Digugat untuk kasus malpraktek serius oleh pasien merupakan pengalaman yang paling sulit dihadapi di karir keperawatan. Saat hal ini terjadi, perawat hanya bisa bergantung pada asuransi malpraktek untuk dukungan.

Mayoritas perawat merasa tidak memerlukan asuransi malpraktek. Meskiun demikian, sebenarnya asuransi bisa berguna saat terjadi hal yang tidak terduga dalam karir mereka. Untuk membantu mengenal asuransi malpraktek, berikut beberapa tahap sederhana yang bisa Anda ambil.

Pilih asuransi karir

Anda Pertama, perawat harus mencari tahu penyedia asuransi karir yang ada.

Saat sudah menentukan asuransi, sejumlah daftar kebijakan akan dikirimkan. Tergantung pada profil perawat dan cakupannya, biayanya bisa sangat bervariasi.

Jenis kebijakan asuransi

Kebijakan yang paling umum adalah kebijakan yang dibentuk dari klaim dan dari kejadian.

Jenis asuransi ini tidak melindungi kecuali perawat membayar "tail coverage", yang meliputi klaim selama kebijakan dan insiden terjadi selama periode kebijakan. Berbeda dari kebijakan yang dibuat dari klaim, kebijakan yang dibuat dari kejadian merupakan sistem asuransi perlindungan seumur hidup untuk semua insiden yang terjadi selama periode kebijakan tidak peduli kapan klaim tersebut dibuat.

Ini berarti perawat akan dilindungi untuk klaim yang dibuat meskipun ia sudah tidak memiliki asuransi dengan penyedia. Selama insiden ini terjadi selama perawat masih memiliki asuransi, perawat bisa mengklaim.

Setelah membaca syarat dan ketentuan, perawat sekarang akan siap memenuhi aplikasi online untuk mendapatkan asuransi malpraktek. Saat penyedia menerima aplikasi, proses persetujuan kemudian akan membutuhkan waktu satu minggu.

Tips berguna bagi perawat untuk menjamin asuransi malpraktek

1. Mulai sesegera mungkin

Tidak ada yang bisa memprediksi saat malpraktek serius terjadi. Dengan demikian, perawat disarankan untuk memiliki asuransi malpraktek sesegera mungkin. Bagi mahasiswa keperawatan, asuransi harus diperoleh secepat mungkin karena penyedia asuransi seringkali menyediakan potongan harga khusus untuk mahasiswa.

2. Jangan bergantung pada asuransi malpraktek tempat bekerja

Perawat yang memiliki pekerjaan seringkali diberikan asuransi dari tempat bekerja. Meskipun tampak menjanjikan, namun beberapa perusahaan kecil hanya akan menyediakan asuransi kecil untuk pekerja karena mereka lebih mengutamakan kesejahteraan perusahaan daripada karyawannya.

3. Jangan mendaftar sebelum membaca syarat dan ketentuannya

Periksalah penawaran yang ada secara hati-hati dan semua biaya tahunan yang harus dibayar. Disarankan untuk mendapatkan daftar syarat dan ketentuan dari beberapa penyedia asuransi berbeda untuk membandingkan kebijakan yang paling cocok dengan kebutuhan dan penghasilan Anda.

Perawat harus mau meluangkan waktu untuk memilih penyedia asuransi untuk menemukan asuransi yang paling baik dan cocok. Perawat juga bisa bergabung dengan forum perawat online untuk mencari saran dan rekomendasi lain. MIMS

Bacaan lain:
Tips berjaga malam untuk perawat
"Hanya seorang perawat": Catatan hati dunia keperawatan yang sering tidak dihargai
4 alternatif karir, pilihan untuk seorang perawat

Sumber:
http://allnurses.com/general-nursing-discussion/should-i-carry-391596.html
http://www.nso.com/
http://www.hpso.com/
https://www.cmfgroup.com/
http://www.mpi-jlt.com.my/about/the-mpi-scheme
http://www.aig.com.sg/business/business-products-and-services/financial-lines/professional-indemnity#pr_cr_inpagetitle_1
https://www.nursebuff.com/malpractice-insurance-for-nurses/