Saat dokter bedah Inggris mempersiapkan seorang pasien lansia untuk operasi katarak, mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan yang tidak pernah mereka temukan sebelumnya. Meskipun insiden ini terjadi pada Oktober tahun lalu, namun kejadian ini menjadi cukup terkenal saat British Medical Journal mempublikasikan laporan pada 5 Juli silam.

Massa kebiruan

Yang disebut sebagai "massa kebiruan", 27 lensa kontak ditemukan menempel satu sama lain dalam mukus mata pasien wanita berusia 67 tahun. Sebelumnya, pasien berpikir ia menderita mata kering karena pertambahan usia dan memutuskan untuk melakukan operasi katarak untuk mengobati ketidaknyamanannya.

Menurut satu dari optalmologi di Rumah Sakit Solihull yang bekerja dalam kasus ini, seorang dokter pelajar ophthalmologis, "Tidak satupun dari kami yang pernah melihatnya. Ini merupakan sebuah massa yang besar. Semua lensa kontak menempel. Kami sangat terkejut pasien tidak menyadarinya karena bisa massa ini bisa menyebabkan iritasi terutama saat lensa ini menempel di sana."

Bagaimana dan mengapa?

Dua puluh tujuh lensa kontak ini merupakan konsekuensi dari fakta bahwa pasien mengenakan lensa sekali pakai selama 35 tahun. Ia mengalami gangguan penglihatan buruk di mata kanan dan matanya menjadi cekung, yang bisa menjadi alasan mengapa semua lensa ini menempel di matanya. Kondisi matanya tidak akan membaik meskipun ia sering datang periksa ke dokter optometris.

Disebabkan penemuan mengejutkan ini, dokter bedah memutuskan untuk menunda operasi katarak pasien karena pasien mungkin memiliki risiko lebih besar mengalami endophthalmitis, yang merupakan inflamasi mata dalam.

Ibu Morjaria memutuskan untuk mengatakan, "Karena ia sudah mengenakan lensa kontak ini di matanya selama periode waktu yang tidak diketahui, jika kami sudah mengoperasinya, pasien pasti akan memiliki banyak infeksi bakteri di sekitar konjungtivanya." Ia juga menjelaskan bahwa pasien tidak menjelaskan apapun kecuali lensanya yang hilang dalam pemeriksaan sebelum operasi. Pasien itu sendiri tampak terkejut dan kaget dengan apa yang ditemukan dokter bedah. Ia kemudian mengatakan matanya terasa lebih nyaman sejak lensa kontak ini dibuang.

Bahaya lensa kontak 

British Medical Journal memutuskan untuk mempublikasikan kasus ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai apa dan sebanyak apa mata manusia bisa bertahan – dan juga untuk membuka mata dokter lain mengenai masalah ini. Fakta bahwa pasien tidak merasakan ada 27 lensa menempel di matanya merupakan suatu pengakuan yang tidak dapat dipercaya, namun harus disadari oleh dokter.

Masyarakat juga harus menyadari bahaya mengenakan kontak lensa, khususnya lensa sekali pakai. Kemudian, Ibu Morjaria mengatakan, "Di hari dan usia ini, saat ada banyaknya kemudahan untuk membeli lensa kontak secara online, orang-orang mulai meninggalkan pemeriksaan kesehatan teratur."

Potensi konsekuensi dari lensa ini bisa jadi berbahaya unutk mata – seperti, infeksi mata serius – jika tidak digunakan dan dimonitor dengan benar. Asosiasi optometris (AOP) baru-baru ini mengeluarkan literatur yang berisi saran untuk pengguna kontak lensa, yang bisa membantu mereka berhati-hati saat mengenakan lensa kontak.

Henry Leonard, petugas klinis dan regulator di AOP, mengatakan bahwa pengguna lensa kontak harus secara teratur memeriksakan diri ke dokter ophthalmologi. "Pasien terkadang datang dengan keluhan lensa kontak menempel ke kelopak mata mereka, terutama jika mereka merupakan pengguna baru, atau memiliki masalah dengan ketajaman penglihatan. Meskipun demikian, menemukan banyak lensa menempel di mata seseorang merupakan satu kasus yang sangat langka," ungkapnya. MIMS

Bacaan lain:
Kebutaan karena pertambahan usia: Bagaimana tetes mata baru bisa mengatasi masalahnya
Mata seorang anak berusia 4 tahun tidak sengaja dilem oleh dokter
Racikan obat dalam lensa kontak secara efektif bisa meredakan tekanan mata pada penderita glaukoma

Sumber:
http://www.channelnewsasia.com/news/world/british-surgeons-find-27-contact-lenses-lodged-in-woman-s-eye-9036204
https://www.aop.org.uk/ot/science-and-vision/research/2017/07/14/uk-surgeon-finds-27-missing-contact-lenses-in-womans-eye
http://edition.cnn.com/2017/07/17/health/contact-lens-uk-trnd/index.html
http://www.cbc.ca/news/health/27-contact-lenses-british-patient-1.4210266
http://www.npr.org/sections/thetwo-way/2017/07/16/537562692/doctors-report-removing-27-contact-lenses-from-a-womans-eye
http://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/contact-lenses-eye-stuck-cataract-patient-doctor-surgery-solihull-a7844666.html