Ini merupakan fakta tak terbantahkan. Meskipun internet bisa jadi merupakan sumber kurang terpercaya untuk informasi profesional, namun kami semua sangat bergantung pada situs seperti Wikipedia.

Menurut laporan terbaru, Wikipedia merupakan sumber informasi bagi tenaga kesehatan baik untuk dokter dan pasien dan bahkan setengah dokter di dunia menggunakan ensiklopedia di website untuk informasi tambahan, khususnya untuk kondisi langka.

Wikipedia merupakan sumber yang paling banyak digunakan oleh pasien dan dokter 

Ada alasan mengapa Wikipedia merupakan website yang paling banyak dikunjungi ke lima di dunia, sehingga dapat menjadi sumber informasi medis yang paling banyak dibaca oleh masyarakat publik. Meskipun banyak yang menganggapnya sebagai sumber yang kurang lengkap bagi dokter dan mahasiswa medis, penggunaan Wikipedia tidak dapat dihindari meskipun kurangnya kredibilitas.

Menurut laporan terbaru Institut IMS untuk Informatika Tenaga Kesehatan, lebih banyak orang mengakses Wikipedia untuk mencari informasi mengenai penyakit langka daripada kondisi penyakit secara umum. Wikipedia ini digunakan pasien sebagai “titik awal untuk edukasi online mereka”. Laporan ini juga mendapati adanya “hubungan langsung antara kunjungan Wikipedia dan volume resep”.

Skeptisme utama mengenai Wikipedia adalah dapat mewakili informasi akademik. Banyak peneliti mengadakan konstruksi dengan sumber ini, seperti misalnya mahasiswa S2 yang menerima kredit dari memperbaharui artikel.

Ketika Anda tidak dapat mengalahkan mereka, ikuti mereka?

Seperti industri farmasetik, profesi tenaga kesehatan biasa merupakan profesi yang paling lambat dalam menggunakan teknologi baru. Mudahnya karena profesi ini tidak menganggap teknologi sebagai kebutuhan lini pertama dalam pekerjaan, sehingga kepuasan di waktu sekarang akan menyulitkan tenaga kesehatan mempelajari teknologi baru sekarang.

Daripada hanya menganggap situs ini sebagai kompetisi, penting untuk menyediakan dengan metode yang sesuai dan valid untuk kemudian dapat menyediakan informasi untuk penggunaan lebih lanjut.

Dengan demikian, dalam surat Lancet yang terakhir, kelompok dokter internasional menggunakan contoh masalah keguguran dan mendapati bahwa Wikipedia masih membutuhkan banyak kontribusi ahli untuk lebih memberikan gambaran lebih jelas mengenai penyebab kunci masalah keguguran, misalnya karena infeksi malaria dan masih ada banyak ruang untuk dikembangkan.

Dokter perlu terus mengikuti teknologi

Di antara laporan rekomendasi dokter yang, “Pendekatan efektif antara dokter dan pasien muncul ketika mereka mulai merasa nyaman, misalnya melalui forum di media sosial. Pendekatan melalui media sosial ditujukkan untuk memenuhi misi profesionalisme mereka.”

Ini merupakan tren yang menguatkan ketika menyaksikan dokter menggunakan website yang bagus dan memiliki reputasi baik seperti NHS, Medscape, dan Amed saat konsultasi mereka, yang mana mereka dapat menyarankan pasien ke sumber yang baik dan menyajikan informasi yang dapat dipercaya.

Penggunaan Wikipedia atau Dr Google sebaiknya hanya ditujukkan untuk memancing ingatan atau mengingatkan dokter, misalnya, mengenai nama generik obat dan informasi lain yang melatarbelakangi pengetahuan dan pemahaman mereka mengenai sebuah kata definitif.

Ini merupakan hal yang dapat dilegitimasi dan masuk akal ketika digunakan sebagai dasar untuk membangun apa yang ditunjukkan dalam profesi kami baik dari publikasi dan pengalaman. MIMS

Sumber:
http://www.news-medical.net/news/20161019/Doctors-urge-medical-journals-to-incentivise-academics-to-improve-health-information-on-Wikipedia.aspx
http://theconversation.com/wikipedia-is-already-the-worlds-dr-google-its-time-for-doctors-and-researchers-to-make-it-better-66769
http://today.mims.com/topic/the-battle-of-doctors-vs--machines-in-clinical-diagnoses?country=Malaysia&channel=GN-Medical-Technology
http://today.mims.com/topic/cyberchondria--social-media-cause-ethics-headache-for-doctors?country=Malaysia&channel=GN-Health-Wellnesshttp://jrs.sagepub.com/content/104/12/488.full