Sejak zaman Victoria, terapi cairan telah menjadi pengobatan utama hampir untuk semua jenis penyakit. Ide ini berasal dari cairan tubuh, yang mengatakan bahwa empedu hitam, empedu kuning, darah dan dahak harus dijaga keseimbangannya agar tubuh tidak terserang penyakit.

Jika terjadi ketidakseimbangan maka harus ditangani melalui serangkaian 'perawatan', sehingga membawa kita pada metode membuang darah kotor, menginduksi muntah, kanibalisme, mengkonsumsi emas, mengkonsumsi logam, dan lain-lain.

Terapi humoral dianggap tidak relevan lagi, terutama di kalangan praktisi pengobatan modern karena pengobatan tersebut tidak benar-benar efektif dan tidak memiliki fakta pendukung yang cukup. Meskipun demikian, bukan berarti pernyataan tersebut tidak benar sama sekali.

Diet dan Olahraga

Healthy diet and exercise can improve a person’s wellbeing.
Healthy diet and exercise can improve a person’s wellbeing.

Menjaga gaya hidup sehat tetap merupakan nasihat terbaik untuk setiap pasien. Mengingat ketidakseimbangan pada cairan tubuh dapat memunculkan berbagai macam penyakit, faktor seperti diet dan aktivitas fisik juga ikut mempengaruhi komposisi cairan tubuh seseorang.

Pada zaman dulu, orang menggunakan pil emas bahkan melakukan kanibalisme untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. "Anda adalah apa yang anda makan ... jika Anda dapat mengkonsumsi sesuatu yang penuh dengan vitalitas, maka vitalitas Anda juga akan terjaga," kata Dr Lydia Kang, seorang dokter perawatan primer di Amerika Serikat dan penulis "Quackery: A Brief History Of The Worst Ways To Cure Everything" – yang berbicara tentang logika di balik kanibalisme.

Menurut logika, diet seimbang masih relevan hingga zaman sekarang. "Konsumsi satu buah apel sehari, agar tidak perlu pergi ke dokter" adalah ungkapan yang umum digunakan dan berhubungan dengan masalah pola makan. Buah dan sayur baik untuk kesehatan, tetapi masih kekurangan beberapa nutrisi tertentu yang hanya terdapat dalam daging dan telur. Keseimbangan dan tidak berlebihan merupakan  kuncinya, karena terlalu banyak hal baik juga dapat merugikan.

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan resep untuk menjauhkan tubuh dan pikiran dari kondisi stres dan depresi, diabetes dan penyakit jantung. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk melakukan aktivitas moderat minimal selama 150 menit setiap minggu, rekomendasi tersebut menunjukkan bagaimana olahraga merupakan bagian penting dari kehidupan seseorang.

Perubahan lingkungan

Faktor lingkungan juga berperan dalam keseimbangan cairan tubuh. Banyak penelitian dilakukan untuk menghubungkan antara polusi dengan kesehatan.

Selain itu, tempat kerja juga ikut berperan dalam kesejahteraan pasien. Penting bagi perusahaan untuk mengizinkan karyawan langsung pulang saat jam kerja telah usai – terutama di tempat yang bising, seperti di proyek pembangunan – dimana pegawai seringkali harus mendengar suara bising terus-menerus sepanjang jam kerja. Selain itu, mengadakan perubahan di lingkungan sehari-hari serta menghirup "udara segar" juga sangat disarankan.

Cairan tubuh dulu dan sekarang

Obat untuk pencegahan dan praktek kesehatan masyarakat di abad ke-19 sangat erat kaitannya dengan dasar kepercayaan terhadap cairan tubuh, terutama hubungan antara lingkungan dan gaya hidup dengan kesehatan seseorang.

Dokter yang terlatih dalam terapi cairan tubuh tidak hanya mengandalkan pengetahuan teoritis mereka, tetapi juga pada gejala yang dideskripsikan pasien. Dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap darah, urin, dan cairan tubuh lainnya sedangkan pemeriksaan fisik lebih lanjut jarang dilakukan. Begitu juga dengan teknik pengobatan modern. Pengumpulan informasi riwayat kesehatan pasien dianggap sebagai langkah awal, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik, pemeriksaan dan pengobatan. Pemeriksaan dilakukan saat ini dari darah dan urin pasien untuk mendapat informasi yang lebih spesifik, dan jika diperlukan dilakukan  penambahan pemeriksaan radiologi seperti ultrasound dan x-ray.

Praktek pengobatan dengan cairan tubuh di masa lalu merupakan dasar pengobatan modern, namun juga disertai dengan penelitian lebih mendalam terutama tentang diet, olahraga dan gaya hidup. Ungkapan 'mencegah lebih baik daripada mengobati' adalah saran yang relevan di masa lampau hingga masa sekarang. MIMS

Bacaan lain:
Evolusi dunia medis dari masa ke masa
Mengapa tenaga kesehatan lebih memilih teh daripada kopi?
Pil digital pertama yang mudah digunakan, namun penuh kontroversi

Sumber:
https://www.newstatesman.com/politics/health/2017/11/scientific-medicine-miraculous-doctors-still-need-sense-humours 
http://ocp.hul.harvard.edu/contagion/humoraltheory.html
https://www.mprnews.org/story/2017/10/17/npr-books-quackery 
http://www.heart.org/HEARTORG/HealthyLiving/PhysicalActivity/FitnessBasics/American-Heart-Association-Recommendations-for-Physical-Activity-in-Adults_UCM_307976_Article.jsp#.Wg6bW0qWbIU