Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di banyak negara - dan banyak disebut sebagai batasan perkembangan manusia, ditambah lagi dengan belum jelasnya beban penyakit ini pada penyakit di tingkat global.

Sejak tahun 2011, PBB dan WHO sudah menyadari beban penyakit kardiovaskular pada kesehatan dan perekonomian dunia. Hasilnya, dilakukan usaha untuk meningkatkan kesadaran penyakit kardiovaskular di publik dengan tujuan menurunkan kejadian penyakit tersebut.

Sekarang, penelitian terbaru yang dipimpin oleh Yayasan Bill & Melinda Gates memeriksa data masalah kesehatan dari semua negara pada 25 tahun untuk menemukan sesuatu bukan menjadi tanda bahaya.

Masalah di dunia mengenai penyakit jantung

Penelitian memeriksa data mortalitas kardiovaskular dalam pendapatan negara tinggi dan menengah antara tahun 1990 dan 2015. Ditemukan bahwa di tahun 2015 saja, diestimasikan ada 422,7 juta kasus penyakit kardiovaskular dan 17,92 juta kematian dari penyakit kardiovaskular di dunia. Untungnya, kasus penyakit kardiovaskular di dunia sudah menurun sejak tahun 1995 dan sudah mencapai puncaknya.

Inspeksi selanjutnya menunjukkan bahwa status sosioekonomi memainkan peran penting dalam membentuk grafik pada negara berpendapatan tinggi.

Dengan demikian, ada penurunan drastis kasus penyakit kardiovaskular di negara sangat maju. Namun, masalahnya masih menjadi masalah besar dalam negara berpendapatan rendah dan menengah dimana angkanya menurun perlahan.

Di negara Asia, hanya negara berpendapatan lebih tinggi seperti Jepang, korea dan Singapura yang menunjukkan penurunan jumlah kasus penyakit dan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Selain itu, di negara tetangga berpenghasilan lebih rendah, angka kasus penyakit dan kematian akibat penyakit kardiovaskular tidak menurun signifikan.

Pola ini bisa ditemukan di seluruh dunia pada negara berpendapatan tinggi di seluruh benua dimana terdapat peningkatan kasus penyakit kardiovaskular selama dua dekade, meskipun ada sedikit perubahan di negara berpendapatan menengah dan lebih rendah. Selain perubahan terapi dan pencegahan, penyakit kardiovaskular masih menjadi masalah utama kesehatan yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia.

Apa yang bisa dilakukan

Penurunan angka kejadian penyakit kardiovaskular merupakan berita yang sangat baik, tetapi masih menjadi penyebab kematian di dunia dan menjadi penyebab satu per tiga kematian di dunia. Selain itu, negara berpendapatan rendah tidak menunjukkan adanya perbaikan angka kesembuhan selama dua dekade terakhir dan menggaris bawahi masalah yang harus diselesaikan.

Dengan semakin tuanya populasi di dunia sekarang, penyakit kardiovaskular hanya menjadi masalah besar di negara berpendapatan tinggi. Untuk mengatasi hal ini, ada dua daerah utama yang harus diselesaikan - kesadaran publik dan biaya perawatan.

Kesadaran membutuhkan rencana edukasi berkelanjutan untuk memperkuat dan meningkatkan pemahaman publik mengenai penyakit kardiovaskular. Dengan pengetahuan yang benar, setiap pasien bisa membekali diri mereka sendiri dengan sikap pencegahan untuk memperlambat atau mencegah onset penyakit kardiovaskular.

Meskipun demikian, biaya merupakan hal yang harus diselesaikan terutama di negara berpendapatan rendah. Lebih dari sebelumnya, diperlukan cara baru dan inovatif untuk memberikan terapi berbiaya rendah untuk orang-orang yang tidak bisa mengaksesnya. Sekarang, sudah banyak tersedia obat generik yang murah. Namun, masalah yang masih ada adalah cara menyampaikan terapi.

Meskipun ada bukti jelas bahwa dibutuhkan lebih banyak usaha khususnya di negara berpendapatan rendah, namun hal ini harus digunakan sebagai motivasi untuk memajukan pertarungan melawan penyakit jantung. MIMS

Bacaan lain:
4 penelitian dan aplikasi sel punca terbaru
Golongan darah non-O memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi kesehatan
Terapi gen bisa menurunkan beban penderita diabetes


Sumber:
https://www.sciencedaily.com/releases/2017/05/170517143625.htm
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0735109717372443
http://www.acc.org/latest-in-cardiology/articles/2017/05/17/16/02/cvd-causes-one-third-of-deaths-worldwide
http://www.express.co.uk/life-style/health/805732/heart-disease-number-one-health-killer-worldwide