Semua orang ingin pensiun dengan cukup tabungan sehingga mereka bisa terus melanjutkan hidup, bahkan setelah karir mereka berakhir. Banyak dokter khawatir akan masa pensiun. Selain karena terlambat memulai karir dan investasi pelatihan – dokter terlambat menabung dibandingkan orang-orang dalam bidang pekerjaan lain.

1. Harus direncanakan

Untuk memastikan situasi finansial tidak menurun setelah pensiun, dokter harus mulai membuat rencana pensiun di awal karir mereka. Cara idealnya adalah dengan mulai menyimpan 20% hingga 25% gaji mereka untuk biaya pensiun.

2. Sedikit digunakan, banyak disimpan

Aturan nomor satu untuk menabung untuk masa pensiun adalah jangan boros dengan uang Anda. Setelah wisuda, dokter mulai merasakan pendapatan tinggi; dan hasilnya, mereka mulai menghabiskan lebih banyak uang – untuk menikmati masa-masa setelah mengorbankan banyak uang untuk lulus dan masuk fakultas kedokteran.

3. Carilah yang berukuran kecil, tidak besar

Dokter memulai karir mereka dengan beban utang. Dengan demikian, lebih banyak pengeluaran akan memperlambat proses menangung untuk biaya pensiun mereka. Hal ini meliputi pilihan menyewa rumah, daripada membelinya hingga utang berhasil dibayar; atau mungkin membeli rumah yang lebih kecil. Mengontrol situasi finansial di awal karir mereka merupakan tahap awal untuk memastikan masa pensiun mereka bisa terurus dengan baik.

4. Buatlah perencanaan finansial

Cara terbaik adalah untuk membuat perencanaan finansial dengan memperhitungan manajemen utang yang sesuai dengan bayaran utang dan tabungan pensiun. Rencana manajemen utang yang terencana bisa membantu dokter menyelesaikan utang mereka dan meningkatkan simpanan pensiun mereka.

Meskipun utang mahasiswa dianggap sebagai investasi untuk kehidupan personal dokter, namun menabung untuk masa pensiun bisa juga dianggap sebagai investasi demi kehidupan mereka sendiri dan masa depan.

5. Rencana manajemen utang

Terkadang, tampak lebih baik untuk membayar utang terlebih dahulu dan fokus menabung untuk masa pensiun. Meskipun ide ini bisa dibuat untuk menyelesaikan beban yang ada, namun menabung untuk masa pensiun sama pentingnya dengan membayar utang.

6. Menggunakan jasa konsultan keuangan

Untuk mulai membayarkan utang, dokter perlu menggunakan jasa konsultan keuangan yang bisa memberikan rencana pembayaran utang yang ideal. Dengan cara ini, dokter bisa memperhatikan biaya utang dan simpanan masa pensiun. Cara terbaik adalah untuk mulai membayarkan utang segera seteah membayar utang berbunga tinggi.

7. Rencana gaya hidup di masa pensiun

Segera setelah dokter menyadari ia sudah di pertengahan karir mereka, dokter sebaiknya mulai mempertimbangkan gaya hidup apa yang ingin mereka lakukan setelah mereka pensiun dan seberapa besar uang yang ingin mereka simpan di tabungan mereka untuk gaya hidup tersebut.

Banyak dokter mungkin berpikir mereka tidak membutuhkan banyak uang untuk gaya hidup tertentu karena mereka tidak perlu mengatur pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan. Namun bukan ini masalahnya, karena cenderung akan ada pengeluaran lagi yang mungkin sangat dibutuhkan selama masa pensiun mereka.

8. Menabung secara agresif

Saat dokter menyadari ia sudah hampir pensiun, terkadang ada dokter yang mulai menabung secara agresif daripada membayar utang mereka. Di usia 60 tahun, dokter harus lebih fokus membayarkan utang kuliah mereka, bukan menghemat untuk pensiun. Dokter harus belajar biaya konversi bunga pegadaian rumah dan biaya yang dibutuhkan untuk membayar biaya pegadaian rumah mereka.

Saat pensiun datang...

Bagi seorang profesional yang bekerja tanpa henti dan terus sibuk selama karir mereka – masa pensiun mungkin tampak menakutkan bagi beberapa dokter, karena mereka merasa tidak ada yang bisa dikerjakan.

Cara terbaik adalah mulai merencanakan cara menghabiskan waktu mereka setelah pensiun. Untuk menghindari rasa bosan dan biaya medis tinggi, dokter dan pasangan harus fokus mengerjakan sesuatu untuk membuat mereka tetap sehat secara mental dan fisik. MIMS

Bacaan lain:

Kemajuan dunia kesehatan – Apakah profesi kedokteran akan punah?
Utang mahasiswa fakultas kedokteran bisa berkontribusi kepada kelelahan fisik
6 tips untuk mahasiswa kedokteran baru

Sumber:
http://www.physicianspractice.com/blog/physician-retirement-planning-basics
http://medicaleconomics.modernmedicine.com/medical-economics/news/how-physicians-can-prepare-retirement-different-career-stages-alf3