Turunkan berat badan Anda dan selamatkan otak dari penuaan. Peneliti dari Universitas Cambridge menemukan bahwa jika Anda memiliki berat badan berlebih, otak Anda akan menjadi "10 tahun lebih tua" daripada jika Anda ramping.

Otak kita mengecil seiring bertambahnya usia

Otak kita secara alami akan kehilangan ganglia dasar dan mengecil seiring bertambahnya usia, tetapi tim peneliti menemukan bahwa ukurannya semakin berkurang seiring dengan bertambahnya berat badan, khususnya pada pasien dengan IMT di atas 25.

Penelitian ini telah mengecek 473 pasien yang berusia 20 dan 87 tahun yang sehat secara kognitif, dengan rata-rata usia 54 tahun dan rata-rata IMT 26 kg/m2. Yang menarik, peneliti menemukan bahwa otak orang penderita overweight memiliki ganglia dasar lebh kecil daripada individu lain.

Orang berusia paruh-baya lebih rentan

Menariknya, data menunjukkan ada penurunan jumlah ganglia dasar pada orang yang overweight dan berusia paruh-baya (atau sekitar 40 tahun), daripada di usia selanjutnya. Ini memunculkan kemungkinan periode kerentanan pada usia ini.

Penelitian masih berjalan untuk mengecek kembali kondisi otak mereka ketika mereka berusia lebih tua dan mengalami gangguan mental. Peneliti berharap bisa menemukan perbedaan fungsi kognitif pasien.

Peneliti, yang mempublikasikan penemuan mereka dalam Neurobiology of Aging, juga menyatakan perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efeknya ke demensia. Sehingga, penelitian bisa menjelaskan apa efek obesitas ke otak dan bagaimana otak berinteraksi dengan obesitas.

Meskipun bisa dicegah, obesitas merupakan satu masalah yang paling banyak terjadi di seluruh dunia. Obesitas bukan hanya masalah serius, tetapi jika tidak ditangani dengan baik juga bisa memunculkan penyakit lain. Selain itu, banyak negara sekarang sedang menghadapi populasi lansia dan meneliti interaksi dua faktor dan konsekuensinya akan membuat satu perubahan besar dalam kehidupan manusia.

Apakah menurunkan berat badan akan mengembalikan menormalkannya?

Seseorang mungkin bertanya-tanya, jika obesitas bisa mempercepat penuaan, apakah prosesnya bisa dikembalikan dengan menurunkan berat badan? Sebagian dari kita mungkin mengeluhkan penurunan fungsi tubuh seiring dengan bertambahnya usia. Namun yang lain, mereka mulai menemukan pasifnya hidup ketika mereka berusia 30 atau 40-an.

Sebagai seorang tenaga kesehatan, penting untuk mengedukasi pasien mengenai pentingnya mencapai dan menjaga IMT ideal mereka, khususnya ketika berat badan mereka berlebih. Peneliti mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyimpulkan hasil penelitian mereka, maka cara terbaik untuk menjaga otak tetap sehat adalah dengan hidup sehat, khususnya ketika sudah hampir berusia lanjut. MIMS

Bacaan lain:
Mengapa dokter harus terus belajar?
Meditasi sebagai terapi untuk pasien
Ketika placebo bukan lagi placebo
Cara menghindari kesalahan meracik obat


Sumber:
http://www.cam.ac.uk/research/news/brains-of-overweight-people-ten-years-older-than-lean-counterparts-at-middle-age