Otoritas ilmu pengetahuan kesehatan (HSA) di Singapura menyarankan publik untuk berhenti mengonsumsi produk penurun berat badan yang disebut Nutriline Bluvelle pada 14 Juni.

Produk ini dijual sebagai suplemen kesehatan untuk menguruskan dan dikatakan mengandung bahan alam yang "aman dan bebas efek samping" tetapi diketahui mengandung senyawa yang dilarang, sibutramine.

Pengujian dilakukan setelah seorang wanita berusia 20 tahun melaporkan mengalami "kecepatan detak jantung, gelisah, menurunnya nafsu makan drastis, pusing dan letargi" setelah mengonsumsi produk tersebut.

"Gejala tersebut merupakan reaksi simpang yang berhubungan dengan penggunaan senyawa dilarang, sibutramine," kata HSA.

Produk tersedia di banyak media online

Wanita ini membeli produk dari sebuah toko online di Malaysia, tetapi penyelidikan menemukan bahwa produk ini juga banyak dijual di beragam platform, baik di dalam, maupun luar negeri.

HSA kemudian menyelidiki penjualan lokal produk ini dan menyarankan toko untuk berhenti menjual produk.

HSA mengatakan bahwa ia sudah mendapatkan laporan banyak konsumen mengalami halusinasi atau mendengar suara, palpitasi dan sesak napas setelah mengonsumsi produk penurun berat badan secara online, dan memperingati publik agar waspada saat membeli produk.

Banyak produk yang diuji mengandung sibutramine, meskipun dipasarkan dengan klaim hanya mengandung bahan alami.

"Kandungan sibutramine dalam beberapa produk ini ditemukan sebesar delapan kali di atas dosis maksimum sarbutamine. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius ke konsumen," katanya.

HSA memperingati konsumen agar waspada pada produk yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat

Sibutramine yang sebelumnya tersedia sebagai obat resep penurun berat badan, sudah ditarik dari Singapura sejak tahun 2010 karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Efek serius lain termasuk tekanan darah tinggi, detak jantung tidak beraturan, halusinasi, dan perubahan suasana hati yang cepat.

HSA menyarankan publik untuk segera berhenti menggunakan Nutriline Bluvelle dan melakukan konsultasi ke dokter jika merasa tidak enak badan atau bermasalah dengan kesehatan mereka.

Mereka juga memperingati agar konsumen berhati-hati pada produk yang menjanjikan penurunan berat badan secara cepat dan ajaib, karena kebanyakan akan mengandung obat sintetik yang belum jelas tingkat potensinya atau bahan yang dilarang, meskipun dijual dengan sebutan produk "alami".

Orang-orang yang terbukti menjual produk kesehatan secara ilegal bisa dipenjara hingga tiga tahun dan/atau didenda SGD100.000. MIMS

Bacaan lain:
Dilarangnya krantom menghambat penemuan painkiller baru
Kopi yang mengandung daun-daunan pemicu libido ditarik di Amerika
FDA mengambil tindakan melawan perusahan yang mempromosikan obat dengan klaim palsu penyembuh kanker

Sumber:
http://www.channelnewsasia.com/news/singapore/hsa-warns-against-weight-loss-product-nutriline-bluvelle-8944346
http://www.straitstimes.com/singapore/weight-loss-product-nutriline-bluvelle-sold-online-contains-banned-substance-hsa 
http://www.todayonline.com/singapore/stop-consuming-weight-loss-product-nutriline-bluvelle-hsa
http://www.hsa.gov.sg/content/hsa/en/News_Events/Press_Releases/2017/nutrilinebluvellesibutramine.html