Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab utama kematian jutaan orang di dunia, alasannya adalah karena ketidaksadaran masyarakat – tutur Kepala Ikatan Hipertensi Internasional (ISH), Dr Neil Poulter. Diestimasikan bahwa setiap tahun terdapat 9,4 juta kasus hipertensi di dunia.

Apa yang tidak disadari publik adalah, katanya, memiliki tekanan darah tinggi sebenarnya bisa jadi fatal. Banyak orang tidak sadar karena mereka tidak pernah mengukur tekanan darahnya. Tekanan darah tinggi memainkan peran seperti bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu.

Di Indonesia sendiri, tekanan darah tinggi menempati kursi kedua dalam faktor risiko penyebab kematian dan disabilitas terbanyak di tahun 2016, setelah pola makan.

Banyak yang tidak mengetahui nilai tekanan darahnya

Dalam penelitian yang dilakukan antara tahun 2003 dan 2009, ditemukan bahwa hanya 46,5 persen partisipan yang mengetahui bahwa tekanan darah mereka berada dalam kategori tinggi. Bahkan lebih buruknya lagi, hanya 41 persen yang mau menggunakan obat untuk kondisi mereka ini, dan bahkan hanya 13 persen partisipan yang mengontrol tekanan darahnya.

Dr Poulter mengatakan cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran mengenai hipertensi dan risiko penyakit lain yang mungkin timbul adalah dengan mengajak mereka melakukan pemeriksaan tekanan darah. ISH menyadari bahwa hampir 60 persen populasi tidak sadar tekanan darah mereka tergolong tinggi.

Untuk mencapai tujuan ini, ISH akan mengubah nama Hari Hipertensi Dunia yang diadakan setiap bulan Mei menjadi Mei Bulan Pengukuran, dimana mereka berharap bisa memeriksa tekanan darah 25 juta orang dewasa di 100 negara di dunia.

Rencananya dibentuk di 100 tempat dari 100 negara yang berpartisipasi, dan setiap tempat akan memeriksa 100 orang setiap hari hingga 25 hari. Dr Poulter mengatakan tujuan mereka adalah untuk mengidentifikasi dua juta orang penderita hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah mereka melalui intervensi sesuai dengan panduan yang ada.

Filipina, bersama dengan 75 negara lain, telah menyatakan berpartisipasi dalam kampanye ini. ISH mengatakan mereka berharap bisa memenuhi target 100 negara di bulan Maret akhir nanti.

Dr Poulter mengatakan angka mortalitas mungkin tampak rendah jika dibandingkan dengan populasi dunia, tetapi dengan memberi terapi untuk hipertensi, jumlahnya diharapkan akan menjadi jauh lebih rendah. Kuncinya adalah kesadaran.

Pentingnya pengukuran Tekanan Darah

Dan satu-satunya cara agar seseorang bisa menyadari ia menderita hipertensi adalah dengan mengajak mereka melakukan pengukuran tekanan darah. Hanya dibutuhkan waktu 5 menit untuk tes ini, tetapi tes ini penting pada semua orang dewasa karena gejalanya seringkali tidak tampak. Ketika sudah diketahui menderita hipertensi, penyakit ini pun bisa ditangani dengan lebih mudah.

Publik harus menyadari bahwa "TD merupakan faktor risiko paling berbahaya di dunia," kata ISH.

Hypertension is risk factor for many health problems
Hypertension is risk factor for many health problems


Target kelompok Bulan Pengukuran Mei adalah orang dewasa berusia 20 tahun ke atas, karena di sekitar usia ini tekanan darah seringkali berubah akibat kebiasaan dan gaya hidup. Tekanan darah biasa akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Kriteria lain adalah TD mereka belum pernah diukur sebelumnya atau terakhir dilakukan pengukuran adalah di bulan Aprial 2016.

Dr Poulter mengatakan ini bisa menjadi pemeriksaan publik terbesar yang pernah ada, tetapi poin kunci dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran untuk masalah kesehatan global yang seringkali tidak disadari masyarakat.

Ia mengatakan hipertensi merupakan "silent killer" tetapi setelah terdeteksi, ada obat yang bisa mengatasinya dan tenaga kesehatan bisa memberikan saran mengenai bagaimana cara menjaga dan mengontrolnya.

"Tujuan akhirnya adalah untuk mengedukasi publik, dan memberi kesempatan bagi tenaga kesehatan untuk menyampaikan pesan ini," tambah Dr Poulter.

Ia mengatakan bagian dari peran tenaga kesehatan adalah ikut serta dalam program pengukuran. "Penting bagi kita untuk bisa mencegahnya dan kondisi ini baru bisa dicapai jika populasi umum memahami hal ini."

Dengan mengukur tekanan darah seseorang, hipertensi bisa diatasi dan risiko kematian atau penyakit akibat tingginya TD bisa diturunkan. MIMS

Bacaan lain:
Kriteria baru nilai tekanan darah dalam panduan AHA – Apakah Anda berisiko hipertensi?
Penyakit jantung dan stroke lebih banyak menyerang orang-orang yang kesepian dan terisolasi
IMT tinggi berhubungan dengan masalah kardiovaskular – termasuk pada remaja!

Sumber:
http://www.healthdata.org/indonesia