Amoeba langka namun mematikan ditemukan pada seorang remaja di Amerika Serikat. Meninggalnya anak berusia 19 tahun ini diketahui disebabkan infeksi Naegleria fowleri setelah di akhir Agustus lalu wisata ke air hangat di Maryland.

Kerry Stoutenburgh dan saudara perempuannya bermain di muara sungai dan dipercaya amoeba ini ada di air dan masuk melalui hidung. Dari situ, amoeba bermigrasi ke otak, menyebabkan infeksi yang kemudian membunuhnya, menurut ayah gadis ini.

"Ini merupakan jenis infeksi katastrofi," kata Dr. Carol Smith, komisaris kesehatan Ulster County, "dan penyakit ini berkembang sangat cepat."

Smith mengatakan meskipun ada penelitian pada obat untuk terapi infeksi ini, namun tidak ada garansi obat ini akan memberi efek, dan dalam kasus Kerry, mungkin obat ini tidak bisa membantunya. Ia juga menambahkan, "Obat ini belum tersedia dan disetujui untuk indikasi ini."

Remaja lain berhasil sembuh dengan bantuan obat kanker

Seorang remaja berusia 16 tahun, Sebastian DeLeon, merupakan orang keempat yang berhasil selamat dari infeksi "amoeba pemakan otak" ini.

Naegleria fowleri merupakan amoeba yang menyukai kehangatan sehingga mereka bisa ditemukan di air hangat di seluruh dunia. Amoeba ini menyebabkan primary amebic meningoenciphalities (PAM), penyakit yang menyerang sistem saraf pusat.

Amoeba ini jarang menginfeksi manusia, tetapi jika terjadi infeksi, biasanya akan menyebabkan penyakit fatal. Antara tahun 1962 dan 2015, dari 138 infeksi amoeba, hanya tiga orang yang berhasil selamat menurut U. S. Centre for Disease Control and Prevention.

Mayoritas infeksi PAM terjadi saat seseorang berenang di danau atau sungai air hangat. Namun, Departemen Kesehatan Florida percaya pasien ini mengalami infeksi saat berenang di kolam renang yang tidak bersih.

"Organisme ini, Naegleria fowleri, sebenarnya bisa banyak ditemukan di tubuh setelah berenang," kata Marus Plescia, direktur Mecklen County Health. "Kami bisa menemukannya di danau dan kolam. Manusia banyak mengalami kontak dengan organisme ini, tetapi hanya sebagian kecil yang terinfeksi."

Amoeba ini tidak berbahaya jika tertelan, karena asam lambung bisa membunuhnya. Agar bisa terinfeksi, amoeba perlu menginfiltrasi otak melalui saluran hidung, dimana ada mukus hidung, bermigrasi ke saraf mata dan menggunakannya sebagai saluran untuk mencapai lobus otak dan menyebabkan kerusakan.

Amoeba menyamar sebagai sel darah putih

Ketika terinfeksi, gejalanya akan segera terlihat. Pada kasus DeLeon, ia menderita sakit kepala parah, lebih sakit daripada migraine, dan ia langsung diantar ke rumah sakit oleh orangtuanya.

Meskipun DeLeon tidak mengalami leher kaku, ia menunjukkan gejala seperti meningitis, dokter meminta izin orangtuanya untuk mengambil sampel sumsum tulang belakang - untuk diagnosis meningitis. Setelah pemeriksaan laboratorium, Sheila Black, yang memeriksa sampel cairan sumsum mengasumsikan bahwa ia melihat sosok yang menyerupai sel darah putih.

Karena amoeba bisa terlihat seperti sel darah putih, pemeriksaan yang berhati-hati perlu dilakukan demi menemukan pola gerakannya. Jika tidak terindentifikasi, amoeba parasitik ini akan bebas bergerak dan penyebabnya penyakitnya tidak akan bisa ditemukan.

"Kami semua adalah detektif," kata Black. "Kami harus menemukannya dan menelitinya dan mengetahui pola gerakannya karena amoeba bisa terlihat seperti sel darah putih."

Untungnya, Black bisa menemukan gerakan amoeba dan mengonfirmasi kasus ini - dan apoteker memberikan obat kanker, yang disebut Impavido, yang telah banyak digunakan untuk terapi beberapa kasus infeksi amoeba.

DeLeon diberikan beberapa obat secara bersamaan dan dokter yakin kondisinya akan membaik. Impavido sebenarnya merupakan obat terapi kanker, tetapi FDA telah menyetujui penggunaan tambahan lain untuk terapi penyakit parasitik leishamaniasis. MIMS

Bacaan lain:
Manusia Pohon: Penderita displasia Lewandowsky-Lutz di Indonesia
Pembunuh berantai meracuni kantung infus pasien
Cryotherapy: Membekukan kanker payudara


Sumber:
http://www.medicaldaily.com/brain-eating-amoeba-strikes-again-kills-19-year-old-college-student-397762
http://medicalxpress.com/news/2016-09-young-woman-dies-teen-amoebas.html
http://www.cdc.gov/parasites/naegleria/infection-sources.html
http://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/ucm389671.htm