Sudah jelas dalam praktek tenaga kesehatan untuk menyarankan pasien menghabiskan resep antibiotik mereka. Bukan hanya untuk memastikan bahwa infeksi bisa sembuh total; tetapi juga mencegah perkembangan bakteri resisten.

Selain itu, perkembangan terbaru menunjukkan bahwa menghabiskan antibiotik yang diresepkan tidak selalu memberikan manfaat – untuk menurunkan resistensi mikroorganisme terhadap terapi.

Regimen antibiotik harus diubah

Menurut ahli kesehatan, sebagaimana dijelaskan dalam British Medical Journal (BMJ) – fakta bahwa menghabiskan antibiotik bisa mencegah resistensi antibiotik tidak didukung oleh bukti saintifik yang cukup.

Risiko antibiotik menjadi semakin tinggi saat asupan antibiotik lebih panjang dari tanggal rekomendasi dibandingkan dengan menghentikan penggunaan antibiotik lebih awal. Menghabiskan penggunaan antibiotik masih didukung oleh mereka yang berwenang atas kesehatan, seperti National Health Service (NHS) dan World Health Organisation (WHO).

Panduan yang dibuat oleh organisasi ini menyatakan bahwa penting untuk "menyelesaikan regimen" antibiotik untuk mencegah perkembangan penyakit berbahaya. Infeksi yang dikomplikasi oleh mikroorganisme meliputi infeksi tuberkulosis dan HIV, yang dikombinasi dengan tingginya angka mortalitas sebesar 700.000 per tahun, di dunia.

Pendekatan resep antibiotik tidak selalu cocok untuk semua kondisi pasien

Banyak penemuan ini bersumber dari penggunaan awal antibiotik; misalnya, Alexander Fleming, penemu penicillin untuk mengobati banyak infeksi yang disebabkan oleh Streptococci and Meningococci.

Pendekatan umum dari resep antibiotik berarti semua pasien disarankan untuk menggunakan antibiotik untuk durasi waktu yang spesifik. Meskipun hal ini bisa jadi berguna dalam berbagai kasus, namun pendekatan ini berasal dari fakta bahwa seseorang mungkin memberikan respon berbeda terhadap terapi, beberapa pasien mungkin sembuh lebih cepat dari yang lain.

Menggunakan antibiotik bahkan setelah pasien merasa lebih baik secara fisik dan menyadari adanya perbaikan gejala mungkin tidak terlalu berguna untuk mencegah resistensi antibiotik. Terutama dalam hal saat antibiotik diresepkan untuk penyakit yang tidak membutuhkan terapi antibiotik; mudahnya, infeksi virus yang bisa disembuhkan dengan istirahat cukup dan hidrasi.

Mungkin penting untuk mengikuti panduan penggunaan antibiotik

Sebuah argumen penting yang dipostulasikan oleh dokter-dokter adalah bahwa mengubah panduan regimen antibiotik hanya akan membuat pasien kebingungan. Hal ini bukan saja tergantung pada gejala fisik pasien. Bahkan jika pasien sudah merasa lebih baik secara fisik, namun melanjutkan terapi antibiotik penting untuk memastikan infeksi sudah sembuh total.

Professor Stokes-Lampard, kepala Royal College of GPs, mengomentari sulitnya setuju dengan penemuan baru ini dalam praktek klinis, dan kemudian menyatakan bahwa "kita tidak bisa mengubah pandangan yang sudah ada hanya dengan dukungan satu penelitian."

Meskipun demikian, dalam banyak kasus, kepatuhan tinggi terhadap resep regimen antibiotik itu sangat penting – misalnya saja pada bayi yang terinfeksi cytomegalovirus (CMV). Menggunakan antibiotik sebagaimana yang diresepkan tidak hanya penting untuk mencegah kekambuhan – tetapi juga menurunkan kemungkinan komplikasi dan transmisi infeksi dari individu lain.

Dr Sharon Meropol, dokter anak di Rumah Sakit Case Western Reserve menyatakan bahwa, "Untuk alasan ini, pasien harus mengikuti saran dokter mereka mengenai durasi terapi antibiotik."

Dalam analisis yang dipublikasi di BMJ, dijelaskan bahwa, "Saran 'habiskan' harus tetap ada, meskipun tidak didukung oleh bukti penelitian dan meskipun ada argumen sebelumnya yang menyatakan pernyataan tersebut harus digantikan."

Penting untuk melihat apakah bukti penelitian terbaru ini mengubah pola peresepan antibiotik dan saran dokter ke pasien mereka. MIMS

Bacaan lain:
Hubungan antibiotik dengan perubahan tingkah laku
Menghadapi krisis penggunaan obat
Semakin memburuknya kasus resistensi antibiotik di Indonesia

Sumber:
https://www.acs.org/content/acs/en/education/whatischemistry/landmarks/flemingpenicillin.html 
https://www.thesun.co.uk/living/4107112/doctors-warnings-that-a-course-of-antibiotics-must-be-completed-fuel-the-rise-of-deadly-superbugs/ 
http://www.independent.co.uk/news/health/antibiotic-courses-complete-bacterial-resistance-worse-medical-myth-scientists-doctors-pills-a7861351.html 
http://time.com/4875610/antibiotic-resistance-recommendations/ 
http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/doctors-say-patients-should-not-10875835 
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/07/26/gps-must-stop-telling-patients-finish-course-antibiotics-say/ 
https://www.scientificamerican.com/article/should-fighting-antibiotic-resistance-always-include-finishing-a-prescribed-medication/