Pelukis Kim Noble merupakan seorang wanita kurus dengan rambut panjang dan bola mata berwarna biru. Ia tinggal di sebuah rumah kecil di London Selatan dengan putrinya, Aimee, dua ekor anjing dan lebih dari 100 kepribadian berbeda.

Kim menderita Gangguan Disosiasi Identitas (Dissociative Identity Disorder/DID). Ia, memiliki sejumlah kepribadian berbeda – jumlah sebenarnya tidak diketahui – dalam satu tubuh. Kepribadian ini semuanya tampak nyata. Mereka memiliki nama, usia, serta jenis temperamen tertentu. Ada yang masih anak-anak, ada juga yang merupakan seorang pria.

Patricia menduduki posisi paling dominan dalam tubuh Noble

Ternyata ada suatu protokol: Temui Patricia, kepribadian paling dominan dalam otak Noble. Dengan bantuan petugas kesehatan, Patricia bisa membesarkan Aimee dan memastikan ada susu dalam kulkas. Patricia-lah yang akan membukakan pintu kepada tamu dan menyambutnya.

Patricia mengatakan bahwa biasanya terdapat tiga atau empat kali perubahan kepribadian dalam sehari.

Misalnya saja, di pagi hari akan ada "Roh Air yang mandi. Dan salah satunya melukis – kemungkinan Abi. Dan ada yang membersihkan rumah, itu orang berbeda yang melakukannya," ungkap Noble.

"Ya, saya memang punya tukang bersih-bersih sendiri," katanya. "Tetapi tidak satupun yang mau membersihkan taman."

Tidak menyadari apapun saat berganti posisi

Setiap kali ada perubahan kepribadian, Patricia akan muncul kembali, dan ia tidak menyadari apa yang terjadi sebelumnya. Maka dari itu, normal jika setiap hari kami kehilangan kunci, kedatangan pizza yang tidak dipesan sebelumnya, mobil yang berpindah parkiran. "Saya tidak tahu apakah saya akan muncul atau hilang," katanya.

Kepribadian lain juga memiliki kehidupannya sendiri. Mereka memiliki alamat email mereka sendiri – Patricia tidak tahu password mereka. Ada juga yang suka membeli baju. "Apakah ini terlihat untuk saya? Ini ukuran anak-anak! Ini pasti Judy yang melakukannya," jelasnya

Patricia yang memegang tanggung jawab. Ia menjual lukisan dan mengatur keuangan. Bagaimana dia – mereka – mengatur keuangan? "Sayalah yang memegang kendali pada kartu kredit dan debit. Mereka tidak tahu pin-nya," tambahnya.

Jika ada yang bertanya apakah penyakit ini mengganggu, Patricia akan menjawab, "Mungkin. Misalnya saat saya sedang berbicara kepada kepribadian saya yang lain dan kepribadian utama muncul, saya pikir, 'Saya belum selesai berbicara dengannya!'"

Rasanya tinggal dengan Noble

Aimee, satu-satunya putri Noble, bisa dengan mudah membedakan kepribadian yang satu dengan yang lain. Beberapa mudah dibedakan – Ken akan mengikat rambut Noble dan memiliki gaya seorang pria; dan pada yang lain, bahasa tubuh merupakan kuncinya.

"Ada beberapa yang sering muncul, jadi saya kenal baik dengan beberapa dari mereka. Judy, karena ia berumur 15 tahun, ia berbicara dengan gaya yang sesuai umur saya, jadi saya senang berteman dengannya. Tetapi secara keseluruhan, saya suka mereka semua."

Aimee menambahkan, "Saya juga mendapat banyak manfaat dari kepribadian ini. Dua dari kepribadian Noble memahami bahasa Latin dan Perancis, maka jika saya memiliki tugas dalam mata pelajaran tersebut, saya akan meminta mereka untuk memeriksa kosa kata atau struktur kalimat yang telah saya buat. Ibu tidak pernah mendapat pendidikan formal, jadi ini semua masih menjadi misteri. Tetapi di samping itu, Dr. Lane-lah yang paling banyak membantu saya, karena ia pernah menjadi guru literatur Bahasa Inggris."

"Saya terkadang terkejut dengan beberapa kepribadian ibu yang tidak sering muncul. Misalnya Salome, seorang Kristen fanatik, sulit sekali untuk diajak bicara. Pemicunya adalah membicarakan mengenai sesuatu yang rohani, tetapi itulah satu-satunya momen ia muncul, jadi saya menghindarinya dengan tidak datang ke gereja," tambahnya.

"Pada kepribadian lainnya, mereka semua memiliki pola humor yang menarik dan suka bercanda. Inilah sesuatu yang saya butuhkan saat saya sedang marah," sebutnya. MIMS

Bacaan lain:

Apa sebenarnya arti mimpi?
Mempelajari gen yang berhubungan dengan aksi bunuh diri
Menurunkan angka bunuh diri menjadi nol – bisakah dicapai?

Sumber:
https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2011/sep/30/kim-noble-woman-with-100-personalities
https://social.shorthand.com/DiggaCooper/3COPRwUbSe/the-perks-of-having-a-mother-with-over-20-personalities
https://www.youtube.com/watch?v=dXs8diUwy6w