Psikologi dan psikiatrik merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia kesehatan. Meskipun demikian, meskipun banyak orang sudah memahami bahwa kedua profesi ini mempelajari otak, kepribadian, emosi, dan pola pikir, namun ada perbedaan signifikan antara dua profesi ini.

Psikiater merupakan dokter yang telah lulus fakultas kedokteran. Mereka juga sudah menyelesaikan satu tahun masa magang dan mendapat tiga tahun izin untuk memeriksa dan memberi terapi untuk penyakit mental. Meskipun demikian, psikolog bukan merupakan dokter medis. Mereka memegang gelar sarjana di bidang psikologi, yang mempelajari pikiran dan kepribadian seseorang. Secara umum, mereka perlu bekerja magang selama satu hingga dua tahun. Tidak seperti psikiater, psikolog boleh memberikan uji psikologis seperti tes kepribadian.

Berikut perbedaan lain dari dua profesi ini.

1. Psikolog memiliki spesialisasi dalam psikologi sedangkan psikiater memiliki spesialisasi dalam dunia obat

Psikolog harus mendapat gelar sarjana dari jurusan psikologi, diikuti dengan kualifikasi keprofesian, baik dari institusi akademik hingga pelatihan. Pelatihan mungkin tidak cukup untuk bisa disebut sebagai psikolog profesional.

Meskipun demikian, psikiater harus menyelesaikan kuliah di fakultas medis atau mendapat gelar dokter umum, diikuti dengan menyelesaikan kuliah psikiatrik. Pendidikan ini dilakukan untuk mendapat pengalaman bekerja di unit psikiatrik berbeda di rumah sakit dan diekspos ke berbagai pasien dengan gangguan sikap atau penyakit mental berbeda. Mereka juga bisa bekerjasama dengan rumah sakit atau institusi mental untuk paparan dan spesialisasi lebih lanjut dalam ranah psikiatri.

2. Psikolog untuk kesehatan mental; psikiater yang melakukan pencegahan, diagnosis dan terapi penyakit mental

Psikolog memiliki spesialisasi untuk meningkatkan kesehatan pasien mereka. Ada beberapa jenis psikolog, seperti psikolog klinik, psikolog konseling, psikolog sosial dan neuropsikologis.

Psikologis klinik biasanya bekerja di rumah sakit atau komunitas dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan masalah kesehatan psikologis atau kesulitan pada sikap dan atau harus menghadapi kehidupan.

Psikolog konsultasi mempelajari bagaimana lingkungan sosial dan interaksi memengaruhi kehidupan mental dan sikap seseorang.

Neuropsikologis bekerja dalam pengaturan rumah sakit dengan profesi medis untuk mencaritahu hubungan antara otak dan manusia. Mereka juga memeriksa dan memberi terapi untuk cedera dan disfungsi otak.

Di sisi lain, psikiater harus berhadapan dengan penyakit mental. Ada beberapa jenis psikiater, seperti psikiater yang membantu pasien kecanduan, psikiater forensik dan neuropsikiatrik.

Psikiater untuk pasien kecanduan biasanya akan membantu pasien kecanduan obat atau substansi apapun; psikiater forensik bekerja di pengadilan; neuropsikiatrik memberi terapi untuk penyakit dan gangguan mental, penyakit otak dan cedera otak.

3. Psikolog dan psikiater memiliki izin berbeda

Psikolog memiliki kualifikasi untuk melakukan tes psikologis, yang merupakan hal penting untuk memeriksa status mental seseorang dan juga mencaritahu cara paling efektif untuk terapi.

Psikiater diberi izin untuk memberi resep obat. Hampir setiap kali, mereka menghabiskan waktu dengan pasien mereka agar mereka bisa lebih memfokuskan diri pada manajemen obat sebagai bagian dari regimen terapi.

Tentu saja, psikiater dan psikolog sama-sama belajar teknik psikoterapi, sehingga mereka memiliki kemampuan untuk berbicara dengan pasien mereka secara efektif mengenai masalah mereka. Meskipun demikian, latar belakang dan pelatihan juga akan untuk mengarahkan ke arah pendekatan berbeda untuk mengatasi masalah kesehatan mental pasien tersebut. MIMS

Bacaan lain:
Bagaimana tenaga kesehatan bisa memberi dukungan ke pasien dengan deformitas fisik
Menderita alergi terhadap dingin
6 tanda Anda cocok berkarir di dunia kesehatan
5 poin penting BPJS yang perlu diketahui oleh tenaga kesehatan


Sumber:
http://www.efpa.be/psychologist-psychiatrist.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/Psychiatry
https://en.wikipedia.org/wiki/Psychology
http://singaporepsychologicalsociety.org/career/psychologists-in-singapore-who-are-they-what-do-they-do/
http://www.allpsychologyschools.com/psychology/psychology-vs-psychiatry/
https://www.verywell.com/psychiatrist-a-career-overview-2795641
http://www.webmd.com/mental-health/features/psychologist-or-psychiatrist-which-for-you#1