Seorang pasien di Idaho mengajukan tututan hukum terhadap dua dokter yang membuang ginjal sehatnya bukan ginjal yang bertumor.

Tahun lalu, Roland N. Smith yang berusia 83 tahun diizinkan pulang dari rumah sakit setelah operasi dimana dua orang dokter membuang ginjal kirinya bukan ginjal bertumor di sisi sebaliknya. Pasien melaporkan kejadian malpraktek ke Pengadilan Bonneville bulan lalu.

Ginjal kanan berkanker tidak tersentuh

Menurut tuntutan, ginjal kanan Smith memiliki tumor kanker besar yang sangat berbahaya jika tidak diterapi. Operasi ini, yang dilakukan di Rumah Sakit Mountain View pada 23 Agustus, merupakan prosedur yang langsung dan tidak darurat, namun menyelamatkan hidup" untuk mengeluarkan tumor, sehingga organ lain bisa terus berfungsi dan memperpanjang kehidupan Smith.

Kondisi Smith didiagnosis oleh dua ahli radiologi dan perawatnya - tiga diagnosis dengan "jelas dan tegas menyatakan bahwa tumor ada di ginjal kanan Smith."

Tuntutan pengadilan, yang mengimplikasikan sejumlah personel medis, termasuk Dr. Roger H. Tall dan Dr. David J. Chamberlain, bersama dengan Rumah Sakit Mountain View, mengatakan bahwa "dengan sangat lalai, Tall, Chamberlain dan Mountain View Group tidak membaca atau memahami catatan riwayat medis yang dengan jelas menyatakan bahwa tumor berkanker ada di ginjal kanan Smith."

"Namun, tanpa mengikuti standar medis, kelompok ini membuang ginjal kiri Smith yang sehat dan tidak berkanker, sehingga ginjal kanan berkanker dan berbahaya tidak tersentuh sama sekali," menurut tuntutan.

Kesalahan pada laporan kondisi pasien

Mereka juga mengatakan bahwa Tall dan Chamberlain melaporkan laporan palsu dengan menyatakan bahwa mereka sudah mengkaji dokumen sebelum operasi.

Catatan pengadilan menunjukkan bahwa laporan medis Smith, dan juga surat rujukan pertama ke Tall dan Chamberlain bertanggal 26 Juli sudah menunjukkan bahwa ginjal kanan Smith yang mengandung kanker.

Meskipun demikian, pada titik tertentu, mereka melaporkan ada kesalahan pada catatan medis Smith. Hasil tes medis pertama diganti pada 12 Juli oleh ahli radiologi Dr. David Warden. Kemudian kesalahan pelaporan kedua dibuat pada 27 Juli oleh Tall.

Smith kemudian masuk ke Rumah Sakit Mountain View untuk "tumor ginjal kiri". Meskipun catatan Chamberlain sudah menyatakan bahwa ia "meminta catatan riwayat pasien yang lama dan mengkaji catatan yang lama", namun tidak ada dokter yang menyadari adanya kesalahan pelaporan.

Pernyataan ini juga menggaris bawahi bahwa tumor seukuran bola kasti pasti bisa dilihat dengan mata di organ kanan saat pemeriksaan. Pengacara Smith mengatakan bahwa "tidak satupun dokter bedah yang melakukan pemeriksaan atau mengevaluasi hal ini untuk memverifikasi diagnosis".

Tuntutan menuduh Warden tidak memeriksa X-ray dan juga menuduh Rumah Sakit Mountain View tidak mengikuti protokol sesuai yang bisa mencegah terjadinya malpraktek.

Dokter diduga membuat laporan palsu

Menurut dokumen pengadilan, ginjal yang dibuang kemudian dikirim ke departemen patologi, yang di hari esoknya menginformasikan kepada Tall dan Chamerlain bahwa ginjal tersebut merupakan organ yang sehat dan "sangat normal". Namun, pada 7 September, Tall menandatangani laporan operasi Smith dan mencatat, "Smith merupakan seorang pria berusia 83 tahun dengan massa sistik di ginjal kiri.

Tuntutan mempertanyakan laporan ini. Di satu sisi, laporan ini menyatakan bahwa Tall menyebut ada lubang yang muncul akibat tumor dan bahwa kolon sudah mengalami retraksi untuk mengisi lubang tersebut, tetapi itu "bukan masalahnya", karena tumor memang ada di sebelah kanan.

Korban juga mengeluhkan dengan menyatakan bahwa "Dr Chamberlain menandatangani laporannya pada 30 Agustus, satu minggu setelah mengetahui bahwa mereka sudah membuang ginjal yang salah. Tetapi ia tidak mengubah laporannya, (dan) dengan Dr. Tall, melakukan operasi yang salah.

Smith diizinkan pulang dengan tumor kanker masih ada dalam tubuhnya.

Pengacara Smith akan membuktikan bahwa Tall dan Chamberlain sudah menyebabkan kesakitan fisik dan emosi, dan juga kehilangan kebahagiaan hidup karena kerusakan permanen yang dialami Smith.

Ginjal sehat dibuang dari pasien yang salah

Kejadian lain terjadi tahun lalu di rumah sakit di Massachusetts dimana dokter bedah salah membuang ginjal dari pasien yang salah. Hal ini terjadi ketika ada dua pasien dengan nama yang sama melakukan scan Computerized Tomography (CT) di rumah sakit berbeda pada hari yang sama.

Satu scan menunjukkan ada tumor besar di ginjalnya yang dijadwalkan akan dibuang. Namun, kurangnya prosedur identifikasi pasien oleh pegawai rumah sakit menyebabkan ginjal sehat yang dibuang dari pasien pada 20 Juli silam. MIMS

Bacaan lain:
Operasi robot pertama untuk membuang penyebaran kanker ginjal di jantung
Penelitian terbaru menunjukkan ada hubungan antara antibiotik dan polip kolon
5 kasus tumor dengan efek perubahan fisik drastis
Apakah kanker muncul karena "nasib buruk"?


Sumber:
https://www.ksl.com/?sid=43936355&nid=1418
http://www.dailymail.co.uk/news/article-3839634/Massachusetts-hospital-removed-kidney-WRONG-patient-person-supposed-operation.html