Di tahun 2012, Perancis merupakan salah satu negara yang memperkenalkan pajak gula tertarget pada minuman ringan. Beberapa tahun kemudian, Meksiko juga menggunakan metode serupa di tingkat nasional, dengan harapan menurunkan jumlah konsumsi gula. Pada November 2014, Berkeley, California, mengimplementasikan pajak kota pada soda. Sekarang ini sudah ada Denmark, Norwegia, Afrika Selatan, serta enam negara lainnya yang sudah mengimplementasikan pajak gula. Baru-baru ini, Inggris juga mengumumkan bahwa negara ini akan menggunakan pajak gula terhitung dari tahun 2018.1

Teori keberhasilan pajak gula diambil dari pajak tembakau - Namun, pajak tembakau diberlakukan untuk fokusnya ke permasalahan kanker, sedangkan fokus dari pajak gula adalah ke diabetes dan obesitas. Di Inggris, pajak gula diambil dari pabrik industri menurut kandungan gula dalam minumannya, diestimasikan akan menghasilkan sekitar S$1 milliar, dan biaya ini akan digunakan untuk mengatasi obesitas pada anak. Tren pajak gula ini sedang banyak diberlakukan baik di negara berkembang dan negara maju karena masalah konsumsi gula berlebihan.

Konsumsi gula juga merupakan masalah di Singapura, dengan 1,7 juta warga Singapura memiliki IMT di atas 23 pada tahun 2014. Obesitas pada siswa sekolah dasar semakin meningkat dari 11% di tahun 2013 menjadi 12% di tahun yang sama, menurut Menteri Pendidikan.2 Beberapa mengatakan bahwa dengan membatasi penggunaan gula, kode warna gula pada kemasan makanan, dan menaikkan pajak makanan tidak sehat, bisa menurunkan konsumsi gula atau lemak yang berlebihan.

Pendekatan multidisipliner harus bisa mengatasi masalah obesitas

Ahli kesehatan mencatat bahwa mengatasi obesitas dan diabetes dibutuhkan pendekatan multidisipliner. Mengadakan pajak guna, dan makanan tinggi kandungan lemak bisa memengaruhi warga negara Singapura yang berpendapatan rendah, yang lebih banyak membeli makanan kalengan. Kritik juga mengatakan bahwa pajak tidak cukup efektif. Panduan jelas pajak juga harus dibentuk sebelum diputuskan untuk diimplementasikan, karena pngguna gula seperti produksi soda bisa mengubah penggunaan gulanya menjadi yang lebih tidak berbahaya.

Hanya orang berpendidikan yang memahami label atau kode warna kemasan makanan. Maka dari itu, dibutuhkan edukasi. Untuk mengubah pola makan, edukasi dan pemberian informasi harus disuguhkan ke mata publik. Dibutuhkan kalibrasi yang hati-hati untuk semua pengukuran kerja. Pada tahap primitif, terlalu awal untuk menghakimi apakah pajak gula bisa efektif atau tidak saat diterapkan di Singapura.

Peran apoteker dalam membasmi diabetes

Di tahun 2013, NTUC Unity Healthcare Co-operative Limited dan NUS Department of Pharmacy mengeluarkan program manajemen diabetes yang dikenal sebagai Sweet Spot, dimana apoteker komunitas membantu pasien diabetes mengakses sistem kesehatan untuk menangani kondisi mereka, memberikan penanganan medis di apotek dekat rumah pasien. Evaluasi program selama enam bulan menemukan lebih dari 75% pasien yang mengikuti program Sweet Spot bisa menurunkan nilai gula darah mereka.3

Menteri Kesehatan Gan Kim Yong mencatat bahwa apoteker bisa menjadi 'pemicu hidup sehat dan pencegahan penyakit', karena pada dasarnya apoteker merupakan ahli di bidang obat-obatan.4 Apoteker bisa langsung bertemu dengan komunitas, mengedukasi pasien, dan membantu mereka mengatasi kondisi mereka. Karena semakin banyak orang menderita penyakit kronis, apoteker bisa bekerja dengan tenaga kesehatan lain untuk membantu orang-orang ini mengatasi kondisi mereka dan mencapai outcome pasien yang lebih baik. Semua orang memiliki peran sendiri dalam masalah obesitas dan diabetes, dan apoteker harus menjadi pencetus perubahan mereka dalam sektor kesehatan lokal. MIMS

Bacaan lain:
"Pankreas buatan" pertama didunia disetujui penggunaannya untuk terapi diabetes tipe 1
Peran perawat pada manajemen kaki penderita diabetes
Orang overweight memiliki otak "10 tahun lebih tua" daripada orang normal


Sumber:
1. Will a sugar tax work in Singapore? Chan Luo Er, Channel News Asia. 17 March 2016. Available at: http://www.channelnewsasia.com/news/singapore/will-a-sugar-tax-work-in/2612888.html. Last accessed on 20 November 2016. 
2. Rising obesity among young set to worsen diabetes rate in Singapore. Salma Khalik. 22 February 2016. Available at: http://www.straitstimes.com/singapore/health/rising-obesity-among-young-set-to-worsen-diabetes-rate. Last accessed on 20 November 2016.
3. Unity’s Sweet Spot Programme helps diabetics. Nicolette Yao. 8 November 2013. Available at: http://www.unity.com.sg/news/pdf/NTUC-This-Week-2013-Nov-8.pdf4. Pharmacists to play bigger role in patient care: Health Minister Gan Kim Yong. Salam Khalik. 6 May 2015. Available at: http://www.straitstimes.com/singapore/health/pharmacists-to-play-bigger-role-in-patient-care-health-minister-gan-kim-yong