Menurut Ikatan Alergi dan Imunologi Malaysia, diperkirakan di tahun 2020, setengah populasi Malaysia akan menderita alergi. Alergi makanan merupakan manifestasi alergi paling banyak terjadi, khususnya pada anak-anak.

Di dunia, dalam survey yang dilakukan tahun 2013 oleh Organisasi Alergi Dunia, mayoritas negara yang disurvey menunjukkan adanya peningkatan kasus alergi makanan dan tidak ada negara yang dilaporkan mengalami menurunan selama 10 tahun terakhir.

Kasus serius alergi makanan bisa memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Seiring dengan semakin bertambahnya prevalensi alergi makanan, apoteker komunitas perlu ikut membantu mengatasi tantangan ini dan memainkan peran untuk menyelesaikannya.

Konsultasi alergi makanan dan saran untuk pasien Selain memberi resep obat untuk mengatasi reaksi alergi pasien, penting bagi apoteker komunitas untuk juga membantu pasien berusaha menyelesaikan masalah utamanya, melalui konsultasi.

Apoteker bisa membantu mengidentifikasi kasus dan faktor yang bisa menyebabkan alergi, mengkaji hal-hal yang bisa memicu atau memperburuk masalah, begitu juga dengan mendiskusikan perubahan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir gejala. Ini juga menjadi suatu kesempatan bagi seorang apoteker untuk menyelesaikan miskonsepsi dan mengedukasi pasien mengenai alergi makanan dan intoleransi makanan.

Produk bebas gluten

Apoteker komunitas harus menyadari kondisi pasien yang menderita Coeliac's disease dan memiliki reaksi simpang terhadap gluten, serta menyarankan mereka untuk mengonsumsi produk bebas gluten. Apotek bisa mempersiapkan suplai produk jenis ini - bukan hanya untuk komunitas lokal tetapi juga untuk wisatawan yang kesulitan mencari produk bebas gluten.

Dengan inisiatif ini, staf apotek harus kompeten dan bisa mengarahkan konsumen ke alternatif yang benar berdasarkan kondisi tubuh mereka.

Penelitian terbaru mengenai alergi makanan

Untuk mengedukasi pasien dan konsumen, penting bagi apoteker untuk terus memperbaharui ilmu mereka dengan rajin membaca jurnal penelitian, penelitian klinis, dan perbaruan produk yang berhubungan dengan alergi dan intoleransi makanan.

Sumber tersebut sangat berguna untuk apoteker komunitas. Selain itu, keikutsertaan dalam pertemuan saintifik, konferensi dan pelatihan mengenai alergi makanan bisa memperkuat apoteker komunitas dan meningkatkan kompetensi mereka untuk memberi terapi pasien alergi.

Kesadaran mengenai alergi makanan

Mendukung dan berpartisipasi dalam kampanye yang mempromosikan edukasi alergi dan kesadaran makanan merupakan cara terbaik untuk apoteker komunitas untuk mengadvokasi penyebabnya.

Apoteker komunitas bisa membagikan berbagai sumber bukan hanya untuk manfaat ke pasien yang menderita dari alergi makanan, tetapi juga komunitas secara umum. Hal ini bisa dilakukan dengan emngembangkan materi edukasional dan sumber mengenai alergi makanan dan membagikannya dalam website farmasi atau mendistribusikannya selama kegiatan komunitas. MIMS

Bacaan lain:
Seorang anak menjadi buta akibat reaksi simpang obat bebas
5 penyakit yang sangat langka
Seorang wanita alergi ke suaminya sendiri karena gangguan autoimun langka
Reaksi berlebihan ke alergi makanan pada anak bisa menyebabkan kesalahan diagnosis


Sumber:
http://www.allergymsai.org/article.php?aid=42 
http://www.worldallergy.org/UserFiles/file/WorldAllergyWeek2013final.pdf 
http://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2011/april2011/top-10-counseling-tips-for-allergies
http://www.allergymsai.org/article.php?aid=163