Rumah Sakit Bankstown-Lidcombe di Sydney menggugat industri gas setelah beberapa kejadian tercampurnya gas yang menyebabkan seorang bayi harus kehilangan nyawanya dan bayi lain menjadi mengalami cedera otak serius.

Hal ini terjadi karena tertukarnya selang gas oksigen dan nitrat oksida di rumah sakit. Bukannya oksigen, bayi ini malah mendapat aliran konstan nitrat oksida yang kemudian menghasilkan outcome fatal.

Penyebab kematian: Dosis letal nitrat oksida

Kejadian pertama muncul di bulan Juni 2016, dimana bayi Amelia Khan terpapar nitrat oksida selama 60 menit - dan staf percaya ia sebenarnya memberikan oksigen. Akibat paparan ini, bayi harus mengalami kerusakan otak permanen yang menyebabkannya harus makan melalui tabung dan terus mengalami kejang.

Amelia Khan (pictured) has to be fed through a tube and suffers constant seizures, after being given laughing gas – nitrous oxide – instead of oxygen at Bankstown-Lidcombe hospital. Photo credit: Daily Mail
Amelia Khan (pictured) has to be fed through a tube and suffers constant seizures, after being given laughing gas – nitrous oxide – instead of oxygen at Bankstown-Lidcombe hospital. Photo credit: Daily Mail


Kemudian di bulan Juli, insiden yang sama terjadi pada bayi dari pasangan Youssef dan Sonya Ghanem - dimana bayi mereka terpapar nitrat oksida, bukan oksigen selama resusitasi neonatus. Tidak seperti bayi Amelia Khan, bayi John tidak beruntung - karena dosis gas terbukti letal.

Masalah ini kemudian diketahui disebabkan oleh tertukarnya selang gas oksigen dan nitrat oksida - kondisi yang baru disadari beberapa minggu kemudian oleh dokter anak yang bekerja di rumah sakit. Saat itu, kerusakan sudah terjadi dan dua bayi sudah terpapar nitrat oksida dengan masalah serius.

Gugatan legal

Akhirnya, kedua keluarga memutuskan untuk mengambil langkah tegas ke rumah sakit - meminta ganti rugi untuk biaya kesehatan dan kerusakan. Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarga Khan, penderita anak mereka merupakan penderitaan yang tidak akan pernah berhenti.

"Ia harus hidup dengan kondisi ini seumur hidup - kondisi yang muncul karena kesalahan rumah sakit."

"Tetapi kami akan selalu ada di sampingnya dan kami akan melakukan apapun yang bisa kami lakukan demi kebaikannya."

Keluarga Ghanem yang kehilangan bayi John juga memiliki perasaan yang sama - khususnya ibunya, Sonya Ghanem, yang tidak memiliki kesempatan melihat bayi laki-lakinya sebelum ia meninggal.

Sayangnya, di bawah hukum Australia, orangtua anak yang meninggal karena kelalaian hanya bisa meminta ganti rugi atas kerusakan jika mereka bisa membuktikan bahwa kejadian ini benar-benar menyebabkan masalah mental signifikan yang kemudian disebut sebagai gangguan psikiatris. Dengan kata lain, tidak ada kompensasi untuk duka cita, kesulitan, dan kesedihan.

Rumah sakit menyalahkan industri gas dan pekerja

Situasi menyebabkan Menteri Kesehatan Jillian Skinner marah dan memutuskan untuk mengundurkan diri. Namun, Skinner mengatakan ia tidak akan mengundurkan diri karena kesalahan yang "kompleks dan sangat sensitif".

Skinner juga meyakinkan publik bahwa sistem kesehatan sedang berusaha mencegah masalah demikian untuk muncul kembali - dan bahwa mereka memeriksa semua ruang operasi dan resusitasi untuk memastikan masalah ini tidak akan muncul kembali.

Dalam respon terhadap insiden ini, rumah sakit memutuskan untuk menggugat industri gas BOC Limited dan pemasang gas Christopher Turner - dan menyatakan mereka merupakan penyebab masalah ini.

Jika gugatan ini berhasil, Turner dan BOC akan bertanggung jawab untuk penyelidikan di rumah sakit dan kematian bayi John Ghanem.

Meskipun rumah sakit mengakui mereka gagal menyadari gangguan ini, namun tanggung jawab sebenarnya dari masalah ini ada di pundak perusahaan gas dan pemasangnya. MIMS

Bacaan lain:
Phineas Gage: Pria yang selamat dari cedera otak fatal, tetapi mengalami gangguan kepribadian
Ternyata otak masih bekerja meskipun tubuh sudah tak bernyawa
Apa yang akan terjadi pada tubuh manusia setelah meninggal?

Sumber:
https://au.news.yahoo.com/a/35887898/bankstown-lidcombe-hospital-to-sue-boc-after-baby-given-nitrous-oxide-gas-instead-of-oxygen/#page1
http://www.dailymail.co.uk/news/article-4592676/Bankstown-Lidcombe-hospital-suing-tradie-baby-death.html
http://www.smh.com.au/nsw/death-of-baby-at-bankstownlidcombe-hospital-exposes-gap-in-laws-to-compensate-parents-20160726-gqdpuu.html
https://au.news.yahoo.com/a/32159500/third-baby-linked-to-hospital-gas-mix-up/#page1
http://www.smh.com.au/nsw/mother-of-newborn-who-died-in-bankstownlidcombe-hospital-gas-mixup-speaks-out-20160725-gqdlst.html 
http://www.dailytelegraph.com.au/news/nsw/baby-given-60-minutes-of-deadly-gas-bankstownlidcombe-hospital-to-sue-boc-employee/news-story/6aa3a1e1c6b1692b8ce45617a7faa7c7