Bagi beberapa orang, minum satu gelas kopi sehari - dicampur dengan peningkat libido pria - bisa jadi bermanfaat, tetapi bagi konsumen lain, kopi ini bukan hanya memberikan efek seksual. Kopi itu adalah kopi kematian.

Caverflo Natural Herbal Coffee, mengandung ekstrak tanaman penstimulasi Tongkat Ali, ditarik oleh distributornya di Amerika, menurut US Food and Drug Administration (FDA). Perusahaan ini juga memberikan surat peringatan kepada konsumennya melalui email.

"Laboratorium analisis FDA menemukan konsentrasi Sildenafil dan Tadalafil yang merupakan kandungan aktif dalam dua obat resep yang disetujui FDA untuk terapi disfungsi ereksi (ED)," ungkap website FDA.

Produk ini dipasarkan di website sebagai pemicu libido pria, dengan tanpa menyebutkan senyawa aktifnya.

Senyawa yang tidak dijelaskan ini, menurut FDA, bisa bereaksi dengan nitrat yang juga ditemukan dalam beberapa jenis obat resep (produk seperti nitrogliserin yang merupakan vasodilator poten untuk mengatasi masalah jantung). Ada juga kemungkinan bahwa aditif, dalam kombinasinya dengan obat resep, bisa menurunkan tekanan darah hingga nilai yang berbahaya.

Nitrat bisa bisa membahayakan pria penderita diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Pria dengan alergi atau sensitivitas tinggi terhadap susu juga bisa mengalami reaksi alergi.

"Caverflo.com sudah menerima laporan dari kematian seseorang setelah penggunaan kopi," kata FDA, menambahkan bahwa minuman ini juga mengandung susu tertentu yang tidak disebutkan.

FDA meminta "konsumen yang memiliki Caverflo Natural Herbal Coffee yang ditarik untuk berhenti (menggunakan) dan menghubungi dokter."

Herbal dalam kopi merupakan peningkat libido

Dijual sebagai "zat perangsang alami", kopi herbal instan - dijual dalam kemasan 25 gram - mengandung tiga tanaman, yang disebutkan bisa meningkatkan kekuatan seksual.

"Dengan cara ini, orang-orang bisa menikmati minuman kesaukaan mereka dan kemudian meningkatkan gairah seksual mereka," kata website perusahaan.

Tiga tanaman - Tongkat Ali, maca dan guarana - tanaman liar di hutan Malaysia dan sudah banyak digunakan oleh orang-orang Asia dan Amerika Selatan untuk meningkatkan kesehatan seksual, libido, dan kesehatan tubuh pria dan wanita.

Website menyebutkan, "Kombinasi tanaman ini menghasilkan efek luar biasa yang bisa bertahan selama 3-4 hari per 1 kemasan, dengan hasil fenomenal!"

"Di kebanyakan orang, hanya beberapa sendok teh serbuk dalam segelas 'air panas' cukup untuk mendapatkan efek kopi, namun bagi beberapa orang mereka perlu menggunakan satu setengah kemasan. Anda akan mendapatkan hasilnya dalam waktu 15 menit."

Distributor menyebutkan produknya tidak mungkin menyebabkan kematian

Menurut STAT, publikasi berita online di AS, distributor dan pemilik website adalah pengendara truk di Dallas Brian Richardson, yang mulai mempromosikan produk sejak Agustus 2016 dan Februari 2017.

Richardson mengatakan ia tidak mengetahui bahwa suplemen yang ia jual tercemar. Di situsnya, ia sudah menjual produk sebagai "minuman herbal yang mengandung kopi dan tiga tanaman herbal instan," termasuk Tongkat Ali.

"FDA membuat saya tampak sebagai pengembang obat ini, terutama saat saya baru saja membeli 50 kemasan dari toko dan saya mengatakan, "Saya bisa menjualnya di kota lain." Dan sekarang terjadi hal seperti ini," jelas Richardson, dan menyatakan bahwa ia tidak mengemas kembali produk ini.

Ia juga menyebutkan bahwa ada konsumen yang meninggal, tetapi tidak percaya bahwa kematian terjadi karena kopi ini. Dalam pembelaannya, ia menyebutkan bahwa website miliknya sudah memperingati konsumen bahwa penderita masalah jantung harus melakukan konsultasi ke dokter sebelum "mulai menggunakannya" - meskipun, produk ini tidak memiliki toksisitas apapun.

Website menyatakan bahwa produk ini belum dievaluasi oleh FDA dan "tidak ditujukan untuk mendiagnosis, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apapun."

Namun Richardson dikatakan melakukan pelanggaran dalam pelabelan produk karena menggunakan tulisan berwarna putih dalam latarbelakang berwarna putih. Dan Richardson mengaku hal tersebut hanya kecelakaan belaka.

Tidak jelas bagaimana orang-orang mulai menjual kopi, yang dijual oleh Caverflo. Produk yang disebut Caverflo mulai tersedia dari penjual online, termasuk di Amazon.

FDA sudah menarik produk lain yang serupa, termasuk di bulan Mei 2017. Di bulan September 2016, agensi banyak memperingati konsumen untuk tidak membeli atau menggunakan campuran kopi tertentu setelah melakukan pengujian kemasan - yang disebut mengandung tanaman yang sama dengan Caverflo - dan menemukan bahwa produk tersebut mengandung senyawa yang mirip dengan Viagra.

Di tahun 2015, mantan pemain basket Lamar Odom hampir meninggal setelah mengonsumsi beberapa tablet produk pemicu "herbal" yang juga mengandung sildenafil.

Meskipun ada beragam risiko dan komplikasi dari tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia, namun bisnis Tongkat Ali terus berkembang karena konsumen pria masih percaya bahwa produk ini bisa meningkatkan kadar testosteronnya - khususnya dengan banyaknya permintaan di Asia Tengah, Afrika Utara dan Asia Tenggara. MIMS

Bacaan lain:
FDA mengambil tindakan melawan perusahan yang mempromosikan obat dengan klaim palsu penyembuh kanker
FDA menghentikan penelitian obat leukemia setelah ada empat pasien meninggal
FDA menyetujui obat pertama untuk terapi diskinesia tardif

Sumber:
http://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2017/05/28/coffee-product-with-tongkat-ali-recalled-in-the-us/
https://www.statnews.com/2017/05/26/coffee-erectile-dysfunction/
http://www.digitaljournal.com/life/health/herbal-coffee-recalled-due-to-erectile-dysfunction-additive/article/493894