Apoteker memiliki peran penting dalam pembangunan suatu negeri terutama dalam bidang kesehatan. Maraknya kasus vaksin palsu, obat palsu, serta obat kedaluwarsa di tahun 2016 lalu menunjukkan belum baiknya penjaminan perbekalan farmasi yang beredar di Indonesia.

Dengan banyaknya cakupan pekerjaan kefarmasian, diperlukan adanya integrasi untuk menjamin peredaran sediaan farmasi yang aman, bermutu, dan berkhasiat baik dari segi regulasi, produksi, maupun pelayanan kefarmasian yang diberikan kepada masyarakat. Oleh karena itu, apoteker harus memperdalam wawasan dan mengasah keterampilannya, mulai dari proses pengadaan dan produksi sediaan farmasi hingga pemberian informasi mengenai sediaan farmasi kepada pasien dan masyarakat.

Selain itu, peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi juga dapat meningkatkan kredibilitas apoteker sehingga dapat meningkatkan peran apoteker dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk membangun negeri.

Pharmaceutical Seminar Universitas Indonesia

Atau yang lebih dikenal “Phase UI” merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Program Studi Apoteker Universitas Indonesia. Saat ini, Phase 84 UI kembali hadir dengan mengangkat tema “Integrasi Kompetensi Farmasi untuk Membangun Negeri”, yang bertujuan untuk memfasilitasi para peserta sehingga lebih memahami beberapa hal untuk pendalaman pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang apoteker dalam melaksanakan pekerjaan kefarmasian.

Tahun ini, rangkaian acara Phase 84 UI terdiri atas seminar dan workshop. Rangkaian acara akan dilaksanakan pada tanggal 9-10 September 2017 di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan dan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah:
  1. Memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai pelaksanaan pekerjaan kefarmasian kepada praktisi, mahasiswa farmasi, dan Apoteker.
  2. Mendukung peningkatan sembilan kompetensi apoteker dalam melaksanakan pekerjaan kefarmasian.
Dan rangkaian acara Phase 84 UI tahun ini terdiri dari:

Seminar nasional

Seminar nasioal hadir dengan tema Peningkatan peran apoteker dalam menjamin peredaran sediaan farmasi yang aman, bermutu, bermanfaat, dan terjangkau di Indonesia. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 9 September 2017. Seminar ini mengundang pembicara diantaranya adalah Kepala BPOM, Dr.Ir.Penny K.Lukito,MCP, Ketua IAI, Drs.Nurul Falah Eddy Pariang, Apt. Selain pembicara, terdapat pula diskusi panel yang dipimpin oleh yang berkompeten dibidangnya.

Workshop

Workshop Phase 84 UI akan dibagi menjadi 3 (tiga) kelas, yaitu:
Workshop herbal
Tema “Pemanfaatan dan aplikasi ionic liquid dalam pengembangan bahan baku obat herbal” – diselenggarakan tanggal 9 September 2017.

Workshop Penggunaan Obat Rasional (POR)
Tema “Meningkatkan profesionalisme apoteker dalam mewujudkan penggunaan obat yang rasional melalui program pemerintah” – diselenggarakan tanggal 10 September 2017.

Workshop Pelayanan Informasi Obat (PIO)
Tema “Meningkatkan profesionalisme apoteker dalam melakukan teknik komunikasi pada pelayanan informasi obat” – diselenggarakan tanggal 10 September 2017.

Tata cara pendaftaran

Pendaftaran dapat melalui Web atau SMS ke +6285372908900 (putri)
Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada :
Twitter : @phaseui
Instagram : phase_ui
Facebook : phaseUI
Line : @phaseUI
Website : www.phase.farmasi.ui.ac.id
Contact Person : +6289675531731 (riri) dan +6285372908900 (putri)

*Edited by: Olivia Chyntia Devi – MIMS
*Approved by: Phase 48 UI Team

Phase 1
Phase 1


Phase 2
Phase 2


Phase 3
Phase 3


Phase 4
Phase 4


Phase 5
Phase 5


Bacaan lain:
BARU: MIMS Karir untuk Apoteker dan tenaga kesehatan lain
Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan bersama MIMS CPD
Website MIMS Indonesia: Mendaftar dan Berlangganan