Bukan hanya berada dalam berbagai berita, penembakan massal di Amerika menjadi pengingat kemunculan epimedik penyalahgunaan senjata. Penggunaan istilah "epidemik" bisa diartikan juga sebagai masalah medis yang berhubungan dengan masalah kesehatan publik. Dan sekarang, penyalahgunaan senjata bersama dengan kecanduan opioid dianggap sebagai masalah kesehatan publik terbesar di Amerika.

Harga yang harus dibayarkan

Penelitian terbaru dari Universitas Johns Hopkins menemukan bahwa ada lebih dari 100.000 orang yang ditembak di Amerika, sehingga jumlah totalnya menjadi USD2,8 miliar untuk biaya rumah sakit.

Meskipun penembakan massal jarang terjadi, namun insiden tersebut menarik banyak sekali perhatian media – kebalikan dari bentuk penyalahgunaan senjata lain yang "lebih" umum. Penyalahgunaan senjata – seperti pembunuhan, bunuh diri dan kekerasan – bisa ditemukan setiap hari, membunuh lebih banyak jiwa; namun tidak terlalu menarik perhatian medis.

Faktor ini membuat semakin banyaknya penyalahgunaan senjata mengingat sedikitnya perhatian publik atau pemerintah. Meskipun terdapat fakta bahwa penyalahgunaan senjata merupakan penyebab kematian ketiga di Amerika, setelah overdosis obat dan kecelakaan kendaraan bermotor.

Antara 2006 dan 2014, lebih dari 100.000 orang terlibat dalam penyalahgunaan senjata, dengan sekitar 36.500 orang kehilangan nyawa disebabkan cedera akibat senjata api di tahun 2015 saja. Amerika memiliki angka pembunuhan dengan senjata api tertinggi di antara negara maju lainnya; enam kali lebih tinggi dibandingkan Kanada dan hampir 16 kali lebih tinggi dibandingkan Jerman. Meskipun hanya 4,4% populasi dunia yang memiliki senjata, namun setengahnya terdapat di Amerika.

Hal ini menyebabkan terjadinya lebih dari 1.500 penembakan massal sejak Desember 2012 dan, di tahun 2015, rata-rata lebih dari satu penembakan massal terjadi setiap harinya. US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengestimasikan bahwa dalam dekade terakhir saja, satu juta orang mengalami luka-luka atau terbunuh akibat penyalahgunaan senjata.

"Jumlah ini sangat, sangat mengejutkan," sebut Faiz Gani, salah satu penulis penelitian dan mantan peneliti paska-doktoral di departemen pembedahan Fakultas Kedokteran Johns Hopkins. "Penelitian sebelumnya hanya berfokus pada mortalitas, tetapi mengabaikan sejumlah besar orang yang masih hidup dan terpengaruh dengan masalah ini."

"Yang sangat mengejutkan saya adalah ada sesuatu yang lebih mengejutkan. Ada 100.000 orang yang terpengaruh dan kita tidak melakukan apapun untuk menghentikannya."

Jika kehilangan nyawa dan anggota tubuh tidak cukup meresahkan, maka ada juga pertimbangan biaya yang harus diperhatikan. Biaya penanganan luka tembakan sangat mahal. Mereka terapi di departemen gawat darurat, rata-rata, berharga USD5.000. Sedangkan mereka yang bermalam, akan dibebankan hampir 20 kalinya, dengan rata-rata USD95.887.

Biaya mahal ini belum termasuk biaya astronomis yang meliputi kebutuhan rehabilitasi dan hilangnya produktivitas. Jika digabungkan, beban biaya penyalahgunaan senjata kasarnya  adalah USD45 miliar setiap tahun di Amerika.

America has 4.4% of the world’s population, but almost half of the civilian-owned guns around the world. This conversely has resulted in the highest proportion of gun violence around the world.
America has 4.4% of the world’s population, but almost half of the civilian-owned guns around the world. This conversely has resulted in the highest proportion of gun violence around the world.


Respon terhadap ancaman penyalahgunaan senjata

Setelah insiden di Las Vegas, kelompok kedokteran Amerika akhirnya angka suara melawan penyalahgunaan senjata dan juga mendukung dibentuknya peraturan kontrol senjata yang lebih ketat. Kelompok ini terdiri dari American Public Health Association, American Medical Association, American College of Physicians dan American Academy of Pediatrics

"Ini menyedihkan ini merupakan suatu pengingat bahwa kita masih harus mengatasi penyalahgunaan senjata di negara kita," sebut Dr Georges Benjamin, direktur eksekutif American Public Health Association (APHA). "Semua orang di dunia membutuhkan hukum yang bisa melindungi mereka dari aksi penyalahgunaan tidak jelas seperti ini," tambahnya.

American Medical Association (AMA), kelompok dokter terbesar di Amerika, mengatakan "Penyalahgunaan senjata merupakan krisis kesehatan publik, dibuktikan dengan tidak adanya rasa kesedihan saat terdapat kejadian kehilangan nyawa dan cedera di Las Vegas."

American Medical Association dan American College of Physicians menyebutkan penyalahgunaan senjata sebagai masalah kesehatan publik. Dan American College of Physicians meminta diberlakukannya pelarangan penjualan dan kepemilikan senjata otomatis dan semi-otomatis.

Bahkan presiden Amerika, Donald Trump, sudah menunjukkan tanda-tanda pengetatan hukum yang mengatur mengenai senjata, "Kami akan mengadakan diskusi mengenai hukum persenjataan seiring dengan berjalannya waktu." Sebelum ia mengeluarkan informasi lebih lanjut, hal ini tampak sebagai suatu kejutan bagi pendukung Trump, mengingat sebelumnya ia mendukung kepemilikan senjata.

Selain itu, Amerika masih menghadapi pembagian pendapat antar para kaum Republika, yang mendukung persatuan, dan Demokrat, yang meminta sikap tegas.

Menghentikan penyalahgunaan senjata

Meskipun banyak orang menganggap penyalahgunaan senjata sebagai suatu bentuk masalah kesehatan publik, namun banyak bukti menunjukkan yang lainnya. Dalam kurang dari satu dekade, satu juta orang sudah mengalami cedera atau kehilangan nyawa disebabkan penyalahgunaan senjata.

Dalam politik dan kritikan, satu hal yang pasti, penyalahgunaan senjata adalah sekarang masalah kesehatan baru yang dihadapi Amerika. Apakah ancaman penyalahgunaan senjata benar-benar diperhatikan sangat bergantung pada sistem pemerintahan yang ada sekarang ini. MIMS

Bacaan lain:
Jerih payah demi mendapat obat Alzheimer baru
Masalah kesehatan dunia: Penelitian WHO menunjukkan status aborsi tidak aman di dunia
Efek samping antibiotik seringkali dibiarkan oleh para dokter - catat penelitian

Sumber:
https://www.theguardian.com/world/2017/oct/02/cost-of-gun-violence-hospital-expenses-johns-hopkins-study
http://content.healthaffairs.org/content/36/10/1729.full 
https://qz.com/1093144/us-gun-violence-costs-an-average-of-2-8-billion-a-year-a-johns-hopkins-study-reveals/
https://www.vox.com/policy-and-politics/2017/10/2/16399418/us-gun-violence-statistics-maps-charts
https://www.bustle.com/p/mass-shootings-in-america-are-a-serious-public-health-issue-according-to-doctors-2758564
http://www.washingtonexaminer.com/medical-groups-call-for-gun-control-following-las-vegas-shooting/article/2636298
https://www.theguardian.com/us-news/2017/oct/03/donald-trump-gun-control-discuss-las-vegas