Satu dari 13 vitamin esensial, folat (atau vitamin B9), penting untuk pembentukan dan perbaikan molekul DNA. Folat bisa didapatkan dari pola makan atau suplemen, karena tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam folat, suplemen makanan sintetik, bisa ditemukan dalam makanan dan vitamin.

Asupan folat sangat penting saat hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan fetus dan mencegah abnormalitas. Selain itu, telah banyak diketahui melalui penelitian bahwa mengonsumsi asam folat selama waktu pembuahan bisa menurunkan risiko defek tabung saraf pada bayi.

Asupan dan sumber asam folat

Kebutuhan asam folat meningkat selama kehamilan karena perannya dalam sintesis asam nukleat. Meskipun demikian, bagi wanita hamil, asupan folat cukup bisa jadi sulit dilakukan hanya melalui makanan saja. Oleh karena itu, suplemen asam folat biasanya direkomendasikan untuk populasi ini.

Asam folat biasanya tersedia dalam bentuk multivitamin dan vitamin prenatal, dalam suplemen yang mengandung vitamin B-kompleks lain, begitu juga dengan suplemen tunggal.

Selain suplemen, asam folat juga banyak terkandung dalam produk sereal gandung, sereal dan makanan diperkaya lain. Suplemen dan sereal siap makan memiliki kandungan hingga 400 μg asam folat dalam bentuk pil atau per penyajian.

Manfaatnya pada kepintaran dan ketahanan emosi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ulster, Inggris, konsumsi asam folat saat hamil berguna untuk perkembangan psikologis anak.

Dalam penelitian tersebut, peneliti melakukan pemeriksaan kepribadian pada 39 anak. Dari partisipan tersebut, 22 ibu mengonsumsi suplemen selama kehamilan mereka, dan yang lain hanya mengonsumsinya selama tiga bulan pertama.

Berdasarkan hasil penelitian, anak-anak yang ibunya mengonsumsi suplemen selama kehamilan ditemukan memiliki kepintaran dan ketahanan emosi lebih baik daripada anak-anak dari ibu yang tidak mengonsumsi suplemen asam folat.

Selain itu, kadar asam folat dalam darah ibu di akhir kehamilan merupakan prediktor kepintaran dan ketahanan emosi yang baik. Penemuan ini sangat signifikan karena menunjukkan manfaat dari asam folat jika dikonsumsi selama masa kehamilan, daripada hanya sebelum hamil hingga tiga bulan pertama.

Menurunkan risiko autisme

Wanita yang mengonsumsi suplemen asam folat mulai dari empat minggu sebelum pembuahan hingga delapan minggu kehamilan memiliki 40% penurunan risiko melahirkan anak-anak autisme.

Menurut penulis utama Dr. Pål Surén, peneliti di Kesehatan Masyarakat Institut Norwegia - diketahui bahwa penurunan risiko autisme pada anak hanya merefleksikan suplemen asam folat. Tidak ditemukan adanya hubungan antara autisme pada anak-anak dan asupan suplemen lain selama kehamilan. Selain itu, tidak ada hubungan dengan asupan folat maternal melalui makanan.

Penemuan ini konsisten dengan hasil penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti di Universitas California Davis MIND Institut. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi jumlah asam folat sesuai dengan rekomendasi setiap hari selama bulan pertama kehamilan mengalami penurunan risiko melahirkan anak gangguan spektrum autisme.

Secara keseluruhan, penemuan dari penelitian di atas menggaris bawahi pentingnya mengonsumsi asam folat untuk menghindari defek kelahiran serius, tetapi mungkin tidak mengetahui pengaruh perkembangan psikologis anak mereka. Dengan demikian, saran dari dokter mengenai pentingnya mengonsumsi asam folat pada dosis rekomendasi selama kehamilan terbukti sangat berguna. MIMS

Bacaan lain:
Ekspektasi negatif menyebabkan efek samping statin, kata penelitian
Hubungan antibiotik dengan perubahan tingkah laku
3 terobosan baru dalam penelitian mengenai kanker


Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3218540/ 
https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3257747/ 
http://beta.bps.org.uk/news-and-policy/children%E2%80%99s-emotional-intelligence-improved-if-mums-take-folic-acid-supplements 
https://www.sciencedaily.com/releases/2013/02/130212172209.htm 
http://www.ucdmc.ucdavis.edu/publish/news/newsroom/6677