Profesi perawat sudah sejak lama dianggap sebagai pekerjaan paling penting kedua di dunia, setelah dokter. Sekarang, perawat memegang peran lebih besar dalam pengaturan kesehatan. Mereka merupakan mediator antara pasien dan dokter, dan seorang wakil dari keluarga pasien.

Sudah semakin banyak perawat terlatih yang mulai memasuki dunia kesehatan, yang membantu meningkatkan outcome kesehatan dengan membantu meningkatkan kemampuan dokter dalam membangun diagnosis yang lebih baik, dan menyarankan terapi yang lebih efektif. Faktanya, banyak pasien menyatakan bahwa hidup mereka terselamatkan karena perawat yang sangat peka pada gejala awal penyakit tertentu, khususnya saat henti jantung.

Perawat: bekerja dari hati

Baru-baru ini, sebuah foto dari situasi paska melahirkan menunjukkan seorang perawat yang rela pergi jauh demi menolong pasien. Foto, yang diambil di kamar mandi di Rumah Sakit Clark Memorial di Indiana, berhasil menyentuh ribuan pengguna media online.

Ini merupakan istirahat Jill Krause untuk pertama kalinya di kamar mandi setelah melahirkan anaknya. Foto, yang diambil oleh Katie Lancer dari MommaKT Shoots Photography, menunjukkan ada seorang perawat yang menawarkan kantung es untuk meringankan rasa sakit sang ibu baru.

"Perawat itu tidak ragu untuk berlutut di depan pasien dan membantu memasukkan kantung kes celana dalam paska melahirkan setelah membantu pasien sedikit membersihkan diri," ungkap Lacer.

"Ini merupakan momen yang sangat hening, yang kebetulan terlihat oleh saya. Situasi ini tidak direncanakan atau diduga-duga. Memang sudah hampir berada di ujung cerita melahirkan, tetapi tampaknya akan sangat cocok jika saya mengakhirinya seperti ini."

Krause, ibu dari empat anak, membagikan foto ini di Facebook, dimana ia mengucapkan terimakasih pada para perawat yang sudah merawatnya setelah melahirkan.

"Saya tidak akan pernah melupakan wajah para perawat yang mengikuti saya hingga kamar mandi setelah melahirkan setiap anak," tulisnya.

Tautannya, yang sudah dibagikan lebih dari 65.000 kali menarik lebih dari 125.000 respon.

A photograph capturing the close bond between a nurse and her patient who had just given birth has gone viral. Photo credit: Katie Lacer of MommaKT Shoots Photography/Baby Rabies Blog on Facebook
A photograph capturing the close bond between a nurse and her patient who had just given birth has gone viral. Photo credit: Katie Lacer of MommaKT Shoots Photography/Baby Rabies Blog on Facebook


"Saat itu, saya merasa sangat rentan, lelah, takut, dan gemetaran. Perut yang tadinya membengkak mulai mengempis, dan suasana hati saya menjadi sangat buruk. Namun mereka tetap menangani saya dengan kebaikan dan kerendahan hati."

"Bagi saya, ini merupakan momen penguatan dan konfirmasi bahwa saya memiliki tempat untuk mencari bantuan, bahkan meskipun hanya sedikit perhatian yang diberikan di kamar mandi, di atas toilet, saat seorang perawat yang baik menunjukkan kepada saya bagaimana cara menyelipkan kantung es ke dalam celana dalam saya."

Krause sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan perawat tersebut. Seperti perawat yang ditunjukkan dalam foto tersebut, perawat lain mengajarkannya bagaimana cara mengatasi rasa sakit dengan kantung es.

"Di setiap proses melahirkan, mereka membantu saya pergi ke kamar mandi," katanya. "Pertama kalinya, mereka menunjukkan bagaimana melakukan semua hal – mulai dari menempatkan kantung es di bawah celana dalamnya. Pada proses persalinan bayi keempat, saya tahu cara melakukan semua ini, tetapi ia tetap ada di situ di sisi saya, membantu, menenangkan saya, menyarankan agar saya tidak perlu membersihkan darah yang berceceran di lantar, dan menyemangati saya dengan senyuman dan pandangan tulis. Mungkin memang tampak sederhana, tetapi itu sangat berarti untuk saya."

Media sosial banyak digunakan untuk membagikan cerita profesionalitas perawat

Tautan di Facebook sudah banyak digunakan untuk mencari dukungan dari para ibu yang pernah mendapat perawatan dari perawat.

"Saat saya akan melahirkan, seorang perawat mengambil telepon genggam saya tanpa bertanya terlebih dahulu dan mengambil foto pacar saya dan saya saat mereka pertama kali menempatkan bayi di atas dada saya."

"Itu merupakan salah satu dari hal termanis yang pernah dilakukan seseorang untuk saya di hari itu. Saya selalu berterimakasih atas hal tersebut," tambah pengguna lain.

Lacer yang berkarir dalam fotografi persalinan mengatakan bantuan perawat sangat luar biasa dan ia seringkali terkagum-kagum dengan bagaimana perawat memberikan semua kemampuannya pada semua ibu di ruang persalinan dan setelahnya.

"Kami berdua sangat ingin melayani wanita lain, ibu lain, dan intinya adalah membantu wanita selalu sangat berguna, selalu," ungkap Lacer.

"Semua wanita luar biasa, yang membicarakan mengenai perawatan paska melahirkan membuka jalan untuk membagikan mengenai sebagian cerita proses persalinan yang seringkali terlewatkan, dan ini sudah waktunya untuk menjawab hal tersebut."

Ia sudah menyaksikan sekitar 100 cerita kelahiran berbeda, dan pada setiap pertemuan, perawat ini – bidan tersertifikasi, perawat persalinan dan ibu/anak – merupakan pemain inti dari semua praktek kesehatan.

Dengan caranya yang lembut dan menawan hati, malaikat pelindung dalam bangsal merupakan mereka yang meracik obat, mengobati luka, dan memonitor tanda vital pasien. Mereka sangat menginspirasi dan menunjukkan rasa cinta yang hanya bisa ditemukan dari hati yang tulus ingin menolong orang. MIMS

Bacaan lain:
"Hanya seorang perawat": Catatan hati dunia keperawatan yang sering tidak dihargai
Perawat merupakan salah satu profesi paling terpercaya di dunia
Rahasia komunikasi efektif untuk perawat

Sumber:
http://www.huffingtonpost.com/entry/this-powerful-post-birth-photo-shows-the-important-work-of-nurses_us_59c015e4e4b06f9bf0488b66
http://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/post-birth-photo-nurses-jill-krause-baby-rabies-katie-lacer-facebook-a7955136.html
https://www.nursingtimes.net/nurses-and-doctors-top-list-of-important-jobs/5089725.article
https://www.mcgill.ca/nursing/outreach/today