Penelitian terbaru menemukan bahwa pasien yang tidak menyadari asupan statin melaporkan lebih sedikit mengalami efek samping dibandingkan pasien yang mengetahui bahwa mereka mengonsumsi statin. Hasil penemuan ini sesuai dengan fenomena psikologis yang dikenal sebagai efek nocebo, saat penelitian ingin mengakhiri perdebatan mengenai manfaat dan kerugian konsumsi statin.

Obat penurun kolesterol statin dikatakan bisa menyebabkan nyeri dan kelemahan otot, dan kepercayaan pasien mengenai obat inilah yang menjadi penyebabnya.

"Anda akan mengeluh gangguan otot hanya saat Anda tahu Anda sedang mengonsumsi obat," kata Peter Sever, kepala penelitian dari institut jantung dan paru nasional di Imperial College London.

Penelitian besar membuktikan klaim tersebut salah

Statin banyak diresepkan untuk menurunkan "kolesterol jahat" atau lipoprotein densitas rendah untuk menurunkan risiko serangan jantung atau stroke. Banyak orang dewasa juga mengonsumsi obat ini sebagai tindak pencegahan serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular.

Meskipun statin dikatakan bisa mencegah sekitar 80.000 kasus kesehatan dalam setahun di Inggris, namun ada banyak kontroversi bermunculan mengenai keamanan dan efikasi yang disarankan NHS mengenai peresepannya.

Penelitian yang lebih besar diacak dan data percobaan klinis ditutup dari lebih dari 10.000 pasien di Inggris, Irlandia dan Skandinavia antara tahun 1998 dan 2004. Penemuan ini menunjukkan bahwa statin merupakan obat yang aman dan efektif, khususnya saat pasien tidak mengetahui mereka menggunakan terapi statin dan mereka juga tidak melaporkan nyeri otot.

Meskipun demikian, ada peningkatan 41% pasien mulai mengeluh nyeri otot setelah diberitahukan bahwa mereka akan mengonsumsi statin. Penelitian juga tidak menemukan adanya peningkatan risiko disfungsi ereksi atau gangguan tidur karena menggunakan statin.

Hasil penelitian ini juga sesuai dengan penelitian lain, yang menyebutkan bahwa efek samping statin ditemukan minimal meskipun hingga seperlima pasien yang melaporkan efek samping di luar konteks percobaan klinis berhenti menggunakan obat.

Manfaatnya lebih besar daripada risiko

"Pasien benar-benar mengalami gejala tersebut," kata Sever. "Tetapi Anda tidak bisa menyebutkan gejala ini muncul karena obat."

"Masalahnya adalah dokter tidak meresepkan statin atau pasien tidak mengonsumsinya karena takut akan efek samping yang disebabkan. Mereka seharusnya memperhitungkan manfaat statin juga dan menyadari bahwa manfaatnya lebih besar daripada risikonya yang minimal," tambah Sever.

Sedangkan, Liam Smeeth, profesor epidemiologi klinis dari Fakultas Higienitas dan Pengobatan Tropis, mendukung penelitian dan memberikan komentar bahwa hasil penelitian ini menggaris bawahi potensi bahaya di balik efek samping berlebih statin.

Sekitar enam juta orang berisiko di Inggris tidak menggunakan statin atau mengonsumsi statin dosis rendah. Dengan demikian, peneliti mengatakan bahwa mereka harap penelitian terbaru akan menyelesaikan perdebatan mengenai statin dan menyelamatkan nyawa manusia yang berisiko.

"Ada orang-orang yang sekarat karena mereka tidak mengonsumsi statin dan jumlahnya sangat besar - jumlahnya puluhan ribu hingga ratusan ribu orang, dan mereka sekarat karena efek nocebo, menurut saya," kata Sever. MIMS

Bacaan lain:
Mengapa beberapa pasien menolak disedasi saat operasi
FDA menyetujui obat pertama untuk terapi diskinesia tardif
Mengapa obat tidak memberi efek yang sama?
Operasi robot pertama untuk membuang penyebaran kanker ginjal di jantung


Sumber:
https://www.theguardian.com/society/2017/may/02/statin-side-effects-down-to-negative-expectations-not-the-drugs-nocebo
http://www3.imperial.ac.uk/newsandeventspggrp/imperialcollege/newssummary/news_2-5-2017-16-54-57
http://www.indialivetoday.com/statins-prescribed-help-lower-levels-bad-cholesterolbut-nocebo-effects-also-present/154434.html
http://lifestyle.mb.com.ph/2017/05/03/statins-dont-cause-muscle-pain-study/
http://www.shropshirestar.com/news/uk-news/2017/05/03/thousands-dying-because-of-nocebo-effect-statins-study-author-claims/
http://www.telegraph.co.uk/news/2017/05/03/statins-myth-thousands-dying-warnings-non-existent-side-effects/
https://www.scimex.org/newsfeed/statin-side-effects-more-common-in-those-who-know-theyre-taking-them