Sebuah penelitian menemukan ada hampir 300.000 kasus kanker pada anak-anak di antara tahun 2001 dan 2010, dan ada peningkatan angka kejadian hingga 13% di seluruh dunia pada 20 tahun terakhir.

"Penelitian ini memperbaharui informasi mengenai kanker pada anak-anak yang dipublikasi hampir 20 tahun yang lalu dan menjadi salah satu sumber informasi kejadian kanker pada anak-anak berusia 15-19 tahun," kata penulis, yang dipimpin oleh Eva Steliarova-Foucher, dari Divisi Ilmu Pengetahuan Kontrol Kanker dan Populasi, di Institut Kanker Nasional di Bethesda, Maryland.

Dikoordinasi oleh Agen internasional Penelitian Kanker (IARC), penemuan menemukan bahwa 185:1.000.000 anak didiagnosis kanker, dan kanker yang paling banyak ditemukan adalam limfoma. Di antara anak-anak berusia di bawah 15 tahun, leukemia merupakan kanker yang paling banyak ditemukan, dengan hampir sepertiga kasus dari kanker pada anak.

IARC menambahkan "penelitian menunjukkan bahwa kejadian kanker pada anak-anak bisa dipengaruhi oleh perubahan kesadaran dokter mengenai kanker anak atau melalui efek faktor eksternal, seperti infeksi atau polutan lingkungan lain."

"Kanker merupakan penyebab signifikan kematian pada anak-anak dan remaja, meskipun relatif jarang ditemukan di bawah usia 20 tahun," kata direktur IARC, Christopher Wild. "Informasi baru mengenai pola dan kejadian kanker anak ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan untuk mendorong pencarian solusinya."

Angka mortalitas menurun tetapi tidak merata

Data dari penelitian yang dipimpin oleh Audrey Bonaventure dari Kelompok Mantan Penderita Kanker London School of Hygiene and Tropical Medicine melaporkan ada perbedaan besar antara angka keselamatan di Jerman (92%) dengan angka mortalitas di Kolombia (52%).

"Hasil ini menunjukkan bahwa akses yang baik ke fasilitas kesehatan dan manajemen terapi yang baik memberikan efek yang jelas pada keselamatan anak-anak penderita leukemia," kata penulis, menambahkan bahwa masih ada ruang untuk meningkatkan manajemen leukemia pada anak dalam banyak negara.

Mereka membutuhkan lebih banyak sumber untuk meningkatkan distribusi terapi dalam negara yang lebih miskin, kolaborasi internasional yang lebih tinggi dan perkembangan panduan terapi.

Professor Philippe Autier dari Strathclyde Institute of Global Public Health di International Prevention Research Institute di Perancis mencatat adanya peningkatan global kasus kanker di seluruh dunia kecuali di Sub-Sahara Afrika.

"Peningkatan angka kesembuhan dari penyakit kanker terjadi di negara berpendapatan tinggi dengan angka kesembuhan 80%, namun penting juga dicatat bahwa 80% kasus leukemia anak terjadi di negara berpendapatan rendah dan menengah."

Peningkatan kasus kanker anak disebabkan ada kemajuan dalam diagnosis penyakit

Ketika Anda menemukan ada peningkatan seperti itu - yang sangat cepat - dalam periode waktu pendekt, kemungkinan hal ini terjadi karena adanya paparan ke faktor lingkungan," kata Catherine Metayer, seorang profesor di Universitas California.

Meskipun demikian, Anna Perman, seorang manajer informasi ilmu pengetahuan senior dari Peneliti Kanker UK lebih menunjuk ke metode diagnosis yang lebih baik. "Kita sekarang memiliki lebih banyak pengetahuan mengenai gejala kanker anak, yang membantu dokter mendeteksi anak-anak yang mungkin tidak terdeteksi sebelumnya. Kemungkinan bukan faktor lingkungan yang memainkan peran besar dalam peningkatan ini."

Ia menambahkan bahwa meskipun beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup memang memainkan peran besar dalam peningkatan kejadian kanker, namun biasanya dibutuhkan bertahun-tahun untuk mengubah risiko kanker dan kecil kemungkinannya untuk menyebabkan kanker pada anak.

Professor Autier mengatakan peningkatan angka kejadian kanker yang perlahan namun konstan benar-benar sedang terjadi, khususnya untuk diagnosis leukemia akut di beberapa negara.

"Masih banyak yang belum kita ketahui mengenai penyebab kanker anak. Hingga kita memahami hal ini, kita tidak boleh menarik satu kesimpulan yang tidak berdasarkan pada bukti penelitian," katanya sambil mendesak catatan riwayat penyakit untuk mencatat kemungkinan penyebab kematian - atau setidaknya status kesehatan yang menyebabkan kematian. MIMS

Bacaan lain:
Imunoterapi bisa mempercepat pertumbuhan tumor, kata peneliti kanker
Apakah kanker muncul karena "nasib buruk"?
FDA menghentikan penelitian obat leukemia setelah ada empat pasien meninggal
Ilmuwan Cina memimpin edit gen-CRISPR pada manusia untuk pertama kalinya di dunia


Sumber:
https://www.theguardian.com/society/2017/apr/11/recorded-childhood-cancers-rise-worldwide-world-health-organization
http://www.medscape.com/viewarticle/878501
http://www.webmd.com/news/breaking-news/cancer-strikes-a-small-town/20161020/childhood-cancer-rates-rising