Perubahan iklim banyak mengubah pola cuaca di dunia. Dengan demikian, masyarakat disarankan untuk menyadari risiko kecelakaan akibat hujan dan penyakit menular.

Waspadalah akan kecelakaan akibat banjir dan penyakit yang disebabkannya seperti demam typhoid, kolera, leptospirosis, dan hepatitis.

Banyak dokter menyarankan agar masyarakat merebus air minum, mencuci tangan sebelum dan setelah mempersiapkan makanan, dan juga saat menggunakan kamar mandi.

Dokter juga menyarankan masyarakat agar tidak mandi dan bermain di air banjir. Penduduk di daerah rendah sebaiknya mulai memindahkan benda mereka ke tempat yang lebih tinggi atau ke tempat evakuasi yang tersedia.

Keluarga harus memiliki penyimpanan - seperti makanan, obat dan air yang cukup untuk konsumsi, senter dan baterai, radio, dan beberapa kebutuhan penting lainnya.

Untuk melawan penyakit, dokter menyarankan masyarakat untuk memiliki kebiasaan sanitasi yang baik. Banjir meningkatkan risiko transmisi penyakit menular.

Menurut World Health Organization (WHO), banjir meningkatkan transmisi penyakit menular melalui air dan vektor, seperti malaria, demam berdarah, dan demam kuning. Mayoritas risiko berasal dari kontaminasi air minum.

Leptospirosis bisa ditransmisikan dengan langsung bersentuhan dengan patogen melalui kulit dan membran mukus, tanah dan lumpur yang tercemar urin tikus.

Selain itu, luka terbuka membuat seseorang menjadi lebih lemah dan membuat mereka rentan terkena dermatitis, konjungtivitis, infeksi telinga, hidung, dan tenggorokan.

Risiko lain adalah meliputi tenggelam, cedera atau trauma. Imunisasi tetanus bisa juga diberikan setelah kejadian tersebut. Jika seseorang banyak menghabiskan waktu di daerah banjir, orang tersebut berisiko terkena hipotermia dan meningkatkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan. MIMS

Bacaan lain:
WHO ingin mengubah terapi Infeksi Menular Seksual (IMS) karena tingginya angka kejadian resistensi antibiotik
Daftar obat esensial WHO tahun 2017
Tiga kasus baru infeksi Zika muncul di Singapura

Sumber:
http://www.pia.gov.ph/news/articles/1221485324101
http://newsinfo.inquirer.net/866313/more-rain-seen-over-eastern-visayas-caraga
http://www.who.int/hac/techguidance/ems/flood_cds/en/