cina pada tahun 2006.

Pelebaran kulit berhasil dilakukan hingga tahap kedua

Prosedur Bapak Ji terdiri dari tiga tahap, sekarang di tahap kedua, hasilnya terlihat bagus. Pada tahap elebaran kulit pertama diletakkan di bawah kulit lengan Bapak Ji sebelum kartilage diambil dari iganya untuk membentuk telinga baru. Kartilage ini kemudian ditanamkan ke tangannya. Tahap akhir akan berupa transplantasi telinga, ketika sudah tumbuh sempurna, ke kepala Bapak Ji.

Menurut Dr Guo, bagian paling sulit adalah prosedur di tahap kedua yang telah berhasil selesai dilakukan pada Bapak Ji.

Transplantasi telinga diharapkan akan dilakukan tiga hingga empat bulan setelah organ artifisial telah tumbuh sempurna. Bapak Ji melaporkan ke wartawan bahwa hilangnya telinga kanan membuat Bapak Ji tidak nyaman dan ia berharap akan hidup normal kembali setelah operasi. MIMS

Sumber:
http://www.mirror.co.uk/news/world-news/doctor-grows-new-ear-car-9227739 
http://www.straitstimes.com/asia/east-asia/hear-this-this-man-is-armed-with-an-ear 
http://www.dailymail.co.uk/news/peoplesdaily/article-3919682/Doctor-grows-new-ear-man-s-ARM-restore-hearing-lost-organ-horrific-accident.html