Pemenang Hadiah Nobel, Albert Schweitzer pernah berkata, "Contoh bukan merupakan hal utama untuk memengaruhi orang lain. Ini merupakan satu-satunya cara."

Dalam konteks mempromosikan gaya hidup sehat dan rutinitas kepada pasien, saran inspirasional ini sangat cocok dengan pentingnya peran dokter sebagai "teladan" – mengikuti "teladan kesehatan" itu sendiri, selain saran kesehatan dan rekomendasi yang mereka berikan selama konsultasi.

Dokter umum berada di posisi inti untuk mempromosikan budaya sehat dan gaya hidup sehat kepada pasien disebabkan status mereka yang sangat dipercaya dan direspek di komunitas. Meskipun demikian, meminta pasien mengubah gaya hidupnya mungkin perlu dimulai dari dokter itu sendiri, untuk mengikuti gaya hidup sehat sebagai teladan. Kesan yang didapat pasien saat kunjungan ke kantor dokter bisa ikut mendorong pasien untuk mengikuti gaya hidup sehat yang sama dalam kehidupan mereka.

Melakukan pemeriksaan medis sambil berdiri

Sejumlah besar penelitian mengenai bahaya duduk berkepanjangan dilakukan oleh Dr James Levine di Mayo Clinic di Amerika. Bertambahnya berat badan, penyakit jantung, dan peningkatan risiko kematian hingga 50% merupakan beberapa risiko yang sudah banyak dicatat, menurut penelitian. Karena hal ini, semakin banyak orang memilih untuk menggunakan meja tinggi saat bekerja, termasuk tenaga kesehatan.

Dokter dari Australia Selatan, Dr Peter Moore mulai bekerja dengan meja tinggi selama lebih dari 20 tahun. Ia pada mulanya membuat meja ini sendiri, tetapi kemudian ia merasa membutuhkan meja "portable" setelah pindah ke praktek medis berpeda, yang membuatnya harus berpindah ruangan konsultasi satu atau dua kali sehari.

Untuk memfasilitasi tujuan ini, ia mengembangkan Zestdesk – meja miniatur portable, yang bisa dirangkai di atas meja biasa. Ini merupakan sesuatu yang inisiatif yang bisa memberikan manfaat pada dokter yang menggunakan meja tersebut saat bekerja, dengan, memberikan contoh baik ke pasien, juga.

Konsultasi medis bisa dijadikan suatu kesempatan bagi dokter umum untuk memberikan saran dan rekomendasi medis secara verbal. Ini merupakan suatu kesempatan bagi dokter untuk menunjukkan bahwa gaya hidup sehat bisa memengaruhi pasien mereka. Melakukan janji pemeriksaan sambil berfiri, mudahnya, merupakan salah satu cara untuk melakukan hal ini.

Mungkin pada mulanya tampak agak aneh – tetapi, hal ini bisa mengarah kepada diskusi mengenai pentingnya menghindari gaya hidup sedenter. "Orang-orang mungkin bertanya 'mengapa Anda berdiri', dan pembicaraan pun akan terus berlanjut: "Tahukah Anda hidup sedenter sepanjang hari akan meningkatkan risiko diabetes menjadi dua kalinya?'" sebut Dr Andrew Boyd, seorang juara di Royal College of General Practitioners (RGCP). "Ini sangat sederhana, Anda mungkin bisa menghubungkan hal tersebut dan bisa memengaruhi seseorang sehingga mereka mulai memikirkan kesehatan tubuh mereka sendiri," tambahnya.

Memberikan teladan

Apakah dokter umum mengikuti gaya hidup sehat dan sikapnya benar-benar bisa memengaruhi bagaimana mereka mengadakan konsultasi pasien. Dr Boyd mengatakan bahwa beberapa dokter khawatir mengenai saran munafik dengan menguliahi pasien mereka untuk lebih banyak berolahraga di saat mereka sendiri tidak aktif secara fisik. Selain itu, penelitian John Hopkins menemukan bahwa berat badan normal dokter cenderung bisa digunakan untuk konsultasi pasien mereka mengenai obesitas, indeks massa tubuh (IMT), dan berat badan di bawah mereka yang dengan berat badan tinggi.

Sebagaimana yang dipublikasikan dalam Family Practice Management bulan Maret-April 2011, penelitian Americans in Motion-Healthy Interventions (AIM-HI), dilakukan oleh program American Academy of Family Physicians (AAFP) National Research Network dan AAFP Americans In Motion menggaris bawahi sejumlah strategi untuk meningkatkan kesehatan personal dokter dan staf kantor, begitu juga dengan mempromosikan kesehatan pada pasien. Salah satu strategi adalah meliputi kantor yang sehat; hal ini karena pasien menganggap dokter lebih kredibel dan memiliki kesempatan lebih besar dalam memotivasi mereka membuat keputusan gaya hidup sehat.

Dr Zoe Williams, seorang penasihat aktivitas RCGP, menunjukkan bahwa beberapa kursi di ruang tunggu dokter umum perlu diganti menjadi sepeda olahraga. Saran ini banyak disambut oleh badan amal Inggris Active, dan pembicara organisasi menyatakan bahwa dokter merupakan "seseorang yang bisa dipercaya – sehingga jika mereka memberikan teladan yang baik, maka ini merupakan sesuatu langkah yang baik." MIMS

Bacaan lain:
Rokok sehat, mungkinkah?
Resep hijau: Dokter meresepkan perubahan gaya hidup
Orthorexia nervosa: Apakah Anda terobsesi dengan makanan sehat?

Sumber:
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/10/12/gps-should-conduct-appointments-standing-set-good-example-patients/
https://www.theatlantic.com/health/archive/2012/06/doctors-practice-what-you-preach/258379/
http://www.smh.com.au/lifestyle/homestyle/portable-standing-desk-just-what-the-doctor-ordered-20141029-11dm30.html
http://www.aafp.org/fpm/2011/0300/p16.html