Obat super untuk superbug kehilangan efektivitasnya karena resep antibiotik yang tidak diperlukan terus diberikan.

Resistensi antibiotik memang mematikan – dan, jika dibiarkan, kemungkinan bisa membunuh lebih banyak orang daripada kanker dan diabetes di tahun 2050. Setiap tahun, sekitar 5.000 orang di Inggris mati karena antibiotik. Pada setiap empat dalam 10 kasus infeksi E. coli, antibiotik lini pertama terbukti sudah tidak efektif.

Mengingat semakin tingginya kasus resistensi antibiotik, National Health Services (NHS) meminta pasien untuk lebih banyak istirahat daripada meminta resep antibiotik yang sebenarnya tidak diperlukan.

Mendukung gerakan ini, Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) menginisiasikan kampanye televisi pertama "Keep Antibiotics Working", yang menunjukkan efek samping ketergantungan pada antibiotik.

Iklan televisi ini menceritakan animasi antibiotik yang bernyanyi: "setiap kami Anda merasa tidak enak badan, jangan selalu berpikir kami bisa membuat Anda merasa lebih sehat." Ini merupakan peringatan bagi pasien dan dokter umum untuk hanya memberikan antibiotik kepada yang membutuhkan.

Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa saran lama juga dimasukkan dalam iklan ini: Banyak istirahatlah, gunakan pereda nyeri seperti paracetamol, dan minum banyak air.

Akibat penggunaan antibiotik

Profesor Paul Cosford, direktur umum PHE, mengatakan, "Resistensi antibiotik bukan ancaman baru, tetapi merupakan fakta krisis global paling berbahaya yang sudah muncul dalam dunia modern sejak beberapa tahun belakangan ini."

"Menggunakan antibiotik saat Anda tidak membutuhkannya akan membuat Anda dan keluarga berisiko mengalami infeksi yang sulit diobati dengan antibiotik. Tanpa gerakan darurat yang kami lakukan, infeksi umum, cedera minor dan operasi rutin akan menjadi lebih berisiko."

Meskipun antibiotik penting untuk masalah sepsis, pneumonia, meningitis bakteri dan infeksi parah lain, namun antibiotik tidak boleh digunakan untuk semua penyakit.

"Kita tidak sering membutuhkan antibiotik untuk kondisi umum. Mayoritas dari kita akan sering terinfeksi dan akan sembuh dengan sendirinya karena sistem imunitas tubuh," jelas Profesor Cosford.

Pasien sebaiknya tidak datang ke dokter "meminta antibiotik" dan dokter perlu menjelaskan kepada pasien kapan mereka membutuhkan antibiotik, ungkap direktur medis.

"Faktanya adalah jika Anda mengonsumsi antibiotik saat Anda tidak membutuhkannya, maka Anda cenderung akan menderita infeksi yang tidak bisa disembuhkan oleh antibiotik dalam beberapa bulan ke depan."

Kepala petugas medis di Inggris, Profesor Dame Sally Davies menganggap 'kebangkitan' antibiotik yang mungkin bisa mengakhiri pengobatan modern, membuat kegiatan operasi, kemoterapi dan cesarean menjadi terlalu berisiko untuk dilakukan.

Menjelaskan ancaman hilangnya antibiotik ke dunia di antara terorisme dan perubahan iklim, kepala tenaga kesehatan percaya publik akan memainkan peran penting untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Menurut Profesor Neil Woodford, kepala bangsal resistensi antimikroba, antibiotik paling poten, seperti carbapenem, seringkali mengalami kegagalan.

"Jika kita kembali ke tahun 2005/07, kita hanya akan menemukan dua hingga empat kasus per tahun. Namun tahun lalu, kami mendapatkan bakteri resisten dalam lebih dari 2.000 kasus," tambahnya.

Fear of drug-resistant superbugs: It’s estimated that at least 5,000 deaths are caused every year in the UK because antibiotics no longer work for some infections. Photo credit: PHE
Fear of drug-resistant superbugs: It’s estimated that at least 5,000 deaths are caused every year in the UK because antibiotics no longer work for some infections. Photo credit: PHE


Penggunaan antibiotik berlebih akan menghentikan mekanisme aksinya

Pada pilek, flu, sakit telinga dan infeksi dada minor, regimen antibiotik tidak akan memberikan efek, dan pasien perlu mengadakan konsultasi dengan dokter mereka jika mereka mengalami komplikasi seperti suhu sangat tinggi, sesak napas atau perpanjangan gejala.

Dalam kasus Melissa Mead, yang anaknya William meninggal karena sepsis disebabkan infeksi dada, dokter gagal mendiagnosis infeksi dada dan kemudian menyebabkan pneumonia. William sakit selama enam hingga delapan minggu, dan mengunjungi dokter umum enam kali sebelum akhirnya meninggal.

Mengenai kampanye ini, Mead merasa perlu ada pemberian resep antibiotik yang "tidak terlalu tabu" saat diperlukan.

"Saya pikir ini merupakan cara yang benar jika kita tidak menggunakan antibiotik secara sembrono. Kita bisa mencegah infeksi serius, karena sepsis masih bisa disembuhkan dengan terapi."

"Intervensi awal dengan antibiotik mungkin bisa menyebabkan kehidupan William. Ini merupakan bukti klinis bahwa kita masih membutuhkan antibiotik."

Justine Roberts, pendiri Mumsnet, mengomentari bahwa banyak orang tua merasa gelisah dan frustasi jika anaknya sakit, juga khawatir karena anak tidak bisa masuk sekolah dan orangtua tidak bisa bekerja.

"Godaan untuk meminta antibiotik bisa jadi sangat banyak, sehingga Kesehatan Masyarakat Inggris sangat menyambut ide ini. Risiko akibat penggunaan antibiotik sangat besar," kata Roberts.

PHE mengatakan banyak penyakit bisa sembuh dengan sendirinya, dan ditemukan hingga satu per lima resep antibiotik dianggap tidak perlu. Penggunaan obat yang tidak perlu bisa memicu kemunculan superbug resisten obat.

Menteri Kesehatan Steve Brine mengatakan, "Pemerintah berkomitmen untuk melawan infeksi resisten obat dan menolak pengobatan modern untuk menghentikannya – sebuah langkah sederhana akan menciptakan perubahan besar.

"Mengikuti konferensi global "Call to Action" yang diadakan bulan ini, kami meminta orang-orang untuk membantu sehingga kami bisa memastikan antibiotik tetap akan memberikan efek kepada semua orang," ungkap Brine. MIMS

Bacaan lain:
Semakin memburuknya kasus resistensi antibiotik di Indonesia
Menghabiskan antibiotik tidak mencegah resistensi antimikroba, sebut penelitian baru
WHO mengumumkan 12 superbug yang bisa menjadi ancaman terbesar dalam kehidupan manusia

Sumber:
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/10/23/nhs-patients-urged-stop-asking-antibiotics-television-campaign/
https://www.theguardian.com/society/2017/oct/23/dont-ask-gps-for-antibiotics-new-health-campaign-urges
http://www.bbc.com/news/uk-41696236
https://www.gov.uk/government/news/taking-antibiotics-when-you-dont-need-them-puts-you-at-risk
https://www.eahsn.org/antibiotics/2017/10/new-campaign-east-england-keep-antibiotics-working/