Dunia medis sekarang sedang mengalami revolusi, ditandai dengan meningkatnya jumlah wanita di dalamnya. Sebelumnya, wanita tidak dapat memasuki dunia medis karena banyak halangan yang harus dihadapi. Banyak negara sekarang memberikan kesempatan yang sama dengan pria dan tidak ada diskriminasi antara dokter pria atau wanita. Wajah baru profesi medis sedang berubah; dokter, perawat dan dokter bedah wanita sekarang meningkat jumlahnya.

Orang-orang dalam profesi medis harus mulai beradaptasi dengan wajah baru ini. Praktek pengobatan tidak bisa hanya dilakukan oleh pria dan wanita harus berjuang untuk memastikan ini tidak terjadi dalam dunia medis. Terdapat banyak faktor berbeda mengapa jumlah wanita dalam dunia medis meningkat:

Perubahan cara berpikir

Kebanyakan wanita menganggap pengobatan merupakan ranah para pria. Tetapi sekarang, dengan adanya peningkatan standar edukasi, banyak wanita mulai memasuki sekolah medis. Mereka telah mengubah cara berpikir mereka dan ingin bekerja keras mencapai apa yang mereka inginkan. Wanita yang mengejar pengobatan tahu bahwa mereka harus bekerja keras karena secara alami mereka akan dibandingkan dengan rekan sejawat prianya.

Bekerja keras dan menerima dukungan

Wanita yang mengejar pengobatan merupakan wanita pekerja keras dan mencintai pekerjaan mereka. Meskipun mereka sangat terikat dengan pekerjaannya, mereka menikmati dan puas dengan apa yang mereka lakukan. Dokter wanita menerima banyak dukungan dan pujian pada pekerjaan mereka karena tidak semua wanita dapat melakukan apa yang mereka lakukan. Terkadang, dokter wanita juga perlu menanggung beban keluarga di rumah dan tidak mudah untuk sukses dalam keduanya. Hal ini memotivasi mereka untuk mendapat hasil yang lebih baik dan membantu menjaga sikap positif dalam diri mereka.

Sikap kompetitif dan berkurangnya bias

Wanita merupakan orang yang memiliki cita-cita tinggi dan fokus untuk sukses di bidang yang sedang ditekuni. Mereka melihat dunia medis sebagai dunia yang kompetitif tetapi hal tersebut hanya digunakan sebagai dorongan untuk bekerja lebih keras. Wanita di dunia medis sudah tidak mengalami bias konstan sebagaimana yang dulu mereka alami. Seperti ejekan siswa pria dengan sebutan “mendapat gelar tidak berguna: ketika mereka hanya pada akhirnya menetap di rumah. Pria menyadari kontribusi signifikan dokter wanita dalam profesinya dan mendukung mereka untuk memasuki dunia kerja yang keras. Ini mengarahkan peningkatan performa mereka. MIMS

Sumber:
AK Boulis Women Doctors and the Evolution of Health Care in America-2008-sited by 96
Success Secrets Of The World's Most Powerful Women - Forbes