Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Nicholas James dan timnya di Universitas Birmingham - dua terapi yang sudah ada dikombinasi dan hasil menunjukkan bukti menjanjikan untuk terapi pasien kanker prostat. Selain terapi hormon standar, obat yang disebut abirateron digunakan dalam percobaan. Hasilnya, pasien dengan kanker prostat tingkat lanjut dan berisiko tinggi kanker prostat mendapat kesempatan 37% perpanjangan hidup.

Abiraterone, dikenal juga sebagai zytiga, merupakan terapi hormon dan biasanya diberikan ke pasien yang sel kankernya sudah tidak memberikan respon terhadap terapi hormon standar. Tidak seperti kemoterapi dimana sel kanker bisa dibunuh, abiraterone bekerja dengan menghentikan testosteron dari mencapai kelenjar prostat untuk memblok pertumbuhan tumor.

James menyebutkan, "Ini merupakan hasil terkuat yang pernah saya temukan dalam percobaan kanker prostat - ini merupakan rasa bangga terbesar selama karir saya. Ini merupakan reduksi kematian terbesar yang pernah saya temukan dalam percobaan klinis kanker dewasa."

Percobaan

Percobaan dilakukan pada hampir 2.000 pasien kanker prostat yang akan memulai terapi hormon jangka panjang. Setengah partisipan hanya diberikan terapi hormon; sedangkan setengah sisanya diberikan terapi hormon standar dan tambahan arbiraterone. Hasil menunjukkan bahwa pasien yang menerima terapi cenderung tidak akan meninggal dibandingkan pasien yang hanya menerima terapi standar.

James menambahkan, "Arbiraterone tidak hanya memperpanjang usia, tetapi juga menurunkan kemungkinan kekambuhan hingga 70% dan menurunkan kemungkinan komplikasi tulang serius hingga 50%."

Lebih dari 20.000 pasien yang didiagnosis penyakit setiap tahunnya bisa mendapat manfaat dari penemuan ini. Karena lebih dari 11.000 dari 46.500 pria yang didiagnosis penyakit meninggal di Inggris. Di Amerika, lebih dari 27.000 pasien mengalami takdir yang sama karena ini merupakan kanker terbanyak pada pria.

Banyak pasien mendapat manfaat dari terapi

James menambahkan, "Arbiraterone sudah banyak digunakan untuk mengobati beberapa pria yang penyakitnya sudah menyebar tetapi hasil kami menunjukkan akan lebih banyak orang yang mendapat keuntungan."

Harpal Kumar, kepala Penelitian Kanker di Inggris menyatakan, "Hasil ini bisa mengubah terapi kanker prostat. Abiraterone bisa membantu lebih banyak pasien kanker prostat daripada yang diketahui sebelumnya." MIMS

Bacaan lain:
Terobosan kanker: Respon 100% dari terapi CAR-T untuk multiple myeloma
3 terobosan baru dalam penelitian mengenai kanker
Fototerapi bisa menginduksi sel kanker untuk "bunuh diri" hanya dalam waktu 2 jam

Sumber:
https://www.theguardian.com/society/2017/jun/03/prostate-cancer-therapy-study-abiraterone
http://www.express.co.uk/life-style/health/812697/Prostate-cancer-Drug-trial-breakthrough-DOUBLE-life-expectancy-treatment
http://www.bbc.com/news/health-40131381