Baru-baru ini, artikel mengenai seorang siswa Cina yang kecanduan gas tertawa menjadi viral di dunia. Mahasiswa ini, Lin Na, yang kuliah di Amerika, kembali ke Cina dalam kondisi kesehatan tidak baik. Sambil didorong oleh pegawai Bandara Internasional Beijing di kursi roda, ia mengatakan, "Kesedihan dan penderitaan orangtua saya merupakan hal terakhir yang saya ingat sepanjang hidup saya."

Selama belajar di Amerika, Lin Na menggunakan senyawa rekreasional — gas tertawa — karena rasa penasaran. Merasa ada yang berubah di fungsi tubuhnya, akhirnya ia harus berhenti belajar, gelar yang sudah ia kejar hingga hampir sepuluh tahun.

Kasus lain terjadi di Shanghai, dimana seorang pasien berusia 19 tahun dirujuk ke Pusat Kesehatan Mental Shanghai karena tangannya meringkuk, merasa gelisah, dan tidak bisa digerakkan — disebabkan konsumsi gas tertawa.

Meskipun ada potensi bahaya dalam penggunaan gas tertawa dan memberikan pengaruh negatif, namun substansi ini cukup populer di selurun dunia — digunakan sebagai substansi rekreasional oleh para pencinta pesta.

Mengenai gas tertawa

Gas tertawa juga dikenal sebagai nitrat oksida. Ini merupakan senyawa kimia non-toksik yang tersedia dalam bentuk gas dan memiliki sifat tidak mudah terbakar, tidak berwarna dan tidak berbau pada suhu ruang.

Sejak abad ke-20, nitrat oksida sudah banyak digunakan di industri medis untuk anestesi dan analgesik selama operasi dan prosedur penanganan masalah gigi. Efek euforia dan disosiatif dari menghirupnya sudah banyak menyebabkan penggunaan rekreasional sejak di abad ke-18 di Inggris — dengan demikian, diberikan nama "Gas Tertawa". Sekarang, senyawa ini banyak digunakan sebagai substansi rekreasional di klub malam, bar dan pesta.

People usually inhale laughing gas using balloons
People usually inhale laughing gas using balloons


Di samping penggunaannya untuk pengoabtan, nitrat oksida juga banyak digunakan untuk produksi whipped cream di industri makanan. Dengan demikian, umum untuk menjumpai nitrat oksida yang dijual di kemasan silver untuk pembuatan makanan. Substansi ini aman saat digunakan untuk produksi makanan, tetapi bisa jadi membahayakan kesehatan jika orang-orang menghirupnya dalam kondisi tertentu.

Bagaimana gas tertawa memengaruhi penggunanya?

Menurut Kantor Pusat Inggris, ada 17 kondisi fatal disebabkan menghirup nitrat oksida antara 2006 dan 2012 di negara tersebut.

Pada 2013 - 2014, pengguna nitrat oksida ada sekitar 470.000 dimana 7.6% di antaranya adalah remaja berusia 16 hingga 24 tahun — memiliki proporsi lebih tinggi daripada pengguna kokain (4,2%) dan ekstasi (3,9%).

Pengguna mungkin akan mengalami efek samping saat menghirup nitrat oksida. Efek sampingnya bisa muncul saat pertama kali menghirup dan beberapa orang lain mengalaminya setelah menggunakannya secara konstan dalam periode waktu lebih panjang. Berikut kemungkinan efek samping asupan nitrat oksida:
  • Halusinasi
  • Mati rasa
  • Paralisis
  • Inkontinentas
  • Defisiensi vitamin B12 dan anemia disebabkan penggunaan jangka panjang
  • Jari tangan, kaki, dan bagian tubuh lain mengalami rasa menggelitik disebabkan defisiensi vitamin
  • Asfiksasi
  • Pingsan
  • Distorsi suara
  • Menekan pembentukan sel darah putih
  • Gangguan demielinasi
Dibandingkan dengan obat lain, tenaga kesehatan secara umum berpendapat bahwa gas tertawa cenderung memiliki toksisitas rendah jika penggunaannya tidak berlebihan.

"Ada sekitar 40 kematian di 40 tahun terakhir. Kondisi ini sangat langka," kata Dr Adam Winstock, konsultan psikiatrik dan penemu Survey Obat Dunia.

Meskipun demikian, kritik juga memperingati bahwa gas tertawa bisa membunuh disebabkan penurunan oksigen darah yang terjadi secara tiba-tiba saat pengguna menghirup gas tertawa dalam konsentrasi tinggi menggunakan kantong plastik. "Risiko kerusakan otak tidak sepadan dengan efek yang dihasilkan," kata Dr Anna Maria Rollin dari Perguruan Tinggi Anestesia

Gas tertawa mendapat popularitas tinggi di Cina

Aplikasi nitrat oksida sebagai substansi rekreasional sudah menjadi lebih prevalen di negara Barat sejak beberapa tahun lalu dan baru-baru ini menjadi populer di antara anak muda di Cina.

Di Cina, nitrat oksida bisa dibeli melalui platform e-commerce dengan memasukkan kata kunci seperti “Krim” (奶油), “Busa”(發泡), “Bom Krim” (奶油氣彈), “Krim Busa” (奶油發泡)untuk memasak.

Cara aplikasi yang buruk dengan tujuan menghibur diri sendiri merupakan alasan utama yang menyebabkan masalah kesehatan parah, terutama pada anak muda. Mereka menghirup nitrat oksida di bawah pengaruh teman di pesta dan klub malam, karena mereka diberitahukan bahwa gas tertawa membuat rileks. Anak muda, yang merasa masa belajar merupakan masa yang penuh dengan tekanan dan tantangan, ada juga kelompok umum yang kecanduan substansi rekreasional.

"Faktanya, banyak pengguna remaja dan dewasa muda takut sekolah dan orangtuanya mengetahui bahwa mereka menggunakan gas tertawa. Mereka tidak langsung mencari pengobatan meskipun mereka merasa ada kelemahan otot dan gangguan emosi," kata Dr Wang Li, Kepala Dokter dari Departemen Neurologi, Rumah Sakit Kerjasama Cina-Jepang.

Pada bulan Januari 2017, Polisi Nanjing melaporkan memo resmi "Masalah Keamanan Publik mengenai Prevalensi Penggunaan Bom Krim" online, memberitahukan masyarakat bahwa gas tertawa sudah populer di antara anak-anak muda sebagai pengganti obat. Kejadian pertengkaran dan adu mulut yang terjadi di pusat rekreasi, kemungkinan disebabkan meningkatkan penggunaan gas tertawa.

Menurut petugas polisi di Timur laut Cina, gas tertawa merupakan tren di beberapa kota besar di provinsi Timur Laut beberapa tahun ini. Meskipun demikian, pemerintah belum memformulasikan rancangan atau membuat peraturan mengenai penggunaan atau menghentikan popularitasnya. Legitimasi penggunaan gas tertawa di Cina masih belum jelas – masih abu-abu – hingga saat ini. MIMS

Bacaan lain:
Rumah sakit menggugat industri farmasi karena insiden tertukarnya selang gas yang menyebabkan hilangnya nyawa bayi
Malpraktek oleh apoteker: Kekeliruan, kelalaian dan penyalahgunaan
Permintaan kompensasi IVF yang diajukan seorang wanita Singapura ditolak oleh pengadilan

Sumber:
http://www.bbc.com/news/magazine-33691783
https://en.wikipedia.org/wiki/Nitrous_oxide
http://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/how-dangerous-is-laughing-gas-legal-highs-hippy-crack-nitrous-oxide-safety-facts-explained-a7088226.html
http://www.storm.mg/article/296188
https://www.hk01.com/兩岸/102136/留美 女學生吸食笑氣上癮導致身體受損-曾產生幻覺致嚴重失