Saat mendaftar pekerjaan, hampir semua orang mencatat hobi di CV mereka untuk membuat mereka tampak menjadi lebih menarik tetapi seringkali membiarkan rasa tertarik mereka saat mereka berhasil diterima.

"Ini merupakan suatu kesalahan karena hobi setelah bekerja – khususnya bagi pekerja kreatif – berguna untuk meningkatkan produktivitas seseorang," sebut peneliti dari Universitas Negeri San Francisco di California.

Penelitian menunjukkan bahwa pegawai yang kreatif lebih bisa memahami pegawai lain dan bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik. Semua hobi dianggap sebagai suatu kesempatan bagi apoteker untuk mempelajari sesuatu yang baru dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Berikut lima contoh bagaimana hobi bisa membantu apoteker di tempat kerja.

1. Apoteker yang senang terbang

Pecinta ketinggian, Andrew McCoig, seorang kepala eksekutif Croydon dan Merton, Sutton and Wandsworth Local Pharmacy Committee di Inggris, suka terbang di waktu luangnya dan sudah menghabiskan 1,200 jam untuk terbang. Ia mengatakan bahwa berada di atas merupakan situasi yang mirip dengan mengerjakan tugas apoteker komunitas.

"Keduanya merupakan lingkungan yang sangat tidak pemaaf jika Anda salah melakukan sesuatu. Malpraktek atau kesalahan perhitungan bisa jadi fatal," juelasnya. "Dengan demikian penting agar Anda tetap paham akan tujuan dan praktek medis dalam praktek profesionalitas."

McCoig juga menyebutkan bahwa menyadari keamanan saat terbang sangat membantunya dalam karir kefarmasian. "Memperkirakan cuaca dan navigasi, sama seperti memperkirakan kewaspadaan dan perbaharuan pengetahuan mengenai suplai obat dan kondisi pasien," tambahnya.

2. Apoteker dan pantomim

Seorang apoteker di Lorn & Islands Hospital di Skotlandia, Sandra Melville sudah banyak menulis dan menjadi pengarah pantomim sejak tahun 2004. Ia mengatakan bahwa cerita dan humor bisa membantunya dalam mengekspresikan frustasi yang dialami oleh staf NHS.

Setiap dua tahun, Melville memimpin timnya untuk mempersembahkan pantomim di rumah sakit. Pantomimnya dipertontonkan secara gratis dan penontonnya didorong untuk melakukan donasi.

"Pantomim merupakan suatu pola pembentukan tim yang baik dan untuk memecah batasan karena selalu ada hierarki staf di rumah sakit," kata Melville. "Moral seseorang menjadi naik karena pantomim merupakan sesuatu yang menyenangkan dan mereka yang melakukannya bisa bergabung dengan orang lain yang mungkin tidak akan pernah mereka temui sebelumnya.

3. Apoteker yang merangkai kapal layar

Setelah hari yang melelahkan di apotek, Tim Root, seorang apoteker spesialis di bidang teknis dan pemerintahan untuk NHS Specialist Pharmacy Service, menghabiskan waktunya untuk merangkai kapal layar untuk mengatasi rasa stresnya.

"Manfaat untuk pekerjaan saya adalah bahwa kegiatan ini membuat saya sabar dan bagaimana mengatasi masalah kecil dengan sesuatu yang tampak sulit," sebutnya.

Ia merangkai model kapal layar abad ke-18 untuk sepuluh hari, dan mengatakan bahwa hobinya membuatnya merasa lega.

"Hobi ini juga membuat saya memperhatikan detail. Kemungkinan membuat saya terobsesi dengan detail yang memengaruhi hampir semua apoteker."

4. Apoteker sebagai seorang sukarelawan

Di hari kerja, Roz Gittins merupakan seorang kepala apoteker klinis dan menerima panggilan saat ada hewan yang sakit. "Kondisi ini membuat adrenalin saya terpicu. Seperti menjadi seorang apoteker yang sedang bertugas di rumah sakit yang sibuk," ungkap Gittins.

Di waktu yang sama, Gittins menjadi sukarelawan untuk amal British Divers Marine Life Rescue yang menolong anjing laut, lumba-lumba, dan paus yang kesulitan di sekitar Inggris.

"Memeriksa dan menolong hewan laut membutuhkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat dan seringkali berada di bawah tekanan, kemampuan yang bisa digunakan saat bekerja di lingkungan yang sibuk," ungkap Gittins.

Kegiatannya sangat menguntungkan, karena ia bisa menggunakan pengetahuannya saat bekerja sebagai apoteker dan juga saat mengerjakan pekerjaan sebagai sukarelawan.

"Selain tampak lucu, anjing laut juga bisa menggigit dan mamalia laut terkadang juga bisa menjadi pembawa penyakit tertentu. Dengan demikian, saya bisa memanfaatkan pengetahuan dasar saya dalam hal aseptik dan menawarkan pelayanan seperti mengganti jarum."

5. Apoteker sebagai seorang penulis kaligrafi

Seorang apoteker konsultan yang belajar mengenai kaligrafi selama mahasiswa, Mark Borthwick, sekarang menggunakan kemampuannya di Oxford University Hospitals NHS Foundation Trust untuk menulis sertifikat bagi perawat.

"Saya membawa pena, tinta dan buku untuk belajar menulis saat masih duduk di bangku kuliah," katanya.

"Saya sering berlatih menulis untuk pemesanan obat dan saya berhasil mempelajari model yang berbeda-beda. Kebiasaan ini membuat saya menjadikan teknik kaligrafi sebagai tulisan normal saya dan menarik perhatian di tempat kerja. Kegiatan ini bisa menjadi pekerjaan kedua saya di masa depan tetapi untuk sekarang saya senang hanya dengan menulis sertifikat dan kartu untuk sejawat kesehatan yang lain."

Hobi bisa membantu apoteker dalam manajemen waktu dan menyeimbangkan kehidupan mereka. Berusaha menggapai cita-cita merupakan sesuatu yang penting dan bisa berguna dalam kehidupan berkarir. MIMS

Bacaan lain:
Pilihan kuliah paskasarjana untuk apoteker
5 strategi rahasia apoteker yang tidak diajarkan di bangku kuliah
Apoteker komunitas: Cara meningkatkan kepatuhan pasien

Sumber:
http://www.pharmaceutical-journal.com/careers/career-feature/how-your-hobbies-can-boost-your-career/20201980.article
https://www.washingtonpost.com/news/capital-business/wp/2017/02/17/career-coach-smart-hobbies-can-boost-career-success/?utm_term=.dd8137bdb69b
http://www.pharmaceutical-journal.com/careers/career-feature/how-to-enhance-a-pharmacy-cv/20068264.article 
http://www.businessinsider.my/signs-your-hobby-is-helping-your-career-2016-8/?r=US&IR=T#fUYpYGqESm4E6OK4.97