Terkadang, kita lupa bahwa dokter juga merupakan manusia biasa. Manusia yang bisa secara tidak sengaja menyebutkan kata-kata tidak biasa.

Baik kata-kata yang keluar merupakan suatu gambaran ekspresi ataupun berita buruk, namun terkadang kata-kata tersebut bukanlah kata-kata yang ingin didengar pasien dari mulut dokter mereka. Dengan kata lain, sangat sulit bagi dokter untuk mengambil kembali apa yang sudah keluar, yang dengan demikian menggarisbawahi pentingnya memilih kata-kata saat berbicara dengan pasien.

Sedikit pengendalian diri merupakan apa yang dibutuhkan dokter untuk menghindari konflik dengan pasien.

Kasus kesalahan identitas

"Anda terlalu tua untuk datang bersama ibu/ayah/kakak Anda."

Dokter harus selalu ingat kata-kata, "Jangan nilai buku dari sampulnya" saat menyebutkan teman pasien di ruang konsultasi. Dalam kasus ini, bisa sangat memalukan jika dokter salah menduga bahwa teman pasien merupakan ibu atau ayah pasien saat sebenarnya itu adalah suami/istri pasien. Lebih buruk lagi jika dokter menyatakan kesalahannya secara terang-terangan di depan pasien.

Sikap sangat berpengaruh

Ada waktunya saat pasien terkejut dan merasa frustasi dengan cara dokter mereka bersikap. Terganggu atau tidak peduli akan apa yang dikatakan pasien merupakan contoh sikap yang sangat tidak disukai pasien.

Kata-kata yang menyakitkan

"Karena Anda sudah tua."

Terkadang, dokter mungkin asal berbicara – tanpa berpikir terlebih dahulu. Apa yang dikatakan mungkin saja benar; tetapi pasien mungkin akan menyalahartikan.

Cara terbaik adalah dengan mengatakannya secara bijaksana – agar tidak menyinggung perasaan pasien. (Ingat, usia merupakan topik sensitif, khususnya pada wanita.)

Apa yang tidak ingin didengar pasien

"Mengapa Anda datang ke sini?"
"Saya tidak bisa lagi membantu Anda."
"Carilah dokter lain."
"Hmm... Saya tidak tahu apa yang salah dengan Anda."


Terkadang saat dokter menyadari bahwa pasien di depan mereka tidak gila dan masalahnya ada di dalam pikirannya. Tidak mudah menyatakan masalah ini ke pasien, yang mungkin akan pergi begitu saja jika dokter mengatakan apa yang sebenarnya. Dengan demikian, carilah cara lebih baik untuk dokter mengekspresikan apa yang mereka pikirkan mengenai situasi pasien.

Mengejek metode terapi lain

Banyak pasien sangat percaya pada dokter mereka. Meskipun beberapa dokter mungkin berpikir sia-sia jika mengikuti terapi tertentu atau sistem pengobatan alternatif, namun cobalah untuk biarkan pasien melakukan apa yang mereka inginkan atau pergi kemanapun mereka mau demi kesehatan mereka.

Kata-kata yang sulit diucapkan

Dalam profesi mereka, dokter berada dalam situasi dimana mereka merasa kesulitan mengatakan apa yang seharunya. Saat dokter memberikan berita buruk mengenai situasi kesehatan pasien, ini merupakan situasi yang tidak pernah mudah. Bagaimana pun cara dokter menyampaikannya, hasil pemeriksaan lab yang buruk tetap akan menjadi berita buruk bagi pasien.

Kenyataan sangat sulit diterima

Kenyataan selalu sulit diterima bagi pasien ketika dokter mereka menyajikan fakta di depan mata mereka. Terkadang dokter juga merasa frustasi dengan pasien mereka – khususnya saat solusinya sudah di depan mata.

Saat dokter merasa kesal, dokter bisa saja mengucapkan langsung apa yang ada dalam pikiran mereka. Di sisi lain, pasien mungkin kaget atau terkejut dengan kejujuran dokter mereka.

"Jika Anda mau sembuh – berhenti merokok."
"Menurunkan berat badan merupakan satu-satunya jalan keluar."
"Berhenti makan-makanan yang tidak sehat dan mulai makan yang sehat."
"Cobalah untuk lebih banyak berolahraga."
"Jika Anda terus seperti ini, Anda bisa meninggal lebih cepat dari yang Anda bayangkan."


Selalu ada cara lain

Dokter bisa saja merasa lelah dan frustasi, tetapi cara paling baik untuk memulai konsultasi adalah ambillah sedikit waktu untuk lebih mengenal pasien Anda. Dibutuhkan usaha untuk menunjukkan ketertarikan pada apa yang dikatakan pasien dan apa yang sedang dihadapi pasien, terutama mengenai masalah kesehatan. Intinya adalah bagaimana cara dokter berbicara dan bersikap dengan pasien mereka. MIMS

Bacaan lain:
Semakin memburuknya kasus resistensi antibiotik di Indonesia
17 pekerjaan yang paling tidak sehat di dunia kesehatan
Kemajuan dunia kesehatan – Apakah profesi kedokteran akan punah?

Sumber:
http://www.suggest.com/lifestyle/1632442/18-shocked-patients-reveal-the-most-unprofessional-thing-a-doctor-ever-said-to-them/
http://www.physicianspractice.com/patient-relations/worst-things-you-can-say-patient