Empat jurnal saintifik menjadi lelucon dunia kesehatan saat mempublikasikan laporan buatan mengenai apa yang mereka asumsikan sebagai mitokondria.

Laporan ini sebenarnya membicarakan mengenai "midi-chlorians", yang merupakan istilah saintifik yang diambil dari film Star Wars.

Operasi yang menyakitkan

Laporan ini meliputi operasi menyakitkan oleh penulis yang menyebut dirinya Neuroskeptic, yang menulis tmajalah Discover, untuk membuktikan fakta bahwa jurnal predator akan mempublikasi apapun demi uang. Menurut Neuroskeptic, jurnal predator ini mengklaim menawarkan pengkajian oleh para ahli, publikasi akses terbuka.

Jeffrey Beall, seorang pustakawan di Universitas Colorado Denver, setuju bahwa hal ini berhubungan dengan uang. Beall mengklaim tidak ada kajian ahli yang dilakukan, semuanya dilakukan oleh pemilik jurnal, yang bekerja sebagai pengkaji dan hampir selalu, mereka tidak memeriksa laporan yang diajukan sebelum mempublikasinya.

Jurnal ini tampak seperti semua orang bisa mempublikasikan laporan, jika mereka bersedia untuk membayar - karena inilah bagaimana jurnal bisa mendapatkan keuntungan.

Ini bukan pertama kalinya jurnal predator mempublikasikan sesuatu yang lucu. Dalam banyak kesempatan, peneliti berhasil menemukan banyak laporan berbeda dengan topik aneh yang dipublikasikan dan peneliti lain bahwa berhasil melaporkan peneliti yang berhasil mempublikasikan 48 jurnal predator.

Semuanya demi uang

Neuroskeptic terinspirasi dari mudahnya jurnal menerima permintaan teraneh sekalipun sehingga laporan palsu ini bisa dipublikasikan dengan menyalahartikan midi-chlorian menjadi mitokondria. Laporan ini menggunakan kata-kata yang sangat terinspirasi dari monolog film Star Wars.

Mengenai apa yang ia lakukan, Neuroskeptic mengatakan, "Tujuannya adalah untuk melihat apakah jurnal akan mempublikasi manuskrip yang, meskipun tampak saintifik, namun sebenarnya adalah sebuah lelucin. Saya tidak ingin mengajukan hal yang tidak masuk akal (seperti laporan yang dibuat komputer), atau laporan yang buruk, tetapi sesuatu yang berdasarkan dari film fiksi (misalnya Star Wars)."

Neuroskeptic mengirimkan laporannya ke sembilan jurnal yang dikenal sering mengerjai peneliti. Empat jurnal yang setuju untuk mempublikasikan laporan palsu ini adalah The American Journal of Medical and Biological Research, International Journal of Molecular Biology: Open Access, Austin Journal of Pharmacology and Therapeutics, dan American Research Journal of Biosciences.

Menurut Beall, jurnal ini ingin menaikkan catatan laporan mereka dan membuat websitenya tampak lebih masuk akal. Akhirnya, yang diinginkan dari jurnal ini adalah yang, inilah mengapa mereka menerima semua laporan tanpa memeriksa fakta yang ada.

Terlalu banyak jurnal palsu

Meskipun sudah banyak penemuan dan kerusakan yang terjadi, namun tidak ada proses hukum yang diambil. Peneliti menyarankan dan memperingatkan bahwa tidak semua jurnal memiliki legitimasi. Hal ini merupakan suatu masalah yang ada dalam publikasi saintifik, yang sulit sekali diatasi.

Organisasi Think, Check, Submit menyarankan peneliti untuk memeriksa tanda peringatan, yang meliputi jurnal yang memiliki kesalahan kosa kata dan yang memiliki judul mirip dengan nama jurnal besar. Jurnal palsu seperti ini membuat kerja keras peneliti tampak seperti omong kosong belaka.

Realitas jurnal palsu sudah banyak bermunculan belakangan ini. Sulit untuk membedakan jurnal yang memiliki legitimasi dan yang tidak, tetapi menurut Neuroskeptic, jurnal di daftar MEDLINE yang muncul di PubMed, yang mengindikasikan bahwa semua jurnal ini memiliki legitimasi. Kemungkinan besar jurnal yang tidak didaftarkan di sini bukan merupakan jurnal yang memiliki legitimasi. MIMS

Bacaan lain:
Banyak informasi medis palsu tersebar di media online
Saat penelitian klinis menjadi tidak pasti
Tikus tidak sama dengan manusia: Evaluasi penggunaan hewan uji dalam penelitian klinis

Sumber:
https://www.livescience.com/59927-midi-chlorians-paper-accepted-by-journals.html?utm_source=notification
http://gizmodo.com/scientific-journals-publish-bogus-paper-about-midichlor-1797186738