Kanker paru dan infark miokardial (IM) merupakan kondisi yang banyak ditemui dalam praktek klinis. Kedua kondisi ini ditimbulkan oleh faktor gaya hidup, diantaranya seperti pola makan tidak seimbang, merokok, tekanan darah tinggi dan polusi lingkungan.

Penemuan obat, Canakinumab, yang bukan hanya menurunkan risiko serangan jantung – tetapi juga menurunkan risiko kanker paru – merupakan hal yang menggembirakan.

Bagaimana obat bekerja

Selama beberapa tahun, fokus utama mencegah serangan jantung hanya berupa menurunkan kadar kolesterol darah. Obat baru ini memiliki mekanisme aksi dengan mencegah perubahan inflamasi. Inflamasi merupakan tahap penting pembentukan kista ateroma, yang kemudian menjadi penyebab infark miokardial.

Obat ini bekerja dengan menghambat aksi mediator inflamasi penting, interleukin-1, yang memicu remodelisasi sel endotel vaskular perusak – menstimulasi reagen inflamasi lain. Canakinumab juga menurunkan protein C-reaktif, yang merupakan indikator poten inflamasi.

Inflamasi juga merupakan target penting karena individu yang menderita infark miokardial rentan mengalami serangan jantung lain. Inflamasi dalam arteri merupakan penyebabkan, 50% kekambuhan kasus.

Mencegah serangan jantung, kanker paru, artritis dan gout

Penelitian ini dibiayai oleh Novartis dan dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine dan The Lancet. Proyek selama empat tahun ini memeriksa 10.000 pasien penderita serangan jantung.

Keunggulan obat ini terdapat dalam fakta bahwa obat ini memiliki efek pencegahan melawan beberapa kondisi medis serius seperti artritis. Artritis terjadi karena inflamasi kronis dalam sendi, dan obat ini bisa mengembalikan perubahan inflamasi penting pemicu degenerasi sendi.

Untuk kanker, obat ini ditunjukkan bisa menurunkan setengah risiko. Selain diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah penurunan risiko penyakit ini merupakan efek samping obat, atau ada mekanisme penyebab obat menghasilkan efek demikian.

Dr Paul Ridker, seorang kepala penyidik dari Brigham and Women's Hospital, menunjukkan bahwa obat ini bisa menurunkan risiko serangan jantung hingga sekitar 15%. Dosis terendah obat berhasil menurunkan penyebaran kanker paru "hingga 26%". Dosis tertinggi banyak dihubungkan dengan penurunan mengejutkan hingga 67% pada kanker paru.

Obat ini diberikan dalam sediaan injeksi, sekitar empat kali dalam setahun, yang cukup masuk akal untuk obat dengan efikasi tinggi. Dr Ridker mengomentari mengenai bagaimana menargetkan inflamasi lebih berguna karena hiperkolesterolaemia tidak terjadi pada sekitar 50% pasien serangan jantung: "Untuk pertama kalinya, kita bisa mengetahui bahwa penurun inflamasi disebabkan kolesterol juga bisa menurunkan risiko masalah kardiovaskular," ungkapnya.

Tantangan dari obat ajaib anti-inflamasi

Meskipun demikian, Canakinumab ditunjukkan bisa meningkatkan risiko infeksi pengancam jiwa pada pasien, dengan rasio sekitar 1 pasien dalam setiap 1.000 pasien pengguna. Pasien diabetes dan geriatrik cenderung akan mengalaminya. Ada juga efek samping parah obat ini dan kemungkinan akan muncul jika digunakan pada dosis tinggi untuk mencegah penyebaran tumor.

Tantangan terbesar obat ini adalah fakta harga obat yang mahal, atau dibutuhkan sekitar GBP40.000 (sekitar Rp 695.818.000,00) per tahun untuk pengobatan satu pasien. Harga ini sangat jauh jika dibandingkan dengan harga statin, yang hanya seharga GBP20 (Rp 347.882,31); dan sudah sejak lama terbukti memberikan efek pencegahan. Apakah harganya terlalu tinggi untuk manfaat demikian atau sebaliknya, hanya penelitian lebih lanjut yang bisa menjawabnya. MIMS

Bacaan lain:
Update terbaru panduan NICE: Statin untuk semua pasien gagal ginjal kronis
Ekspektasi negatif menyebabkan efek samping statin, kata penelitian
Harapan untuk pasien kanker paru: Terapi baru 40% lebih efektif daripada kemoterapi

Sumber:
http://circ.ahajournals.org/content/128/17/1910 
https://www.cnbc.com/2017/08/27/a-first-drug-lowers-heart-risks-by-curbing-inflammation.html 
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/08/27/new-wonder-drug-hailed-biggest-breakthrough-fight-against-heart/ 
https://www.statnews.com/2017/08/27/novartis-inflammation-lung-cancer/ 
https://www.forbes.com/sites/matthewherper/2017/08/27/a-new-way-to-prevent-heart-attacks-and-maybe-cancer-too/#22c82f405cc8 
https://www.novartis.com/news/media-releases/novartis-announces-analysis-published-lancet-showing-acz885-reduced-lung-cancer