Kemenangan Trump memunculkan beberapa masalah kontrasepsi. Trump berniat menghentikan Obamacare - yang memberi pelayanan kontrasepsi dan pemeriksaan gratis ke dokter kandungan, dan niat ini banyak dikhawatirkan jutaan wanita di seluruh Amerika.

Advokat kesehatan wanita juga mendesak wanita agar secepat mungkin menggunakan KB spiral, karena KB jenis disebut-sebut merupakan kontrol kehamilan yang aman dan bisa mencegah kehamilan hingga sepuluh tahun ke depan.

Meskipun Trump sebelumnya mengkampanyekan pilihan kehidupan, ia baru-baru ini mengatakan bahwa wanita harus dihukum karena melakukan aborsi. Tangan kanan Trump, Mike Pence, membuat catatan sejarah pembatasan aborsi dan perawatan kesehatan wanita - dan sebelumnya ia telah membuat hukum bahwa fetus yang diaborsi harus dikubur.

Trump-Pence harus menghadapi masalah pelik jika menghentikan Planned Parenthood

Trump juga mengatakan meskipun Planned Parenthood (PP) merupakan program pemerintah yang telah membantu "jutaan" wanita melawan kanker payudara dan serviks, ia tetap akan menghentikannya "karena faktor aborsi."

PP bisa jadi salah satu program pemerintah yang sangat berguna bagi kesehatan. Dari sekitar 650 rumah sakit, setengahnya bergantung pada kas pemerintah dan mayoritas program asuransi kesehatan disediakan untuk masyarakat miskin. Jika Trump menghentikan program ini, program kesehatan Amerika bisa menjadi berantakan.

Namun, PP melaporkan peningkatan donasi (dan beberapa bahkan berdonasi menggunakan nama Pence) meskipun organisasi anti-aborsi terus memberi momentum agar biaya publik untuk organisasi kesehatan wanita bisa dihentikan. Namun demikian, peperangan untuk kesehatan wanita belum berakhir di sini.

Mahkamah Agung melawan Roe v. Wade

Trump bersikeras ingin melawan Roe v. Wade - keputusan yang dibuat oleh Mahkamah Agung tahun 1973, yang menyatakan bahwa aborsi merupakan hak wanita.

Trump juga mengatakan bahwa keputusan akhir ada di tangan masyarakat Amerika. "Mungkin mereka perlu pergi ke negara lain," kata Trump mengelak ketika ditanyakan mengenai aborsi legal.

Bersamaan dengan hukum pembatas aborsi (TRAP) yang menyatakan bahwa Texas dan Mississippi telah lolos uji, hak reproduksi wanita menjadi semakin langka. Mahkamah Agung sudah mulai menggunakan peraturan ini dari bulan Juli meskipun regulasinya belum konstitusional, tetapi jika keputusan ini berhasil melawan Roe, ini merupakan cerita lain.

Tetapi Trump memiliki ambisi besar untuk kesehatan wanita. Di September, beliau menulis surat ke pemimpin anti-aborsi yang menyatakan bahwa beliau akan menandatangani hukum Pain-Capable Unborn Child Protection Act, yang akan melarang aborsi setelah 20 minggu, sebelum anomali fetal bisa terdeteksi.

Trump juga berjanji akan memastikan bahwa Amandemen Hyde - yang melarang penggunaan kas pemerintah untuk aborsi - agar menjadi hukum permanen.

Satu kemajuan, namun 40 tahun kemunduran

Pendirian Trump akan aborsi akan memundurkan kehidupan wanita hingga 40 tahun ke belakang - wanita tidak bisa memberi kontrol penuh ke tubuhnya sendiri, dipenjara jika membuat keputusan yang salah mengenai kehamilan, status ekonomi atau keluarga, atau kondisi fetus yang mereka kandung.

Ironisnya, Trump berusaha menurunkan angka aborsi, ketika pada faktanya, membatasi aborsi dan akses kontrasepsi malah justru akan membuat para wanita melakukan aborsi ilegal. Buktinya Google menunjukkan bahwa wanita di Mississippi atau Texas, sering melakukan pencarian mengenai "bagaimana cara menggugurkan kandungan" atau informasi dimana mereka bisa membeli misoprostol (obat aborsi) secara online atau herbal alami yang bisa menyebabkan aborsi.

Akan ada hukum yang mengatur gaji cuti karena merawat keluarga yang sakit

Mungkin kemenangan Trump tidak sepenuhnya buruk.

AS merupakan satu-satunya negara maju yang tidak membayar gaji karyawan yang cuti akibat ada anggota keluarga yang sakit dan faktanya, baik Clinton dan Trump ingin mengubah kondisi ini.

"Karena perawatan anak merupakan hal penting dan banyak hal lain, saya pikir Hillary dan saya setuju mengenai kepurusan ini," kata Trump. "Kita mungkin sedikit tidak setuju mengenai angka dan jumlah yang akan kita berikan, tetapi kita akan membicarakan mengenai hal ini nanti."

Trump ingin memberikan garansi gaji enam minggu untuk ibu yang baru melahirkan, yang biasa tidak mendapat gaji saat cuti melahirkan. Trump akan membayar dengan sejumlah uang tertentu yang, tentu saja, lebih kecil dari gaji penuhnya.

Meskipun demikian, beliau belum merencanakan bagaimana cara menyelesaikan masalah ini dan ahli mengatakan bahwa keputusan ini bisa menyakiti wanita karena dapat membentuk presumsi tertentu, seperti wanita merupakan seorang pengasuh; yang kemudian membuat mereka bekerja di rumah dan pria bekerja di kantor dan membentuk budaya era "bekerja hanya untuk para pria". MIMS

Bacaan lain:
Pasien anoreksia diizinkan mati kelaparan di Amerika
Tenaga kesehatan: Membuat kesalahan dan mencari masukan
4 sumber informasi obat dan farmakologi yang wajib dimiliki
Sensor gerakan untuk meningkatkan kualitas home care pada lansia Singapura dalam penelitian skala pilot


Sumber:
http://nymag.com/thecut/2016/09/donald-trumps-new-anti-abortion-letter-should-terrify-you.html
http://www.businessinsider.my/donald-trump-abortion-womens-health-platforms-positions-2016-11/?r=US&IR=T#0L1XgGpIWItuzJ0U.97
https://www.statnews.com/2016/11/10/trump-women-abortion/
http://www.huffingtonpost.com/entry/mike-pence-reproductive-rights-abortion_us_5787cc73e4b0867123e036a1
http://arstechnica.com/science/2016/11/trump-win-sparks-surge-in-obamacare-signups-rush-on-contraception/
http://www.nydailynews.com/news/national/people-donating-planned-parenthood-mike-pence-article-1.2872920
http://www.latimes.com/entertainment/tv/showtracker/la-et-st-donald-trump-60-minutes-20161114-story.html
https://www.reproductiverights.org/project/targeted-regulation-of-abortion-providers-trap
http://www.nytimes.com/2016/03/06/opinion/sunday/the-return-of-the-diy-abortion.html?_r=0
https://en.wikipedia.org/wiki/Roe_v._Wade
https://www.yahoo.com/beauty/what-will-a-trump-administration-mean-for-womens-health-215258209.html
http://time.com/4570075/donald-trump-paid-family-leave/
http://www.motherjones.com/politics/2016/07/trumps-vp-pick-passed-law-requiring-funerals-aborted-fetuses