Seiring dengan semakin kompleksnya dunia kesehatan dan perawatan kepada pasien, perawat diminta untuk menyajikan solusi inovatif dalam praktek perawatan pasien. Menghadapi pasien dari berbagai usia, kondisi dan latar belakang kesehatan membuat kreativitas menjadi elemen penting tanggung jawab perawat.

Perawat yang kreatif dalam perawatan pasien bisa menghemat biaya sistem kesehatan dan mendukung perkembangan praktek keperawatan. Mengingat besarnya manfaat kreativitas, inilah waktunya meningkatkan kreativitas Anda – dan memanfaatkannya.

1. Kreativitas membuat pasien mau berkooperasi dan merasa lebih puas

Kreativitas bisa meningkatkan kooperasi dan kepuasan pasien. Dalam beberapa kondisi dimana perawat harus menghadapi anak-anak yang tidak kooperatif – kreativitas harus memberikan manfaat kepada pasien.

Saat memberikan perawatan ke pasien anak-anak, seorang perawat boleh menggunakan mainan untuk meningkatkan kooperasi. Ini juga bisa menciptakan kepatuhan yang lebih tinggi terhadap regimen obat dan terapi. Sebelum diizinkan pulang, perawat bisa bisa menggunakan kerajinan tangan untuk mengekspresikan harapannya yang hangat kepada pasien.

2. Kreativitas membuat terciptanya modifikasi pada perawatan pasien

Kreativitas bisa diadaptasi dalam praktek keperawatan dan memodifikasi pemberian perawatan. Misalnya, alat peregangan yang digunakan dengan kaset untuk mengambil X-ray merupakan inovasi yang baik, khususnya bagi pasien dengan beberapa trauma. Dengan demikian, kreativitas bisa mempermudah staf dan pasien mereka, karena mereka tidak perlu terlalu banyak memindahkan pasien dari alat peregangan ke kasur radiologi.

3. Kreativitas meningkatkan rasa percaya diri dan respek pasien

Konsisten dalam mengekspresikan ide kreatif dalam pekerjaan akan membantu perawat agar menjadi lebih percaya diri dan bahagia. Dari hari ke hari, perawat akan menyadari bahwa menemukan sesuatu yang baru merupakan hal yang menyenangkan.

Kreativitas juga secara konstan akan memberikan kepuasan sendiri dan rasa percaya diri. Seorang perawat yang menggunakan kreativitasnya dalam rutin pelayanan menyebutkan bahwa "Hal pertama yang terpengaruh dalam hidup saya adalah rasa percaya diri. Saya merasa lebih percaya diri. Misalnya, saat ada sejawat yang mengatakan: "Bisakah Anda membuat sesuatu?" Saya merasa percaya diri. Ini merupakan hal terpenting bagi saya."

Kreativitas harus menjadi elemen penting dalam profesi keperawatan. Di samping praktek keperawatan langsung, seorang perawat yang kreatif dan memiliki banyak inovasi akan merasa kreativitas membuatnya menjadi kaya akan berbagai kemampuan. Dengan kekayaan ini, perawat bisa memberikan pelayanan berkualitas terbaik dan meningkatkan outcome kesehatan pasien.

Seiring berjalannya waktu, akumulasi ide kreatif akan menghasilkan perawtan pasien dan efisiensi praktek yang lebih baik. Mudahnya, kreativitas merupakan mesin utama untuk perkembangan tenaga kesehatan dan organisasi keprofesian. MIMS

Bacaan lain:
Tips berjaga malam untuk perawat
"Hanya seorang perawat": Catatan hati dunia keperawatan yang sering tidak dihargai
Bagaimana perawat bisa memanfaatkan teknologi untuk memajukan kualitas perawatan untuk pasien

Sumber:
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1466-7657.2006.00463.x/abstract
http://210.0.231.168/Files/AlwaysOnLearning/477Innovation.pdf
http://doi.org/10.5812/ircmj.20895
https://www.nursebuff.com/nurse-life-hacks/
http://www.hhnmag.com/articles/4916-nurses-at-the-forefront-of-change