Selama dua dekade terakhir, perbedaan ras dalam status kesehatan dan terapi medis sudah banyak dicatat dalam berbagai penelitian. Banyak peneliti telah mencatat bahwa hanya ada sedikit bukti penurunan signifikan perbedaan ras dalam perawatan medis.

Di Amerika Serikat, apapun terapinya, baik untuk asma, penyakit jantung, gangguan ginjal atau masalah mental, beberapa warga Amerika masih tidak mendapat terapi medis yang optimal atau mengikuti standar yang ada.

Selain itu, warga miskin serta kaum minoritas di Amerika Serikat menerima kualitas pelayanan yang lebih buruk dan sedikit dibandingkan dengan warga lain dari kelas ekonomi menengah dan berpendidikan. Hal ini terjadi karena status imigran, etnis atau ras, kemahiran berbahasa Inggris, kemiskinan, tingkat pendidikan atau daerah tinggal mereka (dari perkotaan atau pedesaan).

Penyebab rasisme di dunia kesehatan

Dalam analisis teoritis, diargumentasikan bahwa angka partisipasi penelitian medis dan perbedaan ras dalam pelayanan kesehatan berasal dari ideologi profesional dalam ideologi pengobatan dan rasisme institusional. Hal ini kemudian bisa menyebabkan ketidakseimbangan kekuatan antara kaum minoritas dan kaum elite profesional.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa penelitian empiris yang dilakukan untuk mengetahui tingkat rasisme dan pelatihan medis masih sangat sedikit.

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana budaya dalam dunia pengobatan, pelatihan mahasiswa magang dan ko-ass, dan organisasi serta pemberian pelayanan kesehatan memengaruhi terapi pasien sehingga menyebabkan perbedaan aksi terapeutik obat. Menurut hasil ini, tidak ada hubungan jelas antara budaya pelatihan, hierarki medis dan ideologi profesional yang menyebabkan pola perbedaan perawatan pasien.

Hasil ini membuat tim menyimpulkan bahwa hanya ada sedikit hubungan dan hal tersebut juga multidimensional, dan untuk mengidentifikasi penyebab perbedaan perawatan masih harus dilakukan observasi tambahan oleh institusi kesehatan untuk mengetahui perbedaan pelayanan kesehatan dan pelatihan.

Rasisme dalam sektor kesehatan di Amerika Serikat

Menurut laporan di tahun 2013, Kaum Hispanik dan kulit hitam jarang yang memiliki asuransi dibandingkan kaum berkulit hitam. Meskipun, banyak orang menggunakan Kegiatan Perawatan Terjangkau untuk mengatasi masalah ini, namun program tersebut tidak bisa mengatasi ketidak adilan ras di sistem kesehatan Amerika.

Instrumen primer ACA untuk mengatasi masalah kesehatan kaum kulit hitam dan Hispanik adalah dengan meluasnya cakupan Medicaid untuk orang-orang yang memiliki pendapatan kurang dari 138% tingkat kemiskinan. Meskipun demikian, Mahkamah Agung Amerika Serikat mengeluarkan pengaturan bahwa beberapa daerah bisa menolak program ini, dan 19 daerah di Amerika melakukannya.

Meskipun demikian, masalah utamanya adalah masalah akses kesehatan. Mudahnya, sistem penanganan kesehatan Medicaid di California pada tahun 2015 menimbulkan satu masalah mengenai kecukupan jaringan dokter untuk partisipan program di daerah tersebut.

Dalam tahun yang sama, penelitian telah menunjukkan bahwa daerah program Medicaid membatasi cakupan sufosbvir, obat yang kemungkinan bisa menyembuhkan penderita Hepatitis C - kondisi yang banyak diderita oleh kaum minoritas.

Tentu saja, seharusnya tidak ada diskriminasi dan marginalisasi dalam dunia kesehatan. ini saatnya untuk menyatukan warga dari latar belakang etnis berbeda yang banyak memengaruhi kesehatan banyak orang yang seharusnya dilindungi dan dilayani oleh tenaga kesehatan. MIMS

Bacaan lain:
5 poin penting BPJS yang perlu diketahui oleh tenaga kesehatan
Mengajarkan mahasiswa kedokteran tanpa kuliah
3 cara mendapat berita dan literatur terbaru untuk tenaga kesehatan
Apa yang perlu diketahui tenaga kesehatan mengenai pasien generasi milenial


Sumber:
https://www.americannursetoday.com/confronting-racism-in-health-care/
https://www.theguardian.com/commentisfree/2016/mar/14/racism-is-the-elephant-in-the-hospital-room-but-what-can-doctors-do
http://edition.cnn.com/2015/07/28/opinions/das-gaffney-racial-injustice-health-care/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK220349/
https://thinkprogress.org/why-racism-is-a-public-health-issue-b01056c63e44